Comscore Tracker

Marc Klok Rindu Sorakan Jakmania

Jakmania jadi setengah nyawa bagi Persija Jakarta

Jakarta, IDN Times - Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, mengakui bergulirnya kembali sepak bola nasional lewat Piala Menpora 2021, akan terasa berbeda. Sebab, atmosfer stadion akan menjadi kosong, seiring dengan kebijakan tanpa penonton.

Piala Menpora terpaksa digelar tanpa penonton atas alasan mengikuti protokol kesehatan terkait pandemi COVID-19. Klok mengaku, tak adanya penonton telah merenggut sebagian nyawa dari sepak bola nasional.

1. Hampa tanpa penonton

Marc Klok Rindu Sorakan JakmaniaIDN Times/ Helmi Shemi

Menurut Klok, sulit bagi semua pemain berlaga tanpa penonton. Sorakan mereka, ditegaskan Klok, pastinya akan mendongkrak semangat juang dari para pemain.

"Beda pastinya. Pemain akan lebih sulit karena stadion kosong. Teriakan penonton yang buat kami termotivasi. Sekarang, mereka tidak ada. Pastinya, ada yang hilang," kata Klok.

Baca Juga: Raut Wajah Bahagia Pemain Persija Jalani Latihan Perdana

2. Kondisi fisik yang melorot

Marc Klok Rindu Sorakan JakmaniaANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kondisi fisik para pemain juga pastinya berbeda. Tantangan makin berat, karena di Piala Menpora, seluruh tim harus main setiap tiga hari.

Tentu, jadwal padat itu bisa menjadi teror bagi para pemain di Piala Menpora karena potensi cedera terbilang besar.

"Kami cuma punya waktu sekitar 15 hari persiapan. Kami baru kembali, meningkatkan fisik setelah setahun tak berlaga, dan sudah dihadapkan pada pertandingan yang padat. Ini tantangan, pastinya akan berbeda. Fisik pemain tak sama lagi," terang Klok.

3. Tetap kobarkan optimisme

Marc Klok Rindu Sorakan JakmaniaPemain Persija, Marc Klok. (persija.id).

Meski mengakui sulit dalam melakoni pertandingan usai vakum lama, Klok menyatakan Persija tetap berupaya untuk memberikan yang terbaik. Juara Piala Menpora jadi targetnya.

"Saya harus punya target, yang dicapai. Persija juga begitu. Kami harus memberikan yang terbaik, demi menghibur fans. Mereka rindu penampilan kami. Jadi, kalau bisa, kami bawa pulang trofi ini," ujar Klok.

Ditambah, Piala Menpora dianggap Klok jadi media yang tepat demi menyiapkan Persija jelang kompetisi Liga 1 2021/22. Maka dari itu, Persija wajib mengeluarkan performa terbaik dalam masa pramusim nanti.

Baca Juga: Gonjang-ganjing Piala Menpora, Disorot IDI Tapi Dibutuhkan Pemain

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya