Comscore Tracker

Naturalisasi Jordi Amat Jalan Terus

Protes warganet tak dipenuhi PSSI

Jakarta, IDN Times - PSSI memutuskan untuk melanjutkan proses naturalisasi Jordi Amat. Hal ini sudah sesuai dengan arahan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, memastikan Jordi bakal diproses lebih lanjut untuk bisa mendapatkan status warga negara Indonesia (WNI). Polemik yang berkembang menyusul gabungnya Jordi ke Johor Darul Ta'zim, ditegaskan Yunus, tak berpengaruh terhadap proses naturalisasi.

"Naturalisasi pemain senior, termasuk Jordi merupakan keinginan STY. PSSI mendukung semua keinginan pelatih," kata Yunus dilansir situs resmi PSSI.

1. Warganet sempat protes

Naturalisasi Jordi Amat Jalan TerusJordi Amat, pemain Timnas Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Warganet memang sempat mendesak PSSI buat membatalkan proses naturalisasi Jordi, usai memutuskan gabung ke JDT. Pun, anggota Komisi X DPR, Syaiful Huda, sempat menyuarakan hal serupa.

Protes warganet langsung ditanggapi Jordi. Dia menegaskan, pencarian status WNI bukan didasari atas niatnya untuk gabung JDT dan mengeruk keuntungan.

"Saya memang ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Keputusan ini diambil agar bisa dekat dengan Indonesia dan beradaptasi terhadap sepak bola Asia," ujar Jordi.

Baca Juga: Jordi Amat ke JDT, Shin Tae Yong Pilih Bungkam

2. Piala AFF bisa jadi turnamen pertama Jordi bareng Timnas

Naturalisasi Jordi Amat Jalan TerusJordi Amat (instagram.com/jordiamat5)

Proses naturalisasi Jordi diharapkan segera rampung. Sebab, dengan begitu Jordi bisa main membela Indonesia di berbagai ajang.

Apalagi, pada akhir 2022 nanti, Piala AFF akan digulirkan lagi. Itu bisa menjadi turnamen pertama Jordi, sebelum tampil di Piala Asia 2023 nanti.

3. Sandy Walsh dan Shayne Pattinama lanjut

Naturalisasi Jordi Amat Jalan Teruswww.essevee.be

Selain proses naturalisasi Jordi yang lanjut, PSSI juga memastikan hal serupa buat Sandy Walsh dan Shayne Pattinama. Saat ini, proses naturalisasi Sandy, bersama Jordi, yang sudah memasuki tahapan lebih lanjut, ketika DPR menerima Surat Presiden (Surpres) perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk keduanya.

Surpres itu sudah dibahas di rapat paripurna DPR pada 30 Juni 2022 lalu. Hingga kini, tak ada kendala berarti yang membelit keduanya.

"PSSI dan STY berharap proses naturalisasi segera rampung. Jordi dibutuhkan buat memperkuat lini belakang," ujar Yunus.

Baca Juga: DPR terima Surpres Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya