Pelatih Belanda Umumkan Kena Kanker Jelang Piala Dunia 2022

Van Gaal merahasiakannya dari staf di sekitarnya

Jakarta, IDN Times - Pelatih Belanda, Louis van Gaal, menyampaikan kabar yang mengejutkan. Van Gaal mengaku saat ini sedang berjuang melawan penyakit kanker prostat yang dideritanya.

Saat tampil di acara televisi, Humberto, Van Gaal buka-bukaan soal kesehatannya yang terus menurun. Van Gaal yakin publik tak sadar kalau ada penyakit ganas yang sedang menggerogotinya. Sebab, dari perawakan, Van Gaal menilai orang-orang menilainya dalam kondisi sehat.

"Mereka sama sekali tak tahu. Mereka melihat pipi saya memerah dan berpikir saya sehat. Tapi, kenyataannya tidak," ujar Van Gaal dikutip The Sun.

1. Van Gaal tak mau banyak orang tahu

Pelatih Belanda Umumkan Kena Kanker Jelang Piala Dunia 2022marca.com

Van Gaal tak cuma menutupinya dari publik. Tapi, dia juga tak membeberkannya ke orang-orang yang bekerja dengannya di Timnas Belanda.

"Tak usah bilang ke orang-orang yang bekerja denganmu karena bisa saja membuat pilihan mereka berubah. Jadi, saya memutuskan tak menginformasikannya," kata Van Gaal.

Baca Juga: Louis van Gaal Positif COVID-19, Persiapan Belanda Terganggu

2. Yakin bisa menang lawan kanker

Pelatih Belanda Umumkan Kena Kanker Jelang Piala Dunia 2022Louis Van Gaal (standard.co.uk)

Kanker prostat, menurut Van Gaal, tak selalu ganas. Namun, dia merasa kanker yang menggerogotinya cukup menyakitkan.

Dia juga optimistis bisa melawan kanker ini dan bekerja seperti biasa, sambil melakoni perawatan di rumah sakit.

"Anda tak akan mati dengan kanker prostat, setidaknya tidak 90 persen kasus. Umumnya, penyakit lain yang akan membunuhmu. Tapi, kanker saya ini agresif dan harus disinari 25 kali," ujar Van Gaal.

Baca Juga: Kisah Trofi Piala Dunia Julet Rimes yang Hilang Tanpa Jejak

3. Diam-diam ke rumah sakit

Pelatih Belanda Umumkan Kena Kanker Jelang Piala Dunia 2022goal.com

Selama berjuang sembuh dari kanker prostat, Van Gaal mengaku tak pilih-pilih metode perawatan. Dia mengikuti segala anjuran dokter, karena menurutnya semua pengobatan sama saja tujuannya.

"Saya diizinkan datang diam-diam ketika buat janji dan diarahkan ke ruangan lain. Saya dirawat dengan sangat baik," kata Van Gaal.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya