Pelatih Malaysia Mundur Usai Dibantai Timnas Indonesia

Tan Cheng Hoe meletakkan jabatannya usai gagal di Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Malaysia kehilangan pelatihnya, Tan Cheng Hoe, yang memilih mundur usai gagal melaju ke semifinal Piala AFF 2020. Cheng Hoe mundur setelah langkah Malaysia terhenti di fase grup Piala AFF akibat dibantai Indonesia dengan skor 1-4, 19 Desember 2021 lalu.

Cheng Hoe mundur atas keinginannya sendiri. Dia merasa bertanggung jawab atas kegagalan Malaysia ke semifinal.

"Saya tak didesak siapa pun untuk mundur. Ini sudah sesuai isi hati saya. Tak mudah mengambil keputusan ini," kata Cheng Hoe dikutip Stadium Astro.

Baca Juga: Pelatih Terbaik Piala AFF 2020: Shin Tae Yong Terdepan

1. Tak merasa dikorbankan

Pelatih Malaysia Mundur Usai Dibantai Timnas IndonesiaLatihan Timnas Malaysia U-22 menjelang pertandingan lawan Kamboja. Instagram.com/malaysiasoccer

Cheng Hoe mundur usai memberikan evaluasi kepada Federasi Sepak bola Malaysia (FAM) atas performa Harimau Malaya di Piala AFF. Baginya, apa yang terjadi di Piala AFF, murni kesalahannya.

"Saya tak merasa dikambinghitamkan dalam situasi ini. Sebagai pelatih, pasti ada target yang ditentukan. Kalau gagal, maka itu alasan tepat buat mundur," ujar Cheng Hoe.

2. Segera kembali melatih

Pelatih Malaysia Mundur Usai Dibantai Timnas Indonesiafam.org.my

Kini, Cheng Hoe belum mau memikirkan langkah selanjutnya dalam karier kepelatihan. Dia mengaku masih mau istirahat terlebih dulu sebelum mengambil pekerjaan baru.

"Cepat atau lambat, saya akan kembali. Tapi, pastinya saya akan melatih lagi," kata Cheng Hoe.

Baca Juga: Timnas Indonesia yang Punya Potensi Menjanjikan

3. Malaysia mengecewakan

Pelatih Malaysia Mundur Usai Dibantai Timnas IndonesiaIrfan Jaya (kiri) dan Pratama Arhan (kanan) merayakan gol Timnas Indonesia ke gawang Malaysia di National Stadium, Minggu (19/12/2021) (Dokumentasi PSSI)

Performa Malaysia di Piala AFF 2020 memang cukup mengecewakan. Usai dipermak Vietnam dengan skor telak 0-3, Malaysia harus tersingkir usai kalah dari Indonesia pula.

Ironisnya, Malaysia sempat unggul lebih dulu dalam duel melawan Indonesia. Tapi, aksi dari Irfan Jaya, Pratama Arhan, dan Elkan Baggott, sukses membenamkan Malaysia dengan skor 4-1.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya