Pemain Lengkap, Skuad Timnas U-23 Langsung Tancap Gas 

Sebanyak 14 pemain senior dipanggil ke Timnas SEA Games

Jakarta, IDN Times - Skuad Timnas Indonesia U-23 sudah lengkap. Dalam sesi latihan Rabu 17 Februari 2021, tiga pemain Osvaldo Haay, Braif Fatari, dan Rizky Pellu, sudah gabung.

Mereka melengkapi formasi 36 pemain yang dipanggil dalam TC lanjutan Timnas U-23 jelang SEA Games 2021. Dan, memasuki pekan kedua, menu latihan sudah mulai kompleks.

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong, menyodorkan berbagai menu latihan teknik hingga fisik, demi mendongkrak performa anak-anak asuhnya.

Dengan demikian, Shin Tae-yong pastinya berharap kualitas persaingan internal meningkat dan memotivasi para pemain untuk mendongkrak performa masing-masing. Shin Tae-yong juga diuntungkan dengan lebih banyak pilihan di setiap posisi.

1. Rizky Pellu menjawab kebutuhan

Pemain Lengkap, Skuad Timnas U-23 Langsung Tancap Gas PSSI.org - Gelandang Timnas Indonesia, Rizky Pellu

Baca Juga: Soal TC Timnas U-23 di Dubai, Shin Tae-yong: Belum Pasti 

Rizky Pellu dipanggil oleh Shin Tae-yong demi kebutuhan formasi 4-4-2 yang selalu dimainkannya. Gaya main Rizky Pellu yang energik sangat cocok untuk mengisi pos gelandang box-to-box yang dibutuhkan oleh Shin Tae-yong.

Bicara stok, memang saat ini Rizky Pellu jadi pilihan terbaik demi mengisi slot dalam peran tersebut. Pun, Rizky Pellu siap memberikan yang terbaik dan merebut tempat di tim utama Timnas SEA Games 2021.

Memang SEA Games 2021 memberikan kelonggaran kepada para pesertanya untuk mendaftarkan dua pemain senior. Sementara, aturan resmi dari panitia terkait hal tersebut belum muncul dan sampai sekarang sudah ada 14 pemain senior yang dipanggil ke dalam TC.

"Bersyukur bisa dipanggil dan menjalani latihan bersama Timnas. Saya akan bekerja keras dan berjuang maksimal demi meraih tempat di dalam skuad," kata Rizky Pellu, dilansir situs resmi PSSI.

2. Osvaldo Haay panaskan persaingan lini depan

Pemain Lengkap, Skuad Timnas U-23 Langsung Tancap Gas instagram.com/valdo_haay

Tak bisa dihindari, Indonesia penuh dengan pemain yang kreatif dan cepat di lini serang, khususnya sektor sayap. Osvaldo memberikan warna baru dalam persaingan di Timnas U-23 kali ini.

Dengan masuknya Osvaldo, persaingan di lini depan Timnas U-23 kian panas. Para pemain harus bekerja lebih keras karena ada sembilan pemain di lini serang yang memperebutkan tiket untuk bisa masuk ke tim utama.

Osvaldo sebenarnya menjadi pemain yang dipanggil lebih awal untuk ikut TC. Namun, bersama Braif Fatari, dia baru gabung hari ini.

Meski begitu, Osvaldo siap untuk memberikan dampak positif dalam persaingan internal Timnas U-23. Dia siap untuk merebut satu tempat di lini depan Garuda Muda.

"Saya bertekad untuk cepat beradaptasi dengan rekan-rekan lain. Tentu, kami juga harus meningkatkan fisik dan permainan. Kami mau memberikan yang terbaik untuk Timnas," ujar Osvaldo.

3. Tantangan Timnas U-23

Pemain Lengkap, Skuad Timnas U-23 Langsung Tancap Gas Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Sebanyak 14 pemain senior memang sudah dipanggil, namun apakah hal tersebut sudah memecahkan masalah di Timnas-23? Belum tentu, karena seperti yang diungkapkan Shin Tae-yong, masalah di Timnas U-23 cukup kompleks.

Level kompetitif para pemain harus ditingkatkan, menyusul vakumnya Liga 1 dan 2 karena pandemi virus corona COVID-19 di Indonesia.

Selain itu, fisik para pemain jadi PR utama bagi Shin Tae-yong. Kebugaran para pemain Timnas U-23 perlu diasah lagi, agar levelnya meningkat.

Andai saja kompetisi mulai di 2021, Shin Tae-yong juga harus waspada karena ancaman cedera yang lebih besar. Sebab, otot-otot para pemain bisa lebih rentan akibat terlalu lama beristirahat dan langsung digenjot dengan atmosfer kompetisi yang ketat.

Baca Juga: Rizky Pellu Dapat Panggilan TC Timnas untuk SEA Games

Topik:

  • Satria Permana
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya