Perjalanan Real Madrid Menuju Final Liga Champions: Sikat 3 Raksasa

Real Madrid membuktikan kapasitas kekuatan mentalnya

Jakarta, IDN Times - Real Madrid akan tampil dalam final Liga Champions di Stade de France, Minggu dini hari WIB (29/5/2022). Keberhasilan Madrid lolos ke Liga Champions, sebenarnya menjadi sebuah kejutan karena sejak awal musim tak diprediksi bisa melangkah sejauh ini.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, pun mengakuinya. Namun, kesuksesan Madrid lolos ke final, menurut Ancelotti, lebih disebabkan oleh kekuatan mental anak-anak asuhnya yang begitu kuat.

Wajar jika Ancelotti bicara demikian. Sebab, Madrid sudah membuktikannya dengan menyingkirkan tiga raksasa Eropa sekaligus, Paris Saint-Germain, Chelsea, dan Manchester City.

Menarik untuk disimak perjalanan Madrid ke final Liga Champions musim ini, berikut IDN Times sajikan buat kamu.

1. Sempat keok di fase grup

Perjalanan Real Madrid Menuju Final Liga Champions: Sikat 3 Raksasapotret para pemain Real Madrid dan Sheriff Tiraspol (aroged.com)

Perjalanan Madrid di fase grup tidak mulus. Mereka sempat mendapat kejutan dari debutan Liga Champions asal Moldova, Sheriff Tiraspol.

Berlaga di Santiago Bernabeu, 28 September 2021, Madrid keok dengan skor 1-2. Dari situlah, Los Blancos diragukan buat melaju ke final.

Banyak yang tak yakin kalau Madrid bisa tampil ke partai puncak. Namun, setelah kekalahan itu, Madrid justru tak terbendung. Mereka mengalahkan Shakhtar Donetsk, balas dendam ke Tiraspol, dan bikin Inter keok.

Baca Juga: Jadwal Final Liga Champions: Real Madrid Vs Liverpool

2. Tak terbendung di fase gugur

Perjalanan Real Madrid Menuju Final Liga Champions: Sikat 3 Raksasapotret Karim Benzema (uefa.com)

Madrid menghadapi tantangan berat di fase gugur. Mereka langsung menghadapi PSG di babak 16 besar. Kekhawatiran Madrid tak lolos sudah muncul pada leg 1.

Kala itu, mereka kalah lewat gol tunggal Kylian Mbappe. Tapi, pada leg 2, Madrid menggila. Mereka comeback dan menang dengan skor 3-1. Secara agregat, Madrid menang dengan skor 3-2 dan lolos ke perempat final.

Berlanjut ke perempat final, Madrid tampil mengejutkan saat main di Stamford Bridge pada leg 1. Mereka malah sikat Chelsea dengan skor 3-1. Tapi, di leg 2, Madrid sempat mengalami fase horor ketika Chelsea mencetak tiga gol lebih dulu.

Gol Rodrygo di menit 80 memperpanjang napas Madrid. Hingga akhirnya, Karim Benzema menjadi pahlawan dengan tandukannya pada masa perpanjangan waktu.

Madrid kembali menampilkan kekuatan mental luar biasa saat menghadapi ManCity. Mereka tertinggal 3-4 di leg 1, tapi akhirnya bisa comeback pada pertemuan kedua saat berlaga di Santiago Bernabeu. Madrid mengalahkan ManCity dengan agregat 6-5.

3. Hasil lengkap Real Madrid di Liga Champions

Perjalanan Real Madrid Menuju Final Liga Champions: Sikat 3 Raksasaexpress.co.uk

Hasil Real Madrid di Liga Champions musim ini

Fase Grup
15 September 2021, Inter Milan 0-1 Real Madrid
28 September 2021, Real Madrid 1-2 Sheriff Tiraspol
19 Oktober 2021, Shakhtar Donetsk 0-5 Real Madrid
3 November 2021, Real Madrid 2-1 Shakhtar Donetsk
24 November 2021, Sheriff Tiraspol 0-3 Real Madrid
7 Desember 2021, Real Madrid 2-0 Inter Milan

Fase Gugur
Babak 16 besar
15 Februari 2022, Paris Saint-Germain 1-0 Real Madrid
9 Maret 2022, Real Madrid 3-1 Paris Saint-Germain

Perempat final
6 April 2022, Chelsea 1-3 Real Madrid
12 April 2022, Real Madrid 2-3 Chelsea

Semifinal
26 April 2022, Manchester City 4-3 Real Madrid
4 Mei 2022, Real Madrid 3-1 Manchester City

Baca Juga: Panas, Benzema Sentil Salah Jelang Final Liga Champions

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya