Prediksi Iran Vs Amerika Serikat: Rentan Duel Fisik

Iran versus Amerika Serikat tak sekadar duel sepak bola

Jakarta, IDN Times - Partai keras akan tersaji di Al Thumama Stadium, Rabu dini hari nanti WIB (30/11/2022), kala Iran jumpa Amerika Serikat. Duel yang penuh aroma politik ini, tentunya menjadi pusat perhatian karena kedua tim sama-sama butuh tiga poin.

Iran dan Amerika Serikat punya tugas berbeda dalam duel ini. Iran bisa lolos, meski hanya imbang saat jumpa Amerika Serikat, dengan catatan Wales kalah atau imbang lawan Inggris. Tapi, Iran pastinya mau mengunci kemenangan agar jalannya lebih mulus.

Sementara, Amerika Serikat wajib menang kalau mau lolos. Tak ada pilihan lain bagi mereka, karena di dua laga sebelumnya, melawan Wales dan Inggris, hanya imbang.

1. Gaya main mirip, bisa rentan duel fisik

Prediksi Iran Vs Amerika Serikat: Rentan Duel FisikSergino Dest dan Raheem Sterling dalam pertandingan Timnas Inggris vs Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Lupakan motif politik dan lainnya antara Iran dan Amerika Serikat, dari segi teknis laga ini pasti akan sengit. Sebab, gambaran di atas sudah cukup membuktikan motivasi masing-masing tim.

Apalagi, gaya permainan keduanya nyaris mirip. Iran dan Amerika Serikat selalu menampilkan permainan bertenaga di laga ini.

Bedanya, Iran binaan Carlos Queiroz, selalu mengandalkan postur tubuh pemain yang kekar. Sementara, pelatih Gregg Belhalter menampilkan permainan pressing ketat, yang kerap membuat lawan-lawannya kerepotan.

Baca Juga: AS Salah Bendera, Iran Minta FIFA Tendang dari Piala Dunia 2022

2. Faktor pembeda dalam laga

Prediksi Iran Vs Amerika Serikat: Rentan Duel FisikPemain Iran berhadapan dengan kiper Wales dalam laga Grup B Piala Dunia 2022 yang digelar pada Jumat (25/11/2022). (Twitter/@WorldCup2022)

Pembeda di laga ini kemungkinan besar adalah konsentrasi dan pengalaman. Ditinjau dari kualitas tim, tentu Amerika Serikat sedikit lebih diunggulkan.

Mereka memiliki pemain sekelas Weston McKenie, dan Christian Pulisic. Jangan lupakan Sergino Dest dan Antonee Robinson, yang juga sudah malang melintang di pentas Eropa. Keempatnya bisa jadi kartu as bagi The Yanks saat melawan Iran.

Tapi, Iran tak bisa diremehkan. Sebab, mereka memiliki striker kaya pengalaman seperti Mehdi Taremi dan Sardar Azmoun.

Khusus buat Taremi, ketajamannya tak usah diragukan lagi. Dia sempat menjebol gawang Inggris dua kali, yang tentunya menjadi alarm buat Amerika Serikat.

Sementara, Azmoun, meski masih kesulitan menampilkan performa terbaik, harus diwaspadai karena pergerakan tanpa bolanya merepotkan.

Baca Juga: Bendera Iran Diedit, Amerika Serikat Buka Suara

3. Duel yang 50-50

Prediksi Iran Vs Amerika Serikat: Rentan Duel FisikTimnas Amerika Serikat. (globalsportmatters.com)

IDN Times memprediksi laga akan berlangsung 50-50. Hasil imbang kemungkinan besar terjadi dalam duel ini, lantaran performa keduanya berada di level terbaik.

Kunci utama pada pertandingan Iran versus Amerika Serikat sebenarnya bukan pada kualitas individu pemain. Namun, kolektivitas dan transisi permainan akan sangat menentukan.

Iran sudah menunjukkan transisi permainan yang luar biasa ketika melawan Wales. Penyelesaian akhir dari Taremi dan kawan-kawan juga begitu prima. Amerika Serikat harus waspada akan hal ini, dan Belhalter wajib mengingatkan full back miliknya untuk tak terlalu sering naik membantu serangan.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya