Comscore Tracker

PSSI dan Iwan Bule Kena Damprat Netizen Usai Indonesia Bekuk Kuwait

PSSI klaim keberhasilan Indonesia atas jasa Iwan Bule

Jakarta, IDN Times - Jagat Twitter bergemuruh sejak pagi tadi, merespons kemenangan Indonesia atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan 2-1 Indonesia atas Kuwait, Rabu (8/6/2022), langsung diklaim sebagai keberhasilan Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI, lewat situs resminya.

Dalam artikel di situs resmi PSSI dengan judul "Pecahnya Rekor 42 Tahun", tercantum nama Iwan Bule (sapaan akrab Iriawan) yang diklaim sebagai tokoh sentral kemenangan Indonesia atas Kuwait.

"Pertanyaan menarik bagi kita hari ini adalah: Siapa tokoh utama dibalik kemenangan hebat Indonesia (2-1) atas Kuwait? Jawabannya jelas: Iwan Bule..!. Sejak memimpin PSSI pada 2 November 2019, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, menorehkan prestasi cemerlang," begitu bunyi artikel PSSI.

1. Netizen marah dengan PSSI dan Iwan Bule

Klaim tersebut membuat netizen berang. Mereka tak terima, merasa perjuangan para pemain Timnas Indonesia dan kerja keras Shin Tae Yong di pinggir lapangan dikesampingkan.

Reaksi keras netizen begitu kencang, menyindir PSSI dan Iwan Bule. Mereka merasa kalau Iwan Bule terlalu cari panggung dalam kesuksesan Timnas.

"This article is s***," begitu cuitan akun @Uzamzal, sambil mengunggah potongan kuote yang sudah dituliskan ulang IDN Times dari situs resmi PSSI.

"Makin-makin ente @PSSI," kecam akun @rihadita.

Ada pula yang membuat meme untuk Iwan Bule secara khusus. Akun @ZulvanReyza mengunggah foto Iwan Bule dengan baju ala Kepala Daerah, menggunakan latar kemenangan Indonesia atas Kuwait. Sarkasme yang keras.

Baca Juga: Shin Tae Yong Pede Timnas Indonesia Sudah Makin Tajam

2. Semua karena perjuangan pemain

PSSI dan Iwan Bule Kena Damprat Netizen Usai Indonesia Bekuk KuwaitPemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kuwait dalam laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (9/6/2022). (Dok. PSSI)

Sudah jelas jika keberhasilan Indonesia mengalahkan Kuwait adalah kerja keras dari seluruh elemen tim. Shin selaku pelatih, pastinya punya skema khusus buat meredam Kuwait.

Pun, para pemain punya semangat baja, tak kenal lelah bertarung di atas lapangan, dan fokus dalam menghadapi dua lawan, yakni penggawa Kuwait serta cuaca ekstrem yang suhunya mencapai 42 derajat.

Lantas, PSSI? Memang sudah kewajiban mereka sebagai federasi untuk menyediakan lapangan latihan, memenuhi kebutuhan Timnas, dan lainnya dalam urusan pembinaan serta manajerial.

Dan, baru-baru ini pula, ada juga insiden gagal booking lapangan yang bikin PSSI tersudut. Mereka sempat menjawabnya dan berkilah itu atas permintaan mendadak Shin. Netizen kala itu juga tak percaya dengan dalih PSSI.

3. Timnas Indonesia masih harus berjuang

PSSI dan Iwan Bule Kena Damprat Netizen Usai Indonesia Bekuk KuwaitTimnas Indonesia bersua Kuwait. (Dok. PSSI)

Skuad Indonesia sebenarnya belum aman betul di Kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan atas Kuwait baru membuat langkah Indonesia makin enteng.

Sebab, masih ada Yordania dan Nepal yang harus dilewati. Jika menang di dua laga sisa, maka Indonesia bisa lolos secara otomatis ke Piala Asia.

Baca Juga: Setelah 42 Tahun, Timnas Indonesia Akhirnya Kalahkan Kuwait

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya