Ramai-ramai Boikot Rusia di Play-off Piala Dunia 2022

Tak ada yang mau main lawan Rusia

Jakarta, IDN Times - Keputusan tegas diambil Polandia dalam menyikapi invasi Rusia ke Ukraina sejak Kamis (24/2/2022). Mereka tak mau menghadapi Rusia dalam play-off Piala Dunia 2022, Qatar.

Polandia dan Rusia memang berada dalam path yang sama dalam play-off Piala Dunia 2022. Mereka tergabung di Path B, bersama Swedia dan Republik Ceko.

Rusia, secara kebetulan, menjadi lawan Polandia di matchday 1 Path B. Duel digelar pada 24 Maret 2022 mendatang di VTB Arena, Moscow.

Baca Juga: Invasi Rusia Ancam Peluang Ukraina ke Piala Dunia 2022

1. Polandia menolak tegas

Presiden Federasi Sepak bola Polandia (PZPN), Cezary Kulesza, menyatakan kalau pihaknya tak mau menghadapi Rusia dalam play-off Piala Dunia. Pihaknya tak mau memberikan ruang kepada Rusia buat tampil di ajang sebesar play-off bahkan babak utama Piala Dunia.

"Tak usah banyak bicara, waktunya bekerja! Menyusul eskalasi meninggi atas agresi Rusia ke Ukraina, tim nasional Polandia tak mau berduel melawan Rusia," tegas Kulesza di akun twitternya, @Czarek_Kulesza.

2. Swedia ikut-ikutan

Keputusan Polandia ternyata diikuti Swedia. Memang, di bagian akhir cuitannya Kulesza mengaku sedang berbicara dengan Federasi Sepak bola Swedia, SvFF, untuk menyikapi kondisi yang berkembang.

Hasilnya, SvFF menyatakan keengganannya tim nasionalnya main melawan Rusia di play-off Piala Dunia. Tak hanya itu, SvFF meminta FIFA menganulir keterlibatan Rusia di play-off Piala Dunia 2022 sebagai sanksi sosial.

"Tim nasional pria tak akan berlaga melawan Rusia. Direksi kami meminta FIFA untuk mencabut partisipasi Rusia dalam laga play-off Maret 2022 mendatang," begitu pernyataan resmi SvFF di situsnya.

Baca Juga: Rusia Marah UEFA Cabut Status Tuan Rumah Final Liga Champions

3. Rusia sudah terima sanksi sosial

Ramai-ramai Boikot Rusia di Play-off Piala Dunia 2022thestadiumbusiness.com

Rusia sebenarnya sudah menerima sanksi sosial di dunia olahraga. Status Saint Petersburg sebagai tuan rumah final Liga Champions sudah dicabut.

Kini, tinggal menunggu waktu saja status tuan rumah Formula 1 mereka dicabut pula oleh FIM. Kabarnya, FIM sudah tinggal menunggu waktu untuk mengumumkannya.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya