Resep Timnas U-22 ke Final SEA Games 2023: Mental!

Meski main dengan 10 orang, Timnas U-22 sukses ke final

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-22 berhasil melaju ke final SEA Games 2023, Kamboja, usai mengalahkan Vietnam dalam drama lima gol di Olympic National Stadium, Sabtu (13/5/2023). Kemenangan Timnas U-22 di semifinal atas Vietnam diraih dengan begitu dramatis.

Dalam duel itu, Timnas U-22 memang harus melewati partai yang menegangkan. Meski sempat unggul dua kali, Timnas U-22 dibuat ketar-ketir ketika Pratama Arhan diusir wasit akibat menerima kartu kuning kedua.

Kemudian, Timnas U-22 kebobolan lagi saat laga memasuki menit 79. Ironisnya, gol penyeimbang Vietnam lahir dari bunuh diri Amiruddin Bagas Kaffa. Tapi, pada akhirnya Timnas U-22 bisa menang setelah sepakan Muhammad Taufany menjebol gawang Vietnam di masa injury time.

1. Mental jadi kuncinya

Resep Timnas U-22 ke Final SEA Games 2023: Mental!Timnas Indonesia U-22 gilas Myanmar 5-0, Kamis (4/5/2023). (Dok. PSSI)

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merasa keberhasilan Timnas U-22 lolos ke final karena kekuatan mentalnya. Bagi Erick, para pemain tampil bernyali ketika menghadapi Vietnam. Buktinya, hanya dengan 10 pemain, menurut Erick, Timnas U-22 bisa lolos ke final.

"Terima kasih kepada para pemain di lapangan, yang saya selalu ingatkan bahwa kita punya mental, nyali, ada hari ini. Itu yang membuat kita menang," ujar Erick usai laga.

"Dengan 10 pemain, kita kebobolan karena terus lawan terus lawan, tinggal dua menit, akhirnya cetak gol. Itulah Indonesia yang kita mau," lanjutnya.

Baca Juga: Dramatis! Timnas U-22 Tembus Final SEA Games 2023

2. Suporter juga jadi kunci

Resep Timnas U-22 ke Final SEA Games 2023: Mental!Timnas Indonesia U-22 menang 3-0 atas Filipina di SEA Games 2023, Sabtu (29/4/2023). (Dok. PSSI)

Erick merasa dukungan publik Indonesia yang begitu masif menjadi kunci lain buat Timnas U-22 lolos ke final. Dari sinilah, menurut Erick, semangat para pemain Garuda Muda terus terpompa pula.

"Terima kasih masyarakat Indonesia. Terima kasih pencinta sepak bola Indonesia yang terus berdoa, percaya tim ini ada. Terima kasih pada pemain yang membuktikan kita punya nyali, kita punya mental," ujarnya.

Baca Juga: Profil Muhammad Taufany, Pahlawan Tak Dikenal Timnas U-22 

3. Bungkam mereka yang ragu

Resep Timnas U-22 ke Final SEA Games 2023: Mental!Gelandang Timnas Indonesia U-22, Muhammad Taufany (Dokumentasi PSSI)

Keberhasilan Timnas U-22 ke final, sekaligus membungkam kritik yang selama ini menghampiri. Dalam persiapan menuju SEA Games 2023, memang Timnas U-22 diragukan bisa meledak lantaran minimnya persiapan yang digelar.

"Selama ini, kami selalu dibilang enggak siap. Buktinya, hari ini kami siap. Kami punya kekuatan. Itulah yang kami mau ke depan. Indonesia yang bisa sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia. Tidak hanya melihat masa lalu, tapi masa depan," tegas Erick.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya