Ronald Koeman Kaget Lihat Belanda Kena Bantai Prancis

Tak ada alasan, Belanda memang buruk

Jakarta, IDN Times - Pelatih Belanda, Ronald Koeman, benar-benar tak habis pikir dengan performa anak-anak asuhnya kala dibantai Prancis di Parc des Princes, Sabtu dini hari WIB (25/3/2023), dengan skor 0-4. Koeman merasa aneh, karena sebenarnya Belanda tak main buruk.

Dalam duel itu, Belanda sebenarnya mampu mencatatkan penguasaan bola hingga 59 persen. Terlebih, mereka melepaskan 194 umpan lebih banyak ketimbang Prancis.

Hanya saja, De Oranje tampil tumpul. Mereka mentok saat ada di lini ketiga dan kesulitan menciptakan peluang, hingga akhirnya tak mampu cetak gol.

1. Ketinggalan dua gol dalam delapan menit, semua jadi sulit

Ronald Koeman Kaget Lihat Belanda Kena Bantai PrancisPrancis hajar Belanda 4-0 di Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024, Sabtu (25/3/2023). (uefa.com)

Semakin parah, menurut Koeman, ketika Belanda sudah tertinggal 0-2 saat laga baru berusia delapan menit. Momen ini, membuat Belanda kesulitan buat bangkit.

"Dengan kondisi itu, mereka bisa seenaknya mengembangkan permainan," ujar Koeman dilansir Metro.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Eropa: Brace Mbappe Bawa Prancis Sikat Belanda

2. Prancis memang kejam

Ronald Koeman Kaget Lihat Belanda Kena Bantai PrancisPotret dalam duel Prancis vs Belanda, di Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024, Sabtu (25/3/2023). (uefa.com).

Perbedaan Belanda dengan Prancis, bagi Koeman, cuma satu, yakni efektivitas. Meski kerap ditekan, Prancis begitu tajam dan jeli dalam mengeksploitasi kelemahan Belanda.

"Tentu, dalam sepak bola Anda bisa melakukan kesalahan. Tapi, lihat gol pertama. Mereka menunggu. Kami kehilangan bola 20 meter dari gawang sendiri. Mereka menunggu momen untuk menyerang balik," kata eks pelatih Barcelona tersebut.

3. Kaget bisa dibantai

Ronald Koeman Kaget Lihat Belanda Kena Bantai PrancisRonald Koeman. (mirror.co.uk)

Sebenarnya, menurut Koeman, pertandingan sudah selesai di babak pertama. Ketika Prancis menutup paruh waktu dengan keunggulan 3-0, Belanda sudah tak bisa berbuat apa-apa.

"Kami begitu buruk di laga ini, saya tak menyangka marginnya begitu besar. Saya tak mau cari alasan. Harusnya, kami lebih agresif dan meminimalisir kesalahan," ujar Koeman.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Usai Prancis Bantai Belanda

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya