Rumput Sintetis Jadi Momok Timnas Indonesia saat Lawan Filipina

Timnas Indonesia harus main pintar

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dihadapkan pada situasi yang kurang enak saat menghadapi Filipina di Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1/2023). Mereka harus main di lapangan yang menggunakan rumput sintetis.

Karakter rumput sintetis dengan alami memang berbeda. Aliran bolanya tentu tak sama dan terkadang mengecoh para pemain di atas lapangan.

1. Rumput sintetis punya karakter yang rumit

Rumput Sintetis Jadi Momok Timnas Indonesia saat Lawan FilipinaTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Sejak tiba di Filipina dan berlatih pada Sabtu (31/12/2022), para pemain Indonesia terus melakukan adaptasi.

Karakter lapangan inilah yang coba dipelajari Indonesia demi bisa tampil maksimal lawan Filipina. Makanya, selama latihan jelang laga, para penggawa Pasukan Garuda berusaha memahami karakter lapangan Rizal Memorial Stadium.

"Main di lapangan sintetis tentu menjadi tantangan bagi kami. Tapi, kami harus optimistis," ujar striker Indonesia, Ilija Spasojevic, dilansir situs resmi PSSI.

Baca Juga: Timnas Indonesia Butuh Dukungan, Bukan Bullyan

2. Harus tenang dalam selesaikan peluang

Rumput Sintetis Jadi Momok Timnas Indonesia saat Lawan FilipinaAksi pemain Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Tak cuma soal lapangan, Spaso menilai ketenangan juga menjadi masalah Indonesia sekarang. Para pemain Indonesia, diminta Spaso, harus tenang dalam menyelesaikan peluang. Apalagi, laga lawan Filipina merupakan penentu nasib Indonesia di Piala AFF.

"Semua pemain harus siap saat berada di depan gawang. Kami belum lolos dan butuh kemenangan demi ke semifinal," kata Spaso.

Baca Juga: 3 Pemain Filipina yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia 

3. Waspada postur pemain Filipina

Rumput Sintetis Jadi Momok Timnas Indonesia saat Lawan FilipinaNadeo Argawinata. (baliutd.com)

Sementara itu, kiper Indonesia, Nadeo Argawinata, menyatakan rumput sintetis sebenarnya bukan masalah yang paling besar. Ancaman dari para pemain Filipina dengan postur menjulangnya, justru menjadi momok yang wajib ditakutkan.

"Mereka kemungkinan akan main dengan bola-bola panjang. Apalagi, mereka paham dengan lapangan ini," ujar Nadeo.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya