Rusia Saingi Inggris dan Irlandia Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028

Rusia tak peduli meski sedang dibelit sanksi FIFA

Jakarta, IDN Times - Rusia secara mengejutkan mengajukan diri untuk menjadi pesaing Inggris dan Republik Irlandia dalam proses bidding tuan rumah Piala Eropa 2028. Meski sedang disanksi, Rusia tak peduli dan tetap maju untuk pencalonan tuan rumah Piala Eropa 2028 nanti.

Sejatinya, Rusia saat ini sedang disanksi oleh UEFA dan FIFA. Mereka sempat mengajukan banding ke Arbitrase Olahraga Internasional (CAS), tapi beberapa kali harus ditolak.

Hal tersebut tak membuat Komite Eksekutif Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) patah semangat. Mereka tetap mengajukan aplikasi untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028

Baca Juga: Chelsea Segera Rekrut Bintang Dadakan Piala Eropa 2020

1. UEFA belum respons

Rusia Saingi Inggris dan Irlandia Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028twitter.com/FIFAWorldCup

Sky Sports melansir, Exco RFU tak cuma mendukung Rusia menggelar Piala Eropa 2028. Tapi, mereka juga mendorong Rusia jadi tuan rumah Piala Eropa 2032.

Terkait hal ini, UEFA belum memberikan respons. Kemungkinan, UEFA baru akan angkat bicara setelah seluruh aplikasi masuk dan dinilai setelah pendaftaran ditutup.

2. Rusia sedang dikucilkan

Rusia Saingi Inggris dan Irlandia Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028instagram.com/teamrussia

Rusia sebenarnya sedang dikucilkan dari sepak bola internasional. Mereka sudah didepak dari play-off Piala Dunia 2022, Qatar, imbas dari invasi militer ke Ukraina.

Pun, keikutsertaan klub-klub Rusia di pentas internasional dianulir. Mereka tak boleh lagi bermain di ajang seperti Liga Champions dan sejenisnya, sampai sanksi dicabut.

Baca Juga: Banding Rusia soal Sanksi UEFA Ditolak

3. Turki juga minat

Rusia Saingi Inggris dan Irlandia Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028twitter.com/EURO2020

Selain Rusia dan duet Inggris-Irlandia, beberapa negara juga mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Eropa 2028.

Turki berminat dan mengonfirmasi untuk maju dalam pencalonan. Kemudian, ada empat negara yang hendak mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama, seperti Rumania, Yunani, Bulgaria, dan Serbia.

Spanyol serta Portugal juga berniat menjadi tuan rumah bersama Piala Eropa 2028. Namun belum ada konfirmasi apakah mereka sudah mengajukan proposal resmi.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya