Comscore Tracker

Sederet Fakta Hebat Manchester City Juara Premier League

Manchester City mencatat rekor luar biasa Premier League

Jakarta, IDN Times - Manchester City resmi jadi juara Premier League musim 2020/21. Hal tersebut dipastikan pasca Manchester United kalah dari Leicester City di Old Trafford, Rabu (12/5/2021), dengan skor 1-2.

Poin ManCity tak mungkin bisa dikejar lagi oleh MU. Sebab, saat ini MU tertinggal 10 poin dari ManCity dan cuma punya tiga laga sisa.

Usai jadi juara, ManCity mencetak sejumlah rekor fantastis. Dari deretan rekor itu, terlihat jelas kalau gelar juara ManCity musim ini begitu spesial.

Berikut IDN Times sajikan kepada kamu, seperti dilansir Opta.

1. Menguntit MU

Sederet Fakta Hebat Manchester City Juara Premier LeaguePemain Manchester City's Kevin De Bruyne melompat di udara menghindari tackle yang dilakukan pemain Manchester United Victor Lindelof saat laga Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris (7/3/2021). MU berhasil menundukkan Manchester City dengan skor 2-0 melalui gol Bruno Fernandes dan Luke Shaw. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Laurence Griffiths

ManCity memenangkan gelar Premier League kelimanya. Mereka cuma kalah dari MU dalam urusan gelar juara di era Premier League.

Sejauh ini, MU masih jadi klub yang paling sering juara kompetisi kasta tertinggi Inggris setelah formatnya berubah jadi Premier League, yakni 13 kali.

Di sisi lain, ini menjadi gelar ketujuh ManCity dalam kompetisi paling elite Inggris. Pada era Premier League, ManCity memenangkan lima dari tujuh gelar juara tersebut.

Sebanyak dua gelar juara lainnya diraih oleh ManCity pada musim 1936/37 dan 1967/68. Catatan ini membawa ManCity sejajar dengan Aston Villa, namun kalah dari MU, Liverpool, Arsenal, dan Everton.

Baca Juga: Pengakuan Dosa Sergio Aguero Usai Komedi Penalti ManCity

2. Manchester City bak pesulap

Sederet Fakta Hebat Manchester City Juara Premier Leaguemetinews.com

ManCity berhasil menciptakan keajaiban dalam perburuan gelar juara Premier League. Bagaimana tidak, pada periode natal, mereka tertinggal delapan poin dari pemuncak klasemen sementara Premier League.

Namun, tiba-tiba ManCity meledak. Pada periode tahun baru 2021, ManCity langsung menanjak performanya. Mereka meraih 13 kemenangan beruntun di Premier League.

Dalam kesempatan itu, ManCity mengalahkan sejumlah rivalnya seperti Chelsea, Liverpool, Tottenham Hotspur, hingga Arsenal. Mereka dikalahkan ManCity dalam periode 3 Januari sampai 2 Maret 2021.

Atas catatan itu, ManCity bisa menanjak ke puncak klasemen. Mukjizat mereka ciptakan.

ManCity pun jadi tim pertama sepanjang sejarah Premier League, yang juara usai tercecer hingga peringkat delapan di periode natal.

3. Keperkasaan Guardiola

Sederet Fakta Hebat Manchester City Juara Premier LeagueInstagram @mancity / Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Gelar Premier League ManCity ini juga membawa Pep Guardiola kepada rekor baru. Dia menjadi manajer pertama yang memenangkan tiga gelar Premier League dalam lima musim perdananya.

Catatan Guardiola sama dengan Kenny Dalglish ketika membesut Liverpool dan membawa pada gelar juara di musimm 1985/86, 1987/88, dan 1989/90.

Guardiola juga sudah menyabet sembilan gelar juara liga dalam 12 musim kariernya sebagai manajer. Dia memenangkan gelar bersama Barcelona, Bayern Munich, dan ManCity.

Baca Juga: Hasil Premier League: MU Kalah, Manchester City Juara

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya