Sejarah Piala FA: Kompetisi Sepak Bola Tertua di Dunia

Gengsi Piala FA belakangan terangkat lagi

Jakarta, IDN Times - Gengsi Piala FA kini tak seperti dulu. Piala FA mulai turun pamornya, tak sesuai statusnya sebagai kompetisi sepak bola tertua di dunia.

Ya, Piala FA merupakan kompetisi profesional pertama yang pernah ada di muka bumi. Baru setelahnya, kompetisi lain seperti Scottish Cup, Birmingham Senior Cup, dan lainnya mengikuti.

Bisa dibilang, Piala FA merupakan pionir dalam kompetisi sepak bola profesional. Namun, status itu tak lagi dilirik sekarang.

Piala FA dianggap hanya menjadi kompetisi pendamping, untuk Premier League. Tak banyak orang yang tertarik buat menyaksikannya.

Namun, jangan lagi berpikiran demikian. Karena, belakangan Piala FA sudah memberikan warna berbeda dalam kompetisi di Inggris.

1. Gengsi tak pernah pudar, hanya terangkat kembali

Sejarah Piala FA: Kompetisi Sepak Bola Tertua di DuniaPara pemain Liverpool merayakan gol di babak 16 besar Liga Europa 2023/2024. (instagram.com/liverpoolfc)

Pamor Piala FA belakangan terangkat lagi setelah sejumlah big match tercipta di fase krusial. Hadirnya Liverpool versus Manchester City dalam final yang digelar di Wembley Stadium, 16 April 2022, telah memulihkan status Piala FA sebagai salah satu kompetisi yang bergengsi. Buktinya, kala itu puluhan ribu penonton rela buat menyaksikannya.

Bahkan, di berbagai belahan dunia, laga ini disaksikan. Maklum saja, duel Liverpool versus ManCity mendadak intens dalam beberapa musim belakangan, lantaran persaingan yang begitu ketat. Hingga, persaingan keduanya dianggap sebagai yang terbaik dalam sejarah Premier League.

Bayangkan saja, di era manajerial Juergen Klopp dan Pep Guardiola, keduanya kerap beradu kuat dalam urusan trofi domestik. Bahkan, persaingan Liverpool dan ManCity sempat terjadi di Liga Champions.

Statistik yang muncul di antara keduanya juga luar biasa. Dalam 22 pertemuan terakhir, keduanya saling mengalahkan di berbagai ajang. Sejauh ini, rekor Liverpool arahan Klopp masih terbilang lebih baik, dengan delapan kali menang, delapan imbang, dan tujuh kali kalah.

"Piala FA itu begitu prestisius, terkadang melebihi Premier League," kata manajer ManCity, Pep Guardiola, dilansir Sky Sports.

Kali ini, gengsi Piala FA kembali naik. Itu karena ada duel klasik yang menyelimuti di perempat final ketika Manchester United jumpa Liverpool.

Partai ini begitu dinantikan oleh banyak pihak. Bahkan, manajer MU, Erik ten Hag, merasa pertemuan dengan Liverpool menjadi momen pembuktian anak-anak asuhnya bisa berkompetisi di level tinggi atau tidak.

"Kami mau membuktikan ke semua orang, bisa main di level tinggi. Kami juga sadar harus melakukan semua bersama-sama," ujar Ten Hag dilansir situs resmi klub.

Baca Juga: Klopp Gak Takut MU saat Pertama Kali Datang ke Liverpool

2. Pionir kompetisi profesional dunia

Sejarah Piala FA: Kompetisi Sepak Bola Tertua di Duniathefa.com

Digelar sejak 1871, Piala FA memang memberikan jasa besar pada pertumbuhan kompetisi profesional. Sistemnya memang masih cukup luas, dengan mengizinkan klub-klub dari 10 level piramida kompetisi Inggris berlaga.

Lewat sistem yang berjenjang, 20 tim kasta tertinggi memiliki keistimewaan tersendiri karena sudah bisa lolos ke babak utama alias 32 besar. Sedangkan, sisanya harus melewati fase kualifikasi.

Rekor peserta terbanyak adalah pada musim 2011/12. Kala itu, ada 763 klub yang ikut berkompetisi.

Pada era sebelumnya, monopoli klub kasta tertinggi kerap terjadi. Namun, kini kejutan demi kejutan bisa muncul. Bahkan, klub-klub kasta ketiga atau kedua saja bisa menyingkirkan tim Premier League.

Juara Piala FA, nantinya bakal mendapat tiket gratis ke kompetisi kasta kedua Eropa, alias Liga Europa.

3. Arsenal jagonya Piala FA

Sejarah Piala FA: Kompetisi Sepak Bola Tertua di DuniaFinal Piala FA (thenationalnews.com)

Sejauh ini, Arsenal menjadi tim yang paling sering juara Piala FA. Mereka mengoleksi 14 trofi Piala FA.

Arsenal memulai kedigdayaannya pada 1930. Terakhir kali, mereka mengangkat trofi Piala FA pada 2020. Dalam era milenium, Arsenal meraih delapan mahkota Piala FA.

Itu bertepatan dengan rezim Arsene Wenger. Makanya, Wenger dinobatkan sebagai jagonya Piala FA karena menjadi manajer paling sering juara di kompetisi ini.

Baca Juga: Manchester United yang Mau Buktikan Diri Kontra Liverpool

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya