Serangan Rasial Memalukan Suporter ke Bintang ManCity

Raheem Sterling jadi korban rasisme di Hungaria

Jakarta, IDN Times - Bintang Manchester City, Raheem Sterling, menjadi sasaran serangan rasial suporter Hungaria saat tampil membela Inggris di Puskas Arena, Budapest, Jumat dini hari WIB (3/9/2021). Bersama Jude Bellingham, Sterling jadi sasaran ejekan suporter Hungaria.

Sterling dan Bellingham diserang dengan serangan teriakan seperti monyet. Keduanya juga diserang dengan lemparan benda-benda seperti botol plastik dan lainnya.

Insiden ini jadi yang kesekian kalinya di Hungaria. Sebelumnya, sepanjang Piala Eropa 2020, suporter Hungaria sempat melayangkan serangan rasis ke beberapa pemain dari sejumlah negara kontestan.

1. PM Inggris sampai ngamuk

Aksi suporter Hungaria ini telah bikin marah sejumlah pihak. Bahkan, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, merasa begitu kesal dengan sikap suporter Hungaria.

"Sangat tak bisa diterima, tim Inggris diserang secara rasial di Hungaria. Saya meminta FIFA untuk mengambil sikap tegas atas tindakan memalukan yang telah mencoreng laga," begitu cuitan Johnson di akun twitternya, @BorisJohnson.

Baca Juga: Jeda Internasional, 5 Negara Top Ini Tak Bisa Bawa Pemain dari Inggris

2. Southgate kecewa dengan suporter Hungaria

Serangan Rasial Memalukan Suporter ke Bintang ManCityskysports.com

Manajer Inggris, Gareth Southgate, juga marah dengan perilaku fans Hungaria. Southgate bingung karena para pemain Inggris dengan rela berlutut demi kampanye anti rasis.

Namun, yang terjadi malah para pemainnya jadi korban tindakan rasial dari sejumlah pendukung yang tak bertanggung jawab.

"Tak bisa diterima. Kami sudah sangat tegas untuk berlutut, melakukan hal baik. Saya tak berpikir pemain bisa bertindak lebih selain ini," ujar Southgate dikutip Daily Mail.

3. Kane tak dengar

Serangan Rasial Memalukan Suporter ke Bintang ManCitySoccer Football - Euro 2020 - Semi Final - England v Denmark - Wembley Stadium, London, Britain - July 7, 2021 England's Harry Kane celebrates scoring their second goal with Phil Foden. ANTARA FOTO/ Pool via REUTERS/Laurence Griffiths.

Sejumlah pemain Inggris mengaku tak mendengar ejekan bernada monyet tersebut. Kapten Inggris, Harry Kane, meminta agar rekan-rekannya fokus, tak terpengaruh dengan gangguan dari luar.

"Kami harus lapor ke UEFA sesuai aturan yang berlaku. Saya sebenarnya tak dengar dan akan bicara ke teman-teman soal hal ini," jelas Kane.

Baca Juga: Klub Inggris Hamburkan Rp21,6 Triliun di Bursa Transfer

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya