Comscore Tracker

Shin Tae Yong Bilang Indonesia Masa Depan Asia, Kapan Juara?

Timnas Indonesia gagal lagi di SEA Games

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, menyatakan peta kekuatan sepak bola Asia di masa depan akan berubah. Indonesia, disebut Shin, akan menjadi masa depan dari sepak bola Asia.

Pernyataan ini dilontarkan Shin jelang duel Timnas U-23 versus Malaysia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021, Minggu (22/5/2022). Tentu, komentar ini sudah menjadi hal normatif yang sangat sering didengar.

"Indonesia akan menjadi masa depan di sepak bola regional dan Asia. Saya bersama rekan-rekan akan mengawalnya. Indonesia memiliki potensi untuk berkembang," ujar Shin dikutip Zing News.

1. Sudah sering didengar

Shin Tae Yong Bilang Indonesia Masa Depan Asia, Kapan Juara?Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong / Dokumentasi PSSI

Sudah sering pernyataan ini didengar. Namun, buah manis dari pernyataan tersebut belum kunjung dirasakan.

Indonesia sudah dilatih dua juru taktik kaliber dunia, mulai Luis Milla dan Shin. Namun, tak satu pun gelar yang lahir dari keduanya.

Dalam ajang SEA Games 2021, Timnas U-23 bahkan mengalami penurunan ketimbang edisi 2019 di Filipina. Mereka tak masuk final.

"Pada SEA Games kali ini, kami kekurangan pemain dan terpaksa melakukan pergantian," kata Shin.

Baca Juga: Timnas U-23 dan Malaysia Berebut Perunggu, Deja Vu 2017 Terulang?

2. Proses masih panjang

Shin Tae Yong Bilang Indonesia Masa Depan Asia, Kapan Juara?Timnas U-23 di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Proses yang dijalani Indonesia, menurut Shin, masih panjang. Sebab, banyak yang harus dibenahi di sepak bola Indonesia. Makanya, dia ingin menjadi pengawal dalam perkembangan sepak bola nasional.

"Saya selalu ingin memberikan kesempatan pemain muda untuk bermain. Mereka memiliki gairah untuk berubah dan membantu tim berkembang. Misi saya, mendukung dan memotivasi mereka agar lebih maju," ujar Shin.

Baca Juga: Timnas U-23 Krisis Pemain saat Lawan Malaysia di SEA Games 2021

3. Kini, berebut hadiah hiburan

Shin Tae Yong Bilang Indonesia Masa Depan Asia, Kapan Juara?Timnas U-23 di SEA Games 2021. (pssi.org)

Timnas U-23 paling banter akan meraih medali perunggu di SEA Games 2021. Duel demi mendapatkan hadiah hiburan itu digelar di My Dinh National Stadium.

Tentunya, Pasukan Garuda Muda harus waspada. Sebab, masih lekat dalam ingatan bagaimana SEA Games 2017 berakhir tak bersahabat buat Indonesia. Kala itu, di Stadion Bukit Jalil, Timnas U-23 dibuat bertekuk lutut.

"Malaysia memang tak terukur di SEA Games kali ini. Mereka tampil bagus dan efektif. Semua bergantung pada jalannya laga nanti," kata Shin.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya