Shin Tae Yong Tunda Lagi Kembali ke Indonesia, Nasib Timnas Bagaimana?

Harusnya, Timnas Indonesia juga sudah latihan

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, kembali menunda kedatangannya ke Jakarta. Shin ternyata masih belum bisa meninggalkan Korea Selatan karena masuk dalam daftar tracing pemerintang setempat.

Shin ternyata baru saja berkontak dengan rekannya yang positif COVID-19. Maka dari itu, Shin harus menjalani karantina terlebih dulu.

1. Akibatnya telat ke Indonesia

Shin Tae Yong Tunda Lagi Kembali ke Indonesia, Nasib Timnas Bagaimana?Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Dengan kondisi tersebut, Shin kemungkinan baru bisa kembali ke Indonesia pada pekan ketiga Agustus 2021. Situasi ini sudah disampaikan Shin kepada PSSI.

Menurut pernyataan Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, Shin memohon maaf atas insiden yang tak diduga ini.

"Pelatih Shin Tae Yong menyampaikan permohonan maaf kepada PSSI terkait kejadian ini. Dia kena tracing pemerintah Korea Selatan pada awal pekan ini. Dia makan di restoran bersama rekan-rekannya. Beberapa hari kemudian, temannya itu positif COVID-19. Maka dari itu, dia harus menjalani protokol COVID-19 dari pemerintah setempat," terang Yunus, di situs resmi federasi.

Baca Juga: Balik ke Indonesia, Shin Tae Yong Tunggu Vaksin Dosis 2

2. Masih harus karantina pula di Jakarta

Shin Tae Yong Tunda Lagi Kembali ke Indonesia, Nasib Timnas Bagaimana?PSSI adakan pertemuan dengan Shin Tae-yong dan stafnya. (Website/pssi.org)

Jika nantinya selesai jalani karantina, Shin juga harus menjalani medical check up terlebih dulu demi memastikan kondisinya. Pun, sesampainya di Jakarta, Shin juga harus melakukan karantina selama delapan hari.

"PSSI menyayangkan sekali. Padahal, Shin sudah ditunggu banyak tugas untuk persiapan Timnas senior, U-23, dan U-19. Road map pemusatan latihan Timnas juga mengalami perubahan," kata Yunus.

3. Timnas tak kunjung latihan

Shin Tae Yong Tunda Lagi Kembali ke Indonesia, Nasib Timnas Bagaimana?Dokumentasi PSSI / Skuad Timnas Indonesia melakoni uji coba internal terakhir jelang keberangkatan ke Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (11/5/2021)

Sejatinya, Timnas harus menggelar pemusatan latihan sejak 1 Agustus 2021. Namun, sampai sekarang Timnas juga belum menggelar pemusatan latihan.

Yunus menyatakan pemusatan latihan Timnas bergantung pada perkembangan kebijakan PPKM Darurat yang diberlakukan pemerintah.

"PSSI terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak agar Timnas Indonesia bisa menggelar TC awal Agustus. Kami mendukung penuh program pelatih Shin Tae Yong demi raihan terbaik," jelas Yunus.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tantang Taiwan di Play-off Piala Asia 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya