Spanyol Kirim 8 Wakil ke Kompetisi Eropa Musim Depan, Siapa Menyusul?

Italia atau Inggris bisa ikuti jejak Spanyol

Jakarta, IDN Times - Kompetisi di benua biru sudah selesai. Seluruh tim dari lima kompetisi top Eropa telah mengetahui nasib masing-masing di musim 2022/23.

Selain Premier League, LaLiga Spanyol, Serie A Italia, dan Bundesliga Jerman, pada akhirnya sudah menentukan siapa saja yang akan mewakili setiap kompetisi di pentas Eropa. Spanyol menjadi yang terbanyak mengirimkan wakilnya di kompetisi Eropa musim depan.

Setidaknya, ada delapan tim yang dikirim Spanyol ke kompetisi benua biru pada musim 2022/23. Siapa saja?

Baca Juga: Tantangan Mourinho di Roma Selanjutnya: Kutukan Musim Ketiga

1. Spanyol sudah kirim wakil terbanyak

Spanyol Kirim 8 Wakil ke Kompetisi Eropa Musim Depan, Siapa Menyusul?Infografis wakil LaLiga, Serie A, dan Bundesliga, yang main di kompetisi Eropa musim depan (IDN Times / Aditya Pratama)

Kompetisi LaLiga akan memiliki lima perwakilan di Liga Champions musim depan. Itu terjadi karena Sevilla berhasil juara Liga Europa untuk ke-7 kalinya.

Lalu, ada empat tim lain yang sudah lebih dulu lolos ke Liga Champions musim depan, yakni Barcelona (juara), Real Madrid, Atletico Madrid, dan Real Sociecad. Sementara, Villarreal dan Real Betis bermain di Liga Europa. Kemudian, Osasuna jadi satu-satunya wakil Spanyol yang main di Conference League.

2. Italia atau Inggris yang samai torehan Spanyol?

Spanyol Kirim 8 Wakil ke Kompetisi Eropa Musim Depan, Siapa Menyusul?Victor Osimhen (uefa.com)

Serie A mengirimkan tujuh wakil ke kompetisi Eropa musim depan. Sebanyak empat slot diamankan oleh Napoli, Lazio, Inter Milan, dan AC Milan, untuk main di Liga Champions.

Juventus yang tadinya berpotensi main di Liga Champions, pada akhirnya gagal. Hukuman pengurangan poin membuat mereka harus rela berlaga di Conference League. Lalu, Atalanta dan AS Roma main di Liga Europa.

Serie A juga masih punya peluang mengirimkan satu wakil tambahan di Liga Europa. Itu bisa terjadi jika Fiorentina menang atas West Ham United di final Conference League, Kamis dini hari WIB (8/6/2023).

Tapi, kalau West Ham yang juara, maka Inggris bakal mengirimkan delapan wakil ke Eropa musim depan, sama seperti Spanyol.

Baca Juga: Dominasi Sevilla Jadi Bukti Kuasa Spanyol di Kompetisi Eropa

3. Jerman cuma kirim enam

Spanyol Kirim 8 Wakil ke Kompetisi Eropa Musim Depan, Siapa Menyusul?Thomas Tuchel setelah Bayern Munich dikalahkan Manchester City di Liga Champions 2022/2023. (fcbayern.com)

Dari tanah Jerman, ada enam wakil yang akan berlaga di kompetisi Eropa. Sebanyak empat di antaranya main di Liga Champions.

Union Berlin bakal main di Liga Champions untuk pertama kalinya. Mereka bakal menemani Borussia Dortmund, Bayern Munich, dan Red Bull Leipzig.

Kemudian, SC Freiburg main di Liga Europa. Lalu Bayer Leverkusen harus puas mentas dalam Conference League musim depan.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya