Timnas Indonesia Dipastikan Uji Coba Lawan Burundi

Burundi tak terlalu tangguh buat Indonesia

Jakarta, IDN Times - Setelah sempat jadi misteri, lawan Timnas Indonesia di jeda internasional akhirnya terungkap. Burundi menjadi tim yang akan beradu kuat dengan Pasukan Garuda sepanjang jeda internasional Maret 2023.

Formatnya bukan single match, tapi dua pertemuan. Indonesia dan Burundi akan berduel pada 25 dan 28 Maret 2023.

"PSSI akhirnya memutuskan Indonesia berlaga melawan Burundi. Mereka sudah siap datang ke Indonesia," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dilansir situs resmi federasi.

Baca Juga: PSSI Masih Rahasiakan Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

1. Burundi bukan lawan yang sulit

Timnas Indonesia Dipastikan Uji Coba Lawan Burundipmldaily.com

Sebenarnya, kekuatan Burundi tak begitu diperhitungkan di kawasan Afrika. Dari segi peringkat, mereka juga tak beda jauh dengan Indonesia.

Burundi saat ini ada di posisi 141 peringkat FIFA, hanya unggul 10 tingkat atas Indonesia di papan klasemen.

2. PSSI janji perbaiki sistem

Timnas Indonesia Dipastikan Uji Coba Lawan BurundiAksi pemain Timnas Indonesia saat bentrok dengan Filipina dalam laga terakhir Grup A Piala AFF 2022. ( Dok. PSSI).

Memang, penunjukkan Burundi sebagai lawan Indonesia terbilang kurang matang. Sebab, hingga Jumat sore (10/3/2023), masih belum ada keputusan soal siapa yang akan menjajal kekuatan anak-anak asuh Shin Tae Yong.

Erick mengakuinya. Dia menyatakan akan lebih sigap dalam menentukan siapa lawan Indonesia sepanjang jeda internasional nanti.

"Kami sepakati, buat agenda uji coba Indonesia pada Juni dan November 2023, PSSI memulai negosiasi dengan kandidat negara calon lawan. Ke depan, semua sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari," ujar Erick.

3. Berharap jadwal sudah matang hingga 2024

Timnas Indonesia Dipastikan Uji Coba Lawan BurundiKetua Umum PSSI, saat memperkenalkan Media Center PSSI di GBK Arena, Jumat (10/3/2023). (IDN Times/Tino).

Tak cuma menyusun jadwal sepanjang 2023, Erick juga berharap agar lawan-lawan Indonesia pada 2024 nanti sudah bisa ditentukan. Ini dilakukan agar persiapan Indonesia bisa lebih matang.

"PSSI mendorong agar penyusunan jadwal uji coba di FIFA Matchday sudah rapi hingga tahun depan," kata Erick.

Baca Juga: Proses Naturalisasi Pemain Timnas U-20 Mulai Dikebut Pekan Depan!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya