Timnas U-20 Diminta Belajar dari Messi, Diam Tapi Mematikan

Timnas U-20 harus lebih cerdas

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong, memberikan arahan kepada anak-anak asuhnya untuk bermain cerdas ketika berlaga. Shin berharap para pemainnya bisa tampil dengan pola pikir sederhana dan tak terlalu rumit di atas lapangan.

Sebagai contoh, Shin menyodorkan sosok Lionel Messi. Kapten Argentina dan megabintang Paris Saint-Germain tersebut, dianggap oleh Shin, menjadi model yang pas.

"Ketika dia tak memegang bola, kepalanya tak berhenti melihat kanan dan kiri. Dia sedang mencari ruang, untuk bisa melepas umpan, atau menciptakan gol. Main sederhana, pakai otak, dan jangan terlalu rumit," ujar Shin dilansir akun YouTube PSSI.

Baca Juga: Timnas Indonesia Lakoni 2 Laga Persahabatan di FIFA Matchday

1. Harus lebih cerdas

Timnas U-20 Diminta Belajar dari Messi, Diam Tapi MematikanAksi pemain Timnas U-20 saat laga melawan Antalyaspor U-20 dalam pertandingan uji coba yang dimenangkan skuad Garuda Muda 3-2 di Turki, Selasa (8/11/2022). (Dok. PSSI)

Bermain sederhana memang tak semudah pengucapannya. Legenda Belanda, Johan Cruyff, menyatakan demi bermain sederhana, dibutuhkan pula intelejensi yang tinggi. Shin juga sepakat dengan hal tersebut.

"Kenapa kita tak berkembang? Karena pola pikir. Harus bisa meningkatkan kecerdasan dalam bermain," kata Shin.

2. Jangan takut belajar

Timnas U-20 Diminta Belajar dari Messi, Diam Tapi MematikanTimnas Indonesia U-20 kalahkan Cakallikli Spor, Senin (24/10/2022). (dok. PSSI).

Pria Korea Selatan itu juga berharap agar para pemainnya tak takut buat belajar. Sebab, kesalahan justru bagus, demi pelajaran para pemain.

"Jangan takut buat belajar. Semua kesalahan pasti terjadi, tapi justru itulah yang harus kita perbaiki," kata Shin.

3. Panggil pemain yang lebih muda

Timnas U-20 Diminta Belajar dari Messi, Diam Tapi MematikanPotret Shin Tae Yong saat Timnas Indonesia dikalahkan Vietnam 0-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). (Dok. PSSI).

Dalam TC Timnas U-20 kali ini, Shin berani memanggil sejumlah pemain yang masih berada dalam level U-16. Shin mengaku kebijakan itu diambil demi bisa memantau kualitas mereka.

"Saya dengar ada pemain bagus di level U-16. Saya mau melihat langsung kemampuan mereka dan akan memanfaatkannya," ujar Shin.

Baca Juga: Profil Shayne Pattynama, Bek Naturalisasi Anyar Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya