Comscore Tracker

Yuk, Jaga Piala Menpora Demi Liga 1 2021/22

Piala Menpora 2021 sudah mulai memasuki ujungnya

Jakarta, IDN Times - Piala Menpora 2021 sudah memasuki fase akhir. Semifinal leg 1 sudah digelar dan hanya tinggal selangkah lagi, memasuki partai puncak hingga menemukan juara.

Tentu, masa krusial ini harus dijaga oleh semua pihak. Karena, situasi kondusif yang tercipta selama Piala Menpora bakal menentukan izin dari Liga 1 musim 2021/22.

1. Masuk fase puncak

Yuk, Jaga Piala Menpora Demi Liga 1 2021/22Pemain Persija Jakarta, Marko Simic (melompat), sedang berusaha menyundul bola kiriman sepak pojok dalam laga semifinal Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis 15 April 2021. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, kembali mengingatkan kepada seluruh suporter dan elemen sepak bola nasional lain untuk menjaga situasi serta kondisi yang ada.

Zainudin menilai hingga kini, gelaran Piala Menpora 2021 sudah berlangsung kondusif dan tak ada sedikit pun pelanggaran tentang protokol kesehatan yang muncul.

"Semua ini harus dijaga. Apa yang sudah dilakukan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru, stabil penerapannya. Semua protokol berjalan dengan baik. Ini harus dijaga kualitasnya," kata Zainudin dalam konferensi pers Jumat malam (16/4/2021).

2. Ujian hampir lulus

Yuk, Jaga Piala Menpora Demi Liga 1 2021/22Pesepak bola Bali United Rizky Ahmad Sanjaya Pellu (kanan) mencoba melewati penjaga gawang Persiraja Banda Aceh Fakrurrazi (tengah). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Dengan fakta ini, Zainudin yakin kalau Liga 1 bisa digulirkan lagi. Asalkan, ada komitmen dan sikap yang tepat dari seluruh elemen sepak bola nasional.

"Ternyata kita bisa. Dari awal, saya sudah tegaskan, Piala Menpora jadi ujian sepak bola nasional. Izin kompetisi Liga 1 dan 2, Insya Allah ada (dikeluarkan). Makanya, pramusim harus dijaga," ujar Zainudin.

3. Wacana Liga 1 dengan suporter

Yuk, Jaga Piala Menpora Demi Liga 1 2021/22

Sebelumnya, Zainudin sudah diminta Presiden Joko Widodo untuk melakukan kajian terkait Liga 1. Kajian itu menyangkut kemungkinan kehadiran suporter dalam gelaran Liga 1 musim 2021/22.

Skemanya juga harus ditentukan. Zainudin mengaku harus cermat dalam melakukan kajian tersebut, karena berkaitan dengan pandemik COVID-19.

"Kami tak bisa asal-asalan. Memang, aspirasi dari masyarakat begitu banyak. Namun, semuanya harus dikaji secara cermat," ujar Zainudin.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya