Comscore Tracker

5 Gol Tercepat dalam Sejarah Sepak Bola di 5 Liga Top Eropa

Sebuah gol bisa tercipta hanya dalam 6,7 detik

Sepak bola sebagai olahraga paling populer di muka bumi selalu menyajikan drama yang patut dikenang dalam sejarah. Salah satu drama dari sepak bola adalah gol cepat.

Pertandingan sepak bola umumnya berlangsung selama 90 menit. Pada waktu tersebut, para pemain di lapangan berusaha untuk mencetak gol ke gawang lawan sekaligus mencegah terjadinya gol ke gawang sendiri.

Dengan waktu yang relatif panjang, jarang terjadi gol yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik usai wasit meniup peluit tanda permainan dimulai. Oleh karena itu, gol-gol cepat akan menjadi rekor sendiri yang dicatat sejarah sepak bola.

1. Rafael Leão (6,7 detik)

Pada lanjutan Serie A giornata ke-13 pada 2020/2021, tercipta rekor gol tercepat di lima liga top Eropa. Gol dari Rafael Leao pada 20 Desember 2020 ke gawang Sassuolo tak hanya membuat AC Milan berhasil mengamankan tiga poin, tetapi juga menjadi rekor pribadi untuk pemain asal Portugal itu.

Umpan dari Hakan Calhanoglu, yang sebelumnya berlari membelah pertahanan Sassuolo setelah sepak mula, disambut dengan baik oleh mantan penggawa LOSC Lille itu. Dengan ciamik, bola disarangkan ke gawang melewati celah di sebelah kanan kiper Sassuolo, Andrea Consigli.

Gol Leao di Stadion Mapei, kandang dari Sassuolo, menggeser rekor sebelumnya yang sudah bertahan selama 19 tahun di Serie A dari Paolo Poggi. Poggi mencetak gol dalam waktu 8 detik untuk Piacenza saat bersua Fiorentina.

Skema gol cepat diakui sudah termasuk dalam taktik tim yang dinakhodai Stefano Pioli ini. Taktik ini membuat pemain AC Milan selalu dituntut untuk memburu gol sejak awal pertandingan.

2. Joseba Llorente (7,2 detik)

Gol tercepat kedua lahir di LaLiga pada 20 Januari 2008. Bukan dari pemain terbaik yang pernah bermain di LaLiga, seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo, melainkan dari pemain yang pernah membela Real Valladolid, Joseba Llorente.

Pemain yang bernama lengkap Joseba Llorente Etxarri itu mencetak gol setelah menerima umpan lambung dari rekan setimnya, Victor. Dengan sedikit sontekan, Llorente pun dapat membuat Real Valladolid unggul cepat dari RCD Espanyol.

Catatan yang ditorehkan ini menjadi rekor baru di LaLiga. Sebelumnya, rekor diisi oleh pemain asal Uruguay, Dario Silva.

Baca Juga: 5 Pemain Tercepat yang Berhasil Membukukan 50 Gol di Liga Top Eropa

3. Seydou Keita (7,6 detik)

5 Gol Tercepat dalam Sejarah Sepak Bola di 5 Liga Top EropaSeydou Keita saat membela Timnas Mali (skysports.com)

Masih dari LaLiga, klub kelelawar Valencia CF menghasilkan salah satu gol tercepat di lima liga top Eropa pada pertandingan melawan UD Almeria. Pada pertandingan yang berlangsung pada 27 Maret 2014, Seydou Keita sebagai gelandang Valencia berhasil membuat timnya mencuri gol cepat di Stadion Mediterraneo, markas Almeria.

Jika dua gol tercepat sebelumnya berasal dari pembangunan serangan yang apik, maka gol ini lahir dari blunder lawan. Kesalahan dari bek tuan rumah dalam melakukan backpass harus diganjar sebuah gol yang membungkam pendukung yang hadir di stadion.

Seydou Keita yang saat itu berumur 34 tahun dapat mengejar umpan tanggung yang diarahkan kepada kiper lawan. Dengan tendangan kaki kirinya, bola melesak menuju pojok kanan bawah dari gawang yang dijaga oleh Esteban.

Gol cepat dari Seydou Keita sayangnya tidak membawa Valencia menang saat itu. Pada akhir pertandingan, tuan rumah dapat memaksa hasil imbang 2-2.

4. Shane Long (7,7 detik)

https://www.youtube.com/embed/wQVQz7rOuwo

Premier League, sebagai liga yang terkenal dengan permainan sepak bola kick and rush, tentu saja menyumbang salah satu gol tercepat dari lima liga top Eropa. Shane Long merupakan orang yang berhasil membuat namanya diingat atas prestasi tersebut. Dia memecahkan rekor gol tercepat di Liga Inggris lewat golnya ke gawang Watford pada 2018/2019.

Pria asal Irlandia itu berlari ke arah pertahanan Watford sesaat setelah permainan dimulai di Stadion Vicarage Road. Craig Cathcart, bek Watford yang menerima bola dari sepak mula, mencoba membuang bola kepada kawan timnya di depan. Namun nahas, Shane Long yang sudah dalam kecepatan tinggi berhasil memblokir tendangan Cathcart.

Bola yang memantul di dekat Shane Long berhasil dibawa dan dicungkil melewati Ben Foster untuk membuat skor menjadi 1-0 untuk Southampton FC. Dilansir The Sun dan BBC, Shane Long berkata bahwa kesempatan untuk memblokir clearance dan tidak berhasil adalah 99 banding 100. Akan tetapi, saat itu, dia percaya bahwa hal tersebut yang harus dilakukannya.

5. Michel Rio (7,9 detik)

5 Gol Tercepat dalam Sejarah Sepak Bola di 5 Liga Top EropaMichel Rio saat berseragam SM Caen (smcaen.fr)

Michel Rio, gelandang serang yang pernah membela SM Caen, mencatatkan namanya sebagai pencetak gol tercepat di Ligue 1. Saat itu, Caen tengah menjamu AS Cannes pada 1991/1992. 

Pemain yang didatangkan Caen dari FC Metz pada 1989 itu berhasil membuat publik tuan rumah bergembira lebih awal. Umpan yang diterimanya di kotak penalti tim tamu dapat diolah menjadi gol yang sangat indah.

Pada pertandingan itu, Michel Rio menyumbang dua gol. Kemenangan pun diraih Caen atas Cannes dengan skor akhir 3-1.

Dari kelima gol tercepat di lima liga top Eropa di atas, gol mana yang paling kamu suka? Semoga akan ada gol-gol spektakuler lainnya yang terlahir pada masa depan. Tentunya dengan waktu yang lebih cepat dari rekor sebelumnya.

Baca Juga: Jago Mencetak Gol, 6 Pemain Sepak Bola Ini Punya Julukan Gol

Satrio Wahyu Photo Writer Satrio Wahyu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya