10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!

Piala Dunia 2022 adalah Piala Dunia termahal

Piala Dunia 2022 yang akan berakhir pada 20 Desember 2022 ini digelar dan diikuti oleh 32 negara yang memiliki pemain sepak bola terbaik. Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 tentu akan berusaha menjamu tamu-tamu dari berbagai negara dengan baik.

Terhitung Qatar sudah menghabiskan biaya sebesar USD220 miliar atau setara dengan Rp3,244 triliun sebagai sang tuan rumah Piala Dunia 2022. Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar juga digadang-gadang menjadi turnamen sepak bola termahal sepanjang masa. 

Negara-negara yang berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia 2022 ini ternyata terdiri dari beberapa negara yang kaya. Berikut ini adalah 10 negara terkaya di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Negara Terkaya di Asia, Sumber Kekayaan Melimpah

1. Qatar

10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!Qatar (pixabay.com/konevi)

Meski wilayahnya dapat dikatakan kecil dengan jumlah penduduk kurang dari tiga juta jiwa, Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Qatar adalah negara yang terletak di kawasan Timur Tengah dengan perekonomian terbaik.

Qatar berbatasan dengan Arab Saudi dan memiliki cadangan minyak serta gas terbesar ketiga setelah Iran dan Rusia. Qatar mampu menjadi salah satu negara terkaya di Piala Dunia 2022 karena Qatar berhasil mengefektifkan pengolahan minyak serta gas alamnya. Qatar memiliki PDB per kapita sebesar US$112.789 atau sama dengan Rp1,7 miliar.

2. Swiss

10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!(Ilustrasi bendera Swiss) authentis.swiss/why-switzerland/

Negara selanjutnya adalah Swiss. Selain termasuk ke dalam negara terkaya di Piala Dunia 2022, Swiss juga termasuk ke dalam daftar negara paling bahagia.

Sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh Swiss adalah logam mulia. Swiss memiliki PDB per kapita sebesar US$84.658 atau setara dengan Rp1,31 miliar. Bahkan, populasi orang dewasa memiliki aset lebih dari nilai US$1 juta atau sama dengan Rp15,5 miliar.

3. Amerika Serikat

10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!Patung Liberty adalah sebuah struktur yang terletak di Pulau Liberty di Pelabuhan New York. (commons.wikimedia.org/William Warby)

Negara adidaya ini tentu termasuk ke dalam negara terkaya di dunia. Amerika memiliki ekonomi terbesar di dunia dengan nilai PDB sebesar US$76.027 atau setara dengan Rp1,18 miliar.

Amerika hampir menguasai seluruh layanan mulai dari manufaktur hingga teknologi. Negara ini juga memproduksi minyak sulingan, minyak mentah, alat elektronik, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Negara Terkaya di Asia Tenggara, Indonesia Urutan Berapa?

4. Denmark

10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!Denmark (studyindenmark.dk)

Denmark termasuk ke dalam negara yang memiliki perekonomian terbesar ke-35 di dunia. PDB per kapitan negara Denmark lebih dari US$69.000 atau Rp1,07 miliar.

Negara dengan populasi yang mencapai 5,7 juta orang ini adalah salah satu negara yang memiliki kualitas hidup serta tingkat mobilitas sosial yang tinggi. Pendapatan ekonomi yang utama berasal dari bioteknologi, farmasi, minyak, dan mineral.

5. Belanda

10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!Belanda, Negeri Kincir Angin (Pixabay/Skitterphoto)

Negara ini termasuk ke dalam ekonomi tertinggi dunia di urutan ke-17. Belanda memiliki populasi sebanyak 17 juta jiwa dengan angka pengangguran yang rendah serta rasio inflasi yang stabil.

Tingkat PDB per kapita Belanda adalah sebesar US$68.572 atau setara dengan Rp1,06 miliar di tahun 2022. Sumber ekonomi utama negara ini adalah sektor pertanian.

Selain itu, sektor jasa dan industri menjadi sumber perekonomian negara ini. Satu kata yang dapat mendeskripsikan perekonomian Belanda adalah kompetitif.

6. Jerman

10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!Unsplash/Alana Harris

Jerman memiliki banyak sumber daya yang mampu dimanfaatkan dengan baik. Negara Jerman terkenal karena mengekspor mobil, bahan kimia, serta mesin.

Beberapa merk mobil yang tentunya familiar adalah BMW serta Mercedes Benz. Selain itu, sektor utama yang mendorong perekonomian negara ini diantaranya adalah jasa, manufaktur, serta teknologi. Jerman memiliki PDB per kapita sekitar US$63.271 atau setara dengan Rp987 juta.

7. Australia

10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!Ilustrasi Australia (IDN Times/Isidorus Rio)

Australia memiliki PDB per kapitan sebesar US$61.941 atau setara dengan Rp967 juta. Australia menjadi salah satu negara yang makmur dengan rata-rata kekayaan warganya menyentuh di angka Rp2,75 miliar.

Australia memiliki penduduk sebanyak 25 juta jiwa dengan sektor yang menjadi unggulan adalah sektor pertanian, perkebunan, serta pariwisata. Pendapatan terbesar Australia juga berasal dari sumber daya alam berupa hasil bumi, yaitu uranium dan juga emas.

Baca Juga: 10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!

8. Belgia

10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!bangunan warna-warni di Brugges Belgia (facebook.com/Les Vols d'Alexi)

Belgia memiliki PDB per kapita sebesar US$61.587 atau setara dengan Rp952 juta. Belgia dihimpit oleh negara-negara yang juga memiliki kekuatan ekonomi tinggi, yaitu Prancis dan Jerman. Ekspor mesin, peralatan, bahan kimia, hingga berlian menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian Belgia. 

9. Kanada

10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!unsplash.com/HermesRivera

Kanada memiliki PDB per kapita sebesar US$57.812 atau setara dengan Rp902 juta. Sektor minyak bumi menjadi komoditas yang diandalkan Kanada untuk diekspor. Selain itu, pendapatan Kanada juga berasal dari bidang otomotif, industri penerbangan, mineral, dan industri makanan olahan. 

10. Prancis

10 Negara Terkaya di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Nomor Satu!Ilustrasi kota Paris. (harpersbazaar.com)

Prancis yang berhasil melaju ke final Piala Dunia 2022 ini ternyata termasuk sebagai negara yang kaya. Prancis memiliki PDB per kapita hingga US$56.036 atau setara dengan Rp876 juta.

Prancis tentunya kerap kali menjadi tujuan destinasi wisata banyak orang mengingat ibukota Prancis, Paris, adalah kota yang indah dengan arsitektur bangunannya yang mewah serta indah. Industri ekspor dan impor menyumbang hingga 63% PDB Prancis.

Itulah deretan negara terkaya di Piala Dunia 2022. Tertarik untuk mengunjunginya?

Baca Juga: 5 Negara Terkaya di Asia, Sumber Kekayaan Melimpah

Topik:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya