3 Striker Tersubur Timnas Indonesia di Piala AFF

Striker fenomenal Indonesia di Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Indonesia sejatinya memiliki label sebagai produsen pemain depan berkualitas. Entah itu striker atau winger, Indonesia tak kehabisan talenta di dua posisi tersebut.

Bahkan, striker Indonesia termasuk sebagai yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. Setidaknya, ada tiga nama yang sudah menancapkan namanya di sepak bola ASEAN. Mereka bahkan masuk ke dalam daftar top scorer sepanjang masa di Piala AFF.

Berikut ini IDN Times sajikan tiga striker Indonesia dengan produktivitas tertinggi di Piala AFF.

Baca Juga: Pemain Naturalisasi Sukses, Sering Dipakai Timnas Indonesia

1. Kurniawan Dwi Yulianto

3 Striker Tersubur Timnas Indonesia di Piala AFFinstagram.com/kurniawanqana

Namanya meroket saat mengikuti program mercusuar PSSI pelatnas jangka panjang di Italia pada 1993-1994, yakni Primavera. Dia tampil menawan bersama Timnas Primavera dan sempat dikontrak di klub Swedia, FC Luzern pada selama setahun, 1994 hingga 1995.

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan fenomena dalam sepak bola Indonesia. Meski sempat terpuruk atas kasus narkoba yang menimpanya, dia kembali membuktikan kualitasnya di Piala AFF 2004.

Produktivitas Kurniawan begitu tinggi bersama Timnas Indonesia di Piala AFF. Sepanjang gelaran itu, dia mencetak 13 gol dalam seluruh penampilannya. Dengan begitu, Kurniawan menempati posisi enam top scorer sepanjang masa Piala AFF.

2. Bambang Pamungkas

3 Striker Tersubur Timnas Indonesia di Piala AFFAFFSuzukicup.com

Bambang Pamungkas merupakan pemain kedua dengan produktivitas tertinggi bersama Timnas Indonesia di Piala AFF. Dia mencetak 12 gol sepanjang penampilanya di ajang dua tahunan itu.

Gol terbanyak Bepe  di Piala AFF dicetak pada edisi 2002. Kala itu, dia mampu mencetak delapan gol. Bepe menjadi pemain dengan caps terbanyak di Timnas Indonesia. Sudah 85 penampilan dicetaknya di Timnas Indonesia.

3. Ilham Jaya Kesuma

3 Striker Tersubur Timnas Indonesia di Piala AFFIlham Jaya Kesuma dan Boaz Solossa (facebook.com/ilhamjayakesumaindo)

Striker berdarah Palembang ini sempat menjadi andalan di lini serang Timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2004 dan 2007. Dia menyumbang total delapan gol untuk Timnas Indonesia sepanjang ajang Piala AFF.

Ilham mencetak tujuh gol di edisi 2004 silam. Dengan pencapaian itu, Ilham menjadi top scorer Piala AFF.

Baca Juga: Timnas Indonesia Hentikan Kutukan Partai Pembuka Piala AFF

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya