Comscore Tracker

4 Teknik Menyundul Bola untuk Pemula, Ada yang Terbang

Kamu bisa latihan di mana saja demi mengasahnya

Jakarta, IDN Times - Sundulan menjadi salah satu teknik yang paling umum dan sering digunakan dalam sepak bola. Dengan  sundulan, seorang pemain sepak bola bisa mencetak atau mencegah gol terjadi.

Teknik ini dipakai oleh pemain di posisi mana saja, entah itu bek, gelandang, striker, bahkan kiper pun sudah sering menggunakannya.

Kamu yang gemar main sepak bola atau pemula, sudah seharusnya tahu teknik sundulan. Berikut ini, IDN Times telah merangkum empat teknik menyundul bola yang bisa kamu pelajari di rumah.

1. Menyundul bola dengan sikap melayang

4 Teknik Menyundul Bola untuk Pemula, Ada yang TerbangIlustrasi Menyundul Bola (Pinterest.com)

Teknik menyundul yang pertama yaitu dengan sikap melayang, cara melakukannya yaitu kamu harus memosisikan kepalamu sejajar dengan bola.

Harus ada keberanian untuk jatuh, karena teknik melayang ini mengharuskan si pemain lompat dan menyundul bola dengan keras. Harus siap pula dengan risiko duel udara dengan pemain lawan.

Baca Juga: Emas Sepak Bola PON yang Begitu Emosional untuk Papua

2. Sundulan sambil berlari

4 Teknik Menyundul Bola untuk Pemula, Ada yang TerbangIlustrasi Menyundul Bola (Pinterest.com)

Hal yang harus kamu pelajari salah satunya yaitu teknik menyundul bola sambil berlari. Teknik ini juga biasanya digunakan oleh striker untuk menyambar bola dari sepak pojok.

Kamu hanya perlu berdiri di posisi tertentu, tarik napas, dan berlari mengejar bola yang dilepaskan penendang untuk menyambutnya. Jangan lupa arahkan kepalamu agar bola yang disundul menuju ke gawang.

3. Sundulan sambil lompat

4 Teknik Menyundul Bola untuk Pemula, Ada yang TerbangIlustrasi Menyundul Bola (Pinterest.com)

Teknik menyundul bola dengan melompat, pada umumnya memang sering dilakukan oleh semua posisi dalam sepak bola Karena teknik ini jadi yang paling dasar. Cara melakukannya ada dua, pertama kamu bisa melakukannya dengan awalan (satu kaki sebagai tolakan) atau dengan awalan (dua kaki sebagai tolakan).

Meski terdapat dua cara, pada dasarnya saat menggunakan gerakan awalan,dua kaki juga bisa digunakan sebagai tolakan.

4. Sundulan sambil berdiri

4 Teknik Menyundul Bola untuk Pemula, Ada yang TerbangIlustrasi Menyundul Bola (Pinterest.com)

Teknik menyudul yang terakhir yaitu menyundul bola dengan sikap berdiri. Teknik ini terbilang paling mudah dan dasar.

Pertama, kamu hanya perlu berdiri menantikan bola datang. Lalu, tekuk kedua kaki beserta lutut sambil mencondongkan tubuh ke belakang. Lalu fokuskan pandangan kepada bola yang datang sambil menggunakan otot perut untuk mendapatkan dorongan panggul saat menyundul.

Nah itulah 4 teknik menyundul bola dengan mudah dan bisa kamu pelajari dirumah, kamu bisa melatih menyundul bola ini dengan bantuan keluarga dirumah, yuk terapkan hidup sehat ! 

Penulis : Raga Putra Wiwaha

Baca Juga: Tangis Legenda Papua Usai Berjaya di Sepak Bola PON

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya