Cara Menentukan Peringkat Klasemen Piala Dunia 2022

Dari poin hingga undian

Piala Dunia 2022 telah sampai pada tahap 16 besar dengan sebelumnya melewati babak penyisihan grup. Sebelumnya, terdapat 32 negara yang berpartisipasi pada Piala Dunia 2022 di Qatar dan diklasifikasikan dalam grup yang terdiri dari Grup A-H. Satu grup terdiri atas 4 timnas dan Qatar sendiri selaku tuan rumah tergabung dalam Grup A.

Pada babak penyisihan grup, digunakan sistem round robin atau setiap negara akan saling bertemu satu kali sehingga pada babak penyisihan grup, setiap negara akan bertanding sebanyak tiga kali dan hanya dua tim nasional yang akan melanjutkan perjalanannya ke babak 16 besar.

FIFA telah mengatur mengenai cara menentukan peringkat pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 di Qatar. Aturan ini juga tertuang dalam pasal III poin 12 tentang format kompetisi. Berikut ini adalah cara menentukan peringkat klasemen.

Baca Juga: Inggris Punya Taring Tajam, Paling Produktif di Piala Dunia 2022

1. Poin

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Piala Dunia 2022Instagram

Tentunya semakin banyak poin yang diperoleh semakin tinggi peringkatnya. Jika sebuah tim menang akan dihargai dengan tiga poin, imbang dihargai sebanyak satu poin, dan jika kalah akan dihargai dengan nol poin. 

2. Selisih gol

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Piala Dunia 2022Gol yang dianggap dicetak Cristiano Ronaldo. (mirror.co.uk)

Jika terdapat kasus dimana poin yang diperoleh sama, maka posisi teratas akan ditentukan melalui jumlah selisih gol. Tim dengan selisih gol terbanyak tentunya akan berada di peringkat atas.

3. Produktivitas gol

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Piala Dunia 2022Kalidou Koulibalu mencetak gol untuk Senegal di laga kontra Ekuador di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Selanjutnya, gimana kalau poin dan selisih golnya sama? Maka, akan ditentukan melalui produktivitas gol atau total gol dari tiga pertandingan babak penyisihan grup.

Lagi-lagi seperti di atas di mana tim yang memiliki gol lebih banyak akan menempati peringkat atas. Namun, jika tiga syarat di atas masih sama, selanjutnya akan dibuat klasemen kecil dari tim-tim atau negara-negara yang terlibat.

4. Poin (klasemen kecil)

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Piala Dunia 2022Italia gagal melaju ke Piala Dunia 2022, Qatar, usai kalah dari Makedonia Utara / Twitter @Azzurri_EN

Dalam klasemen kecil, jumlah poin terbesar didapatkan dalam pertandingan grup antara tim yang bersangkutan (head to head).

Baca Juga: 5 Top Skor Sementara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Mencuat

5. Selisih gol (klasemen kecil)

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Piala Dunia 2022thesun.co.uk

Sama dengan poin dalam klasemen kecil, yang membedakan hanyalah pada bagian ini, selisih gol yang dihasilkan adalah berasal dari pertandingan grup antara tim yang bersangkutan.

6. Produktivitas gol (jumlah gol yang dicetak)

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Piala Dunia 2022Alvaro Morata saat mencetak gol buat Spanyol di laga lawan Jerman (Twitter @FIFAWorldCup)

Bedanya dengan produktivitas gol di awal, produktivitas gol head-to-head ini menitikberatkan pada jumlah gol yang dihitung, yaitu jumlah gol yang dicetak di semua pertandingan grup antara tim-tim yang bersangkutan.

7. Gol tandang

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Piala Dunia 2022Twitter.com/Aubameyang7

Gol tandang adalah gol yang dicetak oleh sebuah tim ketika bertandang atau datang ke markas lawan dalam pertandingan sistem dua leg atau home away. Gol yang dicetak tandang dihitung ganda antara tim yang bersangkutan apabila seri hanya antara dua tim.

8. Poin fair play

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Piala Dunia 2022northernillinoissoccerleague.com

Jika persyaratan-persyaratan di atas sama, maka ketentuan selanjutnya adalah terkait dengan nilai poin fair play dalam tiga pertandingan di grup. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah di antaranya, kartu kuning pertama dihargai minus satu poin, kartu kuning kedua atau kartu merah tidak langsung dihargai minus tiga poin, kartu merah langsung dihargai minus empat poin, dan kartu kuning yang disusul oleh kartu merah langsung dihargai sebesar minus 5 poin.

Baca Juga: Perbandingan Mbappe dan Para Top Skor Piala Dunia di Usia 23 Tahun

9. Undian

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Piala Dunia 2022Undian grup piala dunia (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Jika masih belum dapat ditentukan peringkat klasemennya, opsi terakhir adalah akan dilakukan undian dari Komite Organisasi FIFA untuk mengetahui tim mana yang lebih unggul atas tim lainnya pada babak penyisihan grup.

Itulah cara menentukan peringkat klasemen di Piala Dunia 2022. Tentunya, tim yang akan menempati posisi pertama atau menjadi juara grup adalah tim yang memiliki jumlah poin terbanyak. 

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya