5 Istilah Jumlah Gol dalam Sepak Bola, Pecinta Bola Harus Tau!

Level tertinggi yaitu double hattrick

Selain istilah tentang pembagian waktu serta isyarat-isyarat yang digunakan wasit, sepak bola juga memiliki istilah terkait dengan banyaknya jumlah gol yang dicetak dalam satu pertandingan.

Para penggemar sepak bola tentu familiar dengan istilah hattrick, tapi apakah ada istilah lain selain hattrick? Berikut ini adalah 5 istilah jumlah gol dalam sepak bola yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Brace

5 Istilah Jumlah Gol dalam Sepak Bola, Pecinta Bola Harus Tau!Ronaldo mencetak brace dalam debut keduanya di MU, tapi siapa sangka ia sempat gugup di awal pertandingan. (Twitter/@ManUtd).

Mungkin brace adalah istilah kurang familiar dan jarang kita dengar. Brace sendiri adalah istilah yang digunakan ketika pemain dapat mencetak 2 gol. Selain itu, mencetak 2 gol juga kadang-kadang menggunakan istilah dwi gol.

Lionel Messi serta Cristiano Ronaldo menjadi pemain bintang dengan torehan brace terbanyak, yaitu di angka 205 brace. Lalu, disusul dengan Lewandowski yang berhasil meraih 135 brace.

Baca Juga: Klub Arab Goda Ronaldo dengan Gaji Rp3,2 Triliun Setahun!

2. Hattrick

5 Istilah Jumlah Gol dalam Sepak Bola, Pecinta Bola Harus Tau!Pele (si.com)

Hattrick adalah istilah ketika pemain mampu mencetak sebanyak 3 gol dalam satu pertandingan. Istilah ini pastinya lebih sering didengar.

Ada juga Pele, seorang pemain bintang yang berasal dari Brasil, memegang rekor hattrick terbanyak dengan angka 92 hattrick dan mencatatkan hattrick di Piala Dunia 1958 ketika umurnya masih menginjak 17 tahun. Rekor ini disusul oleh Cristiano Ronaldo dengan torehan sebanyak 59 hattrick.

3. Quattrick

5 Istilah Jumlah Gol dalam Sepak Bola, Pecinta Bola Harus Tau!Mbappe (psgtalk.com)

Quattrick adalah istilah yang digunakan ketika pemain menjebolkan gawang lawan dengan menyumbang 4 gol dalam satu laga. Beberapa pemain yang mampu melakukan quattrick ini diantaranya adalah Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Luis Suarez, Robert Lewandowski, Sergio Aguero, dan Mbappe.

4. Quintrick

5 Istilah Jumlah Gol dalam Sepak Bola, Pecinta Bola Harus Tau!Robert Lewandowski (fcbayern.com)

Lionel Messi menjadi orang pertama yang mampu mengukir quintrick pada Liga Champions dan Laga Internasional Senior. Quintrick sendiri merupakan sebutan ketika pemain berhasil mencetak 5 gol dalam satu pertandingan. Selain Messi, Cristiano Ronaldo, Alan Sheares, serta Robert Lewandowski pernah melakukan quintrick.

Baca Juga: Akhir Perjalanan Robert Lewandowski di Piala Dunia, Layak Bangga!

5. Double hattrick

5 Istilah Jumlah Gol dalam Sepak Bola, Pecinta Bola Harus Tau!George Best. (independent.ie)

Jika hattrick artinya mencetak 3 gol, maka double hattrick adalah istilah yang digunakan jika pemain mencetak 6 gol. Levelnya jauh di atas quattrick serta quintrick.

Bahkan media menyebut sebagai sebuah keajaiban. Sebab hanya segelintir pemain yang mampu melakukan double hattrick, di antaranya adalah George Best yang bermain untuk Manchester United, Luis Suarez ketika bermain dengan AJAX Amsterdam, dan Matt Smith yang mencetak double hattrick pada ajang uji coba pra-musim.

Itulah 5 istilah untuk menyebut banyaknya gol yang dibuat pemain dalam satu pertandingan. Jangan sampai keliru, ya!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya