Comscore Tracker

5 Isyarat Hakim Garis pada Sepak Bola

Hakim garis membantu wasit untuk bertugas di lapangan

Dalam permainan sepak bola, peranan wasit sangat penting sebagai yang memimpin jalannya pertandingan dan memastikan pertandingan berjalan dengan adil bagi kedua tim yang sedang berlaga. Dalam tugasnya, wasit dibantu dengan dua hakim garis atau asisten wasit. 

Hakim garis adalah seorang wasit yang menentukan keputusan dari pinggir lapangan. Beberapa tugas hakim garis di antaranya adalah mengamati bola yang telah meninggalkan lapangan pertandingan, memberikan isyarat offside, dan membantu wasit utama dalam memutuskan pelanggaran secara objektif.

Hakim garis dibekali dengan bendera di tangannya untuk memberikan isyarat-isyarat serta untuk berkomunikasi dengan wasit. Berikut ini adalah 5 isyarat yang dilakukan hakim garis dalam pertandingan sepak bola.

1. Sinyal lemparan ke dalam

5 Isyarat Hakim Garis pada Sepak Bolaisyarat lemparan ke dalam (fifplay.com)

Hakim garis akan mengangkat bendera ke samping, baik samping kanan maupun samping kiri. Jika bendera mengarah ke kiri, maka artinya lemparan ke dalam untuk tim yang bertahan.

Sedangkan jika hakim garis mengangkat bendera ke samping kanan, maka lemparan ke dalam untuk tim yang menyerang. Hakim garis juga akan berlari menuju titik dimana bola keluar lapangan.

Baca Juga: 20 Sepatu Bola Terbaik Sepanjang Masa: Dari Nike Sampai Adidas

2. Sepak pojok

5 Isyarat Hakim Garis pada Sepak Bolaisyarat sepak pojok (fifplay.com)

Hakim garis akan berlari kecil ke sudut lapangan dan mengangkat bendera secara tegak lurus ke atas. Bergeser ke satu langkah ke samping, sebelum menunjuk sudut bendera lokasi sepak pojok.

3. Tendangan gawang

5 Isyarat Hakim Garis pada Sepak Bolatendangan gawang (fifplay.com)

Untuk tendangan gawang, hakim garis akan menunjuk ke wilayah yang ditempati oleh kiper sebagai isyarat bahwa tim yang bertahan diperbolehkan untuk melakukan tendangan ke gawang karena sentuhan lawan sehingga bola keluar dari garis gawang. Bendera akan diturunkan ke depan sebelum menunjuk tempat tendangan gawang.

4. Offside

5 Isyarat Hakim Garis pada Sepak Bolaisyarat offside lokasi jauh (fifplay.com)

Sinyal bendera ini terlihat ketika posisi hakim garis sejajar dengan lokasi offside. Hakim garis akan mengangkat bendera ke atas. Untuk offside sendiri, terdapat tiga sinyal yang berbeda.

  • Offside lokasi jauh

Hakim garis akan berlari mendekati lokasi offside dan mengangkat bendera untuk memberikan sinyal bahwa terjadi offside dan menurunkan bendera sedikit yang memiliki arti bahwa lokasi offside jauh dari posisinya.

  • Offside lokasi di tengah

Hakim garis akan bergerak hingga posisinya sejajar dengan lokasi offside, lalu hakim garis akan mengangkat bendera langsung ke atas untuk memberi tanda bahwa offside telah terjadi. Bendera akan hakim garis turunkan ke sudut horizontal untuk menandakan bahwa offside terjadi di tengah lapangan.

  • Offside lokasi dekat

Berbeda dengan offside jauh dan offside di tengah, offside dekat terjadi dekat dengan di mana hakim garis berdiri. Ketika sejajar dengan lokasi offside, hakim garis akan mengangkat bendera ke atas, lalu bendera akan diturunkan secara diagonal ke bawah.

Baca Juga: 6 Pemain Barcelona yang Masuk Daftar Cedera, Pemain Penting!

5. Pergantian pemain

5 Isyarat Hakim Garis pada Sepak Bolaisyarat pergantian pemain (fifplay.com)

Hakim garis juga memiliki tugas untuk memberitahu wasit jika terjadi pergantian pemain. Hakim garis akan mengangkat bendera langsung ke udara dan mengubah ke samping di atas kepalanya ketika akan dilakukan pergantian pemain. Bendera akan tetap di posisi tersebut sampai prose pergantian pemain selesai.

Itulah beberapa isyarat bendera dari hakim garis. Pastikan kamu tidak keliru, ya!

Topic:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya