Comscore Tracker

7 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022 

Didominasi klub-klub besar

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia 2022, Qatar, tak cuma menjadi momen buat negara peserta unjuk gigi. Namun, ini juga jadi ajang supremasi klub menunjukkan dominasinya dengan mengirimkan para pemain ke Piala Dunia.

Tercatat, ada 800 pemain dari berbagai negara yang terlibat dalam Piala Dunia 2022 dan berasal dari berbagai klub. Ada klub yang begitu dominan dan berstatus sebagai penyumbang pemain terbanyak untuk Piala Dunia 2022. Berikut IDN Times sajikan datanya seperti dilansir berbagai sumber.

1. Bayern Munich

7 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022 Leroy Sane berseragam Bayern Munich. (twitter.com/leroy_sane)

Bayern Munich tercatat sebagai klub yang paling banyak menyumbangkan pemain ke Piala Dunia. Buat Jerman saja, mereka sudah menyumbang tujuh pemain seperti Manuel Neuer, Thomas Mueller, Leon Goretzka, Serge Gnabry, Joshua Kimmich, Jamal Musiala, dan Leroy Sane.

Sementara, ada empat pemain yang disumbang Bayern buat Prancis. Mereka adalah Kingsley Coman, Lucas Hernandez, Benjamin Pavard, dan Dayot Upamecano.

Belanda juga memiliki pemain dari Bayern, tapi cuma satu, yakni Matthijs de Ligt. Bayern juga mengirimkan Eric Maxim Choupo-Moting (Kamerun), Noussair Mazraoui (Maroko), Josip Stanisic (Kroasia), hingga Alphonso Davies (Kanada), dalam Piala Dunia kali ini.

Baca Juga: 5 Fakta Al Bayt Stadium, Stadion Pembuka di FIFA World Cup 2022

2. Barcelona

7 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022 Pemain Barcelona, Pedri. (barcablaugranes.com)

Memang, prestasi Barcelona dalam beberapa musim terakhir kurang mentereng. Tapi, mereka menjadi klub kedua yang paling banyak menyumbangkan pemain di Piala Dunia 2022. Total, ada 16 pemain Barcelona yang tersebar di berbagai negara.

Spanyol merupakan negara yang banyak dihuni pemain Barcelona. Ada Eric Garcia, Jordi Alba, Pedri, Gavi, Busquets, Ansu Fati, dan Ferran Torres, yang masuk ke dalam skuad Spanyol.

Ada juga pemain Barcelona yang akan membela Prancis seperti Jules Kounde dan Ousmane Dembele. Sedangkan, Frenkie de Jong dan Memphis Depay akan bermain untuk Belanda. Sisanya, tersebar di berbagai negara seperti Ronald Araujo (Uruguay), Marc-Andre Ter Stegen (Jerman), dan Robert Lewandowski (Polandia).

Buat Araujo, sebenarnya cukup mengejutkan ketika namanya masuk ke dalam skuad Uruguay. Sebab, dia sebenarnya mengalami cedera parah dan diprediksi baru bakal kembali setelah Piala Dunia 2022.

3. Manchester United

7 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022 Cristiano Ronaldo tampil gemilang lawan Sherrif. (uefa.com)

Sama seperti Barcelona, Manchester United yang prestasinya kurang mentereng ternyata mampu menyumbangkan banyak pemain ke para peserta Piala Dunia. Jumlahnya pun serupa, 16 pemain.

Setidaknya, MU menyumbangkan tiga pemain buat Inggris. Mereka adalah Harry Maguire, Luke Shaw, dan Marcus Rashford. Kemudian, MU menyumbang tiga pemain pula ke Brasil lewat Antony, Casemiro, dan Fred.

Jumlah yang sama juga disumbangkan MU buat Portugal ketika Cristiano Ronaldo, Diogo Dalot, dan Bruno Fernandes, hadir di dalamnya.

Selain itu, masih ada pemain MU lainnya di Timnas lain seperti Christian Eriksen (Denmark), Raphael Varane (Prancis), Tyrell Malacia (Belanda), Hannibal Mejbri (Tunisia), Facundo Pellistri (Uruguay), dan Lisandro Martinez (Argentina).

Baca Juga: 5 Pemain Tua yang Mentas di Piala Dunia 2022, Ada Dani Alves!

4. Manchester City

7 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022 Pemain Manchester City, Kevin de Bruyne, dikawal ketat pemain Brentford. Dalam laga lanjutan Premier League ManCity harus kalah 1-2 di Etihad Stadium, Sabtu (12/11/2022)

Menariknya, Manchester City yang punya prestasi lebih mentereng, malah menyumbang pemain lebih sedikit ketimbang MU. ManCity menyumbangkan 15 pemain ke Piala Dunia 2022.

Sebanyak pemain ManCity membela Inggris seperti John Stones, Kyle Walker, Kalvin Phillips, Phil Foden, dan Jack Grealish. Kemudian, ManCity juga menyumbang cukup banyak pemain buat Portugal karena ada Joao Cancelo, Ruben Dias, dan Bernardo Silva. Sementara, Aymeric Laporte dan Rodri akan membela Spanyol.

5. Real Madrid

7 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022 Karim Benzema (uefa.com)

Real Madrid tak bisa dilepaskan dari klub yang paling banyak sumbang pemain di Piala Dunia 2022. Sebab, ada 13 pemain Madrid yang akan mentas di dalam pesta sepak bola terbesar sejagat itu.

Karim Benzema tentu jadi pentolannya dengan gabung ke skuad Prancis bersama Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchouameni. Selain itu, Madrid juga menyumbangkan dua pemain ke Spanyol (Dani Carvajal serta Marco Asensio) dan Brasil (Eder Militao bersama Vinicius Junior). Ada juga Luka Modric yang bela Kroasia serta Federico Valverde bersama Uruguay.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Pemain Belanda Pilih Nomor Punggung Sesuai Usia

6. Chelsea

7 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022 potret Thiago Silva (instagram.com/thiagosilva)

Chelsea juga masuk sebagai tim dengan penyumbang pemain terbanyak di Piala Dunia. Ada 12 pemain mereka tersebar ke berbagai negara untuk main di Piala Dunia.

Inggris menggunakan jasa tiga pemain Chelsea seperti Mason Mount, Raheem Sterling, dan Conor Gallagher. Sementara, Edouard Mendy dan Kalidou Koulibaly dipakai untuk membela Senegal.

Sisanya, ada Christian Pulisic (Amerika Serikat), lalu Cesar Azpilicueta (Spanyol), Kai Havertz (Jerman), Hakim Ziyech (Maroko), Mateo Kovacic (Kroasia), Thiago Silva (Brasil), dan Denis Zakaria (Swiss).

7. Paris Saint-Germain (PSG)

7 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022 Neymar Jr bermain bersama Paris Saint-Germain. (twitter.com/neymarjr)

PSG sudah pasti juga banyak sumbang pemain di Piala Dunia 2022. Lionel Messi, Kylian Mbappe, serta Neymar, akan bersaing demi bisa jadi juara.

Sementara, masih ada Carlos Soler dan Pablo Sarabia yang bela Spanyol. Danilo Pereira, Nuno Mendes, dan Vitinha juga main bersama Portugal. Kemudian, Keylor Navas (Kosta Rika), Achraf Hakimi (Maroko), dan Marquinhos (Brasil), juga bermain di Piala Dunia 2022. Total, ada 12 pemain PSG yang berlaga di Piala Dunia 2022.

Topic:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya