10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala Dunia

Banyak berasal dari klub Manchester United

Piala Dunia merupakan acara bergengsi yang digelar selama empat tahun sekali, serta menjadi kompetisi internasional yang diimpikan oleh banyak pemain sepak bola. Menjadi perhelatan yang prestisius tentu saja akan membuat Piala Dunia diisi oleh pemain-pemain hebat dari tiap skuadnya. Melalui Piala Dunia pun banyak pemain seperti Ronaldinho, Sergio Ramos, Thomas Muller hingga Kylian Mbappe yang dapat mengukir prestasi dan menjadi sukses.

Namun, sayangnya tidak semua pemain hebat dan unggul mampu merasakan bagaimana rasanya terjun ke lapangan hijau dalam laga Piala Dunia. Berikut ini 10 pemain bintang yang tidak pernah berpartisipasi dalam Piala Dunia.

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

1. Alfredo Di Stefano

10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala DuniaAlfredo Di Stefano (skysports.com)

Mampu meraih lima trofi di Liga Champions, kemampuan Alfredo Di Stefano jelas tidak perlu diragukan lagi. Alfredo Di Stefano pernah mewakili dua negara pada tingkat internasional, yaitu Argentina dan Spanyol. Sang bintang ini pernah bermain enam kali untuk Timnas Argentina dan 31 kali untuk Timnas Spanyol dengan mencetak sebanyak 23 gol. 

Semula, Di Stefano akan membela Timnas Argentina pada Piala Dunia 1950, tapi sayangnya skuad Argentina memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam Piala Dunia sehingga kesempatannya untuk turun di laga tersebut hilang.

Selanjutnya, pada tahun 1956, Di Stefano memperoleh kewarganegaraan Spanyol dan akan melakukan debut untuk Timnas Spanyol pada tahun 1957 dan setahun setelahnya Di Stefano membantu Timnas Spanyol lolos ke Piala Dunia. sayangnya, Di Stefano mengalami cedera otot ketika kompetisi belum dimulai. Pemain bintang tersebut akhirnya menggantung sepatu dan tidak merasakan bagaimana rasanya berlaga di Piala Dunia.

2. George Best

10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala DuniaGeorge Best (planetfootball.com)

Pemain legenda ini pernah bermain untuk Manchester United di bawah pelatih Matt Busby. Best terkenal sebagai pemain yang cepat, terampil, memiliki keseimbangan yang tepat, serta dua kaki yang kuat.

George Best membela Timnas Irlandia Utara pada 37 pertandingan dan mencetak 9 gol. Best juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa dan Pesepak Bola Terbaik versi FWA.

Meski begitu, Best tidak pernah bisa membawa negaranya untuk berlaga di Piala Dunia. Timnas Irlandia Utara tidak berhasil lolos ke Piala Dunia 1966, 1970, dan 1974. Irlandia Utara lolos pada ajang Piala Dunia di tahun 1982, namun George Best tak bisa berpartisipasi karena usianya yang sudah menginjak 36 tahun serta performanya dinilai menurun.

Baca Juga: Lionel Messi Kena Mental saat Arab Saudi Bekuk Argentina

3. George Weah

10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala DuniaGeorge Weah (goal.com)

Menjadi salah satu pemain terbaik di Afrika, Weah sempat bermain untuk klub-klub di Prancis, Italia, dan Inggris. Weah mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik Afrika pada 1989, 1994, dan 1995.

George Weah menjadi satu-satunya penerima Ballon d’Or yang tidak pernah bermain di Piala Dunia. Hal tersebut karena Weah tidak dapat membawa negaranya melaju ke Piala Dunia.

4. Abedi Pele

10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala DuniaAbedi Pele (twitter.com/ghanafaofficial)

Striker terbaik asal Ghana ini memiliki prestasi yang bagus ketika bermain di Eropa. Abedi mampu membawa Marseille menjadi juara 1 Ligue sebanyak empat kali.

Mengalahkan AC Milan di final, Abedi juga mengantarkan Marseille juara Liga Champions pada tahun 1993. Sebanyak 67 caps Abedi miliki untuk Ghana dan meraih juara Piala Afrika, meski begitu Abedi tidak mampu mengantarkan timnya pada Piala Dunia. Setelah pensiun selama enam tahun, Ghana baru lolos Piala Dunia. 

5. Eric Cantona

10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala DuniaEric Cantona (goal.com)

Eric Cantona sempat bermain untuk Manchester United pada tahun 90-an. Cantona mampu membawa Manchester United mendapatkan kesuksesan dengan menyabet empat gelar Premier League.

Meski mendulang kesuksesan, ketika Cantona bermain untuk mewakili negaranya, Prancis, pada bulan September 1988, ia dikeluarkan dari tim nasional. Cantona murka dan mengeluarkan kalimat buruk dalam wawanacara TV pasca pertandingan.

Alhasil, Cantona harus disuspensi dari pertandingan internasional. Selain itu, tendangan kungfu Cantona kepada fans Crystal Palace di tahun 1995 juga mengakhiri karirnya dalam bidang sepak bola.

Baca Juga: 5 Kejutan di Piala Dunia Selain Kekalahan Argentina dari Arab

6. Andy Cole

10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala DuniaAndy Cole (mufclatest.com)

Datang dari klub Manchester United lagi, Andy Cole yang merupakan penyerang tertajam yang pernah dimiliki Manchester United ini sudah mencetak sebanyak 121 gol di semua ajang untuk Manchester United. Sayangnya, karir Cole tidak semulus ketika ia bersama Setan Merah.

Cole tidak pernah masuk ke dalam daftar pemain untuk skuad Inggris, baik untuk Piala Dunia maupun Piala Eropa. Cole akhirnya memutuskan untuk pensiun di usia 31 tahun.

7. Ryan Giggs

10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala DuniaRyan Giggs (premierleague.com)

Sukses menyabet 13 gelar liga, 2 trofi Liga Champions, dan 4 Piala FA, Ryan Giggs bisa dikatakan sangat sukses dengan memegang rekor sebagai satu-satunya pemain yang memenangkan lebih banyak gelar Liga Inggris ketimbang pemain Manchester United lainnya.

Meski sangat sukses, Giggs tidak mampu membawa negaranya lolos ke Piala Dunia. Terakhir kali adalah ketika Wales main pada tahun 1958 dan harus tersingkir di perempat final. 

8. Jari Litmanen

10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala DuniaJari Litmanen (liverpoolfc.com)

Pemain asal Finlandia ini menjadi pencetak gol terbanyak di negaranya. Litmanen juga menjadi satu-satunya pemain yang membela negaranya dalam empat dekade yang berbeda.

Dimulai dari tahun 1989, Litmanen memulai karir internasionalnya, dan mengakhirinya pada tahun 2010 dengan total sebanyak 137 caps dengan mencetak 32 gol. Litmanen pernah membela klub raksasa seperti Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Liverpool. Ketika bermain untuk Ajax, Litmanen berhasil memenangkan Liga Champions. 

9. Ian Rush

Baca Juga: Arab Saudi Hentikan Rekor Tak Terkalahkan Argentina

10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala DuniaIan Rush (soccergator.io)

Ian Rush dikenal sebagai seorang pemain yang mencetak banyak gol selama ia bermain dengan Liverpool, yaitu sebanyak 346 gol. Rush mendapatkan kesuksesan selama bermain bersama Liverpool dan mendapatkan lima gelar dan dua trofil Liga Champions.

Selain itu, Rush juga merupakan pencetak gol terbanyak kedua bagi Wales, yaitu 28 gol dari 73 penampilan. Meski begitu, Rush tidak mampu mengantar Wales ke putaran final Piala Dunia.

10. Paolo Di Canio

10 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Berpartisipasi Dalam Piala DuniaPaolo Di Canio (thelaziali.com)

Di Canio pernah bermain untuk Juventus, Lazio, AC Milan, dan Napoli. Di Canio juga pernah bermain di Inggris.

Selain itu, Di Canio yang hendak membela Timnas Italia pada saat itu sedang dibanjiri penyerang berkualitas seperti Roberto Baggio, Alessandro Del Piero, Gianluca Vialli, Francesco Totti, dan lain-lain

Itulah beberapa pemain sepak bola yang tidak pernah berpartisipasi dalam Piala Dunia. Meskipun begitu, kualitas permainan mereka pada saat itu tidak bisa ragukan lagi, ya!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Jumawan Syahrudin
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya