Comscore Tracker

5 Klub Liga Inggris dengan Fans Terbanyak Nonton Langsung di Stadion

Loyalitas suporternya gak perlu diragukan lagi

Premier League musim 2018/2019 telah berakhir, satu juara telah hadir, sedangkan 3 tim terbawah harus rela terdegradasi. Di samping banyak drama yang tercipta, banyak gol yang dibuat, ada juga rekor yang tercipta.

Salah satunya deretan tim dengan jumlah penonton terbanyak selama satu musim. Walau ada yang sedih, kecewa, bahagia, melihat tim favoritnya juara atau tidak, loyalitas suporter tidak perlu ditanyakan kembali. Berikut 5 tim dengan jumlah penonton terbanyak Liga Inggris selama musim 2018/2019.

1. Manchester United

5 Klub Liga Inggris dengan Fans Terbanyak Nonton Langsung di Stadionhttps://www.football365.com/news/mails-man-united-fans-smug-liverpool-fans-worried

Walau musim 2018/2019 bisa dikatakan sebagai salah satu musim yang buruk bagi Setan Merah, namun hal itu tidak bisa membuat pendukungnya memilih tidak menyaksikan timnya bermain di Old Trafford. Kalah atau menang, mereka tetap mendukung tim kebanggaannya.

Terbukti loyalitasnya, hal itu membuat Manchester United berada dalam urutan teratas jumlah pendukung yang datang ke stadion selama satu musim. Selama 19 match, Old Trafford sudah menampung 1.415.471 fans, dengan rata-rata 74.498 setiap match.

2. Arsenal

5 Klub Liga Inggris dengan Fans Terbanyak Nonton Langsung di Stadionhttps://www.irishexaminer.com/breakingnews/sport/soccer/arsenal-fans-face-major-inconvenience-after-venue-switch-888443.html

Meski tim asuhan Unai Emery ini terseok-seok di Premier League, namun mereka berhasil masuk final UEFA Europa League. Selama satu musim Premier League bergulir, Arsenal berhasil mencatatkan rekor sebagai tim dengan jumlah penonton di kandang terbanyak kedua. Selama 19 match di Emirates Stadium, The Gooners sudah didukung oleh 1.138.072 fans, dengan rata-rata 59.899 jumlah fans tiap match.

3. West Ham United

5 Klub Liga Inggris dengan Fans Terbanyak Nonton Langsung di Stadionhttp://www.sickchirpse.com/schoolboy-gets-pure-abuse-from-west-ham-fans/

Meski dalam Premier League edisi 2018/2019, West Ham United finish di urutan 10. Namun tim asal London ini berhasil mencatatkan rekor cukup gemilang. Selama satu musim Premier League, West Ham berhasil menjadi tim ketiga dengan jumlah pendukung terbanyak yang datang ke stadion. Dengan jumlah 19 pertandingan kandang, West Ham mencatatkan 1.108.375 pendukung, dengan rata-rata setiap pertandingan 58.336 pendukung yang hadir.

4. Tottenham Hotspur

5 Klub Liga Inggris dengan Fans Terbanyak Nonton Langsung di Stadionhttps://www.flaminghairdryer.com/2019/04/sound-jealous-some-tottenham-fans-slate-premier-league-aces-comments.html

Beralih ke London Utara, rival abadi Arsenal ini menempati posisi ke-4 dengan jumlah penonton terbanyak di kandang selama musim 2018/2019. Dengan jumlah pertandingan kandang 19, The Lilywhites berhasil menarik 1.030.111 pendukung untuk hadir ke stadion, dengan rata-rata 54.216 jumlah pendukung yang hadir setiap pertandingan.

5. Manchester City

5 Klub Liga Inggris dengan Fans Terbanyak Nonton Langsung di Stadionhttps://www.mcfcwatch.com/2018/09/22/watch-manchester-city-fans-mock-liverpool-with-hilarious-take-on-allez-allez-allez/

Tim yang baru saja merengkuh Trophy Premier League musim 2018/2019 ini, berhasil mencatatkan diri mereka sebagai tim dengan jumlah pendukung terbanyak ke-5 yang hadir ke Etihad stadium selama satu musim.

Dengan rata-rata 54.130 jumlah pendukung setiap pertandingan kandang, maka selama satu musim pertandingan kandang, mereka berhasil mendapat dukungan dari 1.028.477 pendukungnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Setia Galuh Santoso Photo Community Writer Setia Galuh Santoso

Design student, freelance writer, NBA and football fans, philosophy enthusiast.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You