Percayalah, 7 Stadion Megah dan Mewah Ini Ternyata Ada di Indonesia

Kamu mengiranya ada di luar negeri ya. Hayo, siapa yang tahu di mana ini lokasinya?

Stadion merupakan sarana yang paling penting dalam olahraga sepak bola. Event-event besar sepak bola tentunya harus disaranai oleh stadion yang mempunyai standar FIFA dan tersertifikasi A.

Biasanya, stadion-stadion yang terkenal hebat dan menampung banyak penonton itu berada di negara-negara Eropa atau luar negeri. Karena mereka mempunyai liga-liga besar, yang mengharuskannya mempunyai stadion bagus dan megah juga.

Tapi bagaimana jika di Negara Indonesia, yang bisa dibilang masih dalam perkembangan dalam hal permainan sepak bola, mempunyai stadion, yang gak kalah keren dan mewah seperti di negara-negara maju tersebut?

1. Gelora Bung Karno (GBK).

Percayalah, 7 Stadion Megah dan Mewah Ini Ternyata Ada di Indonesiafandom.id

Percaya gak, kalau stadion yang akrab disebut stadion GBK ini masuk ke dalam daftar 10 stadion terbaik di dunia? Pantas saja. Karena stadion GBK ini mampu menampung sampai 88 ribu pentonton. Selain itu, kamu juga pasti sudah tahu, kalau stadion yang sudah berdiri selama kurang lebih 55 tahun ini selalu terpilih menjadi tempat untuk menyelenggarakan ajang Internasional.

Seperti pertandingan persahabatan, atau ajang lainnya. Atau biasa dipakai sebagai acara konser dan peringatan hari-hari besar. Serba guna ya? Karena memang GBK menjadi stadion di Indonesia yang berstandar Internasional setelah GBLA.

2. Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Percayalah, 7 Stadion Megah dan Mewah Ini Ternyata Ada di Indonesiacommons.wikimedia.org

Inilah stadion yang masih terbilang 'baru', karena berdiri sekitar 4 tahun lalu, yaitu sejak tahun 2013. Stadion ini gak kalah bergengsinya dari GBK. Bahkan bisa dikatakan mempunyai kualitas hampir sama karena keduanya juga merupakan stadion di Indonesia yang sudah berstandar Internasional.

Menampung kurang lebih 38 ribu penonton, GBLA juga mempunyai fasilitas-fasilitas mewah lain seperti papan skor digital, royal box yang tahan peluru, hingga kursi penonton yang tahan api. Menakjubkan gak sih? Apa kamu udah pernah berkunjung ke kandang Persib Bandung ini dan melihat kemewahannya?

3. Stadion Utama Riau, Pekanbaru.

Percayalah, 7 Stadion Megah dan Mewah Ini Ternyata Ada di Indonesiawww.kabarin.co

Stadion ini menjadi bersejarah karena pernah dipakai pada acara Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2012. Juga pernah menjadi stadion tempat kualifikasi piala AFC U-22. Fasilitas yang disediakan di stadion juga sudah berstandar AFC, dan rumputnya pun sangat berkualitas. Karena didatangkan langsung dari Brasil.

Namun ada satu hal yang mengganjal di stadion ini. Ternyata, Pemerintah Riau sampai sekarang masih punya hutang lho pada sebuah perusahaan arsitektur stadion hingga miliaran Rupiah. Wow, di balik kemegahan stadion itu, ternyata ada masalah yang menyelimutinya juga.

4. Stadion Aji Imbut Tenggarong.

Percayalah, 7 Stadion Megah dan Mewah Ini Ternyata Ada di Indonesiawww.youtube.com

Sebelum bernama Aji Imbut, stadion ini memiliki nama Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kudungga. Selain Stadion Utama Riau, Stadion Aji Imbut juga pernah dipakai ajang PON lho di tahun 2008. Kalau kamu melihat stadion ini dari kejauhan, pasti akan kagum dengan desainnya.

Stadion ini menjadi markas satu klub Indonesia, Mitra Kukar. Tapi hampir sama dengan stadion lainnya juga. Stadion ini dijadikan gor serba guna yang bisa dijadikan stadion dalam berbagai ajang olahraga.

5. Stadion Jakabaring Palembang.

Percayalah, 7 Stadion Megah dan Mewah Ini Ternyata Ada di Indonesiafootball-tribe.com

Nah, kalau stadion yang satu ini adalah stadion kebanggaan orang Palembang. Sudah sering banget dipakai dalam pentas sepak bola Indonesia dan juga event-event besar olahraga yang diselenggarakan di Indonesia.

Stadion ini merupakan pendamping bagi BGK. Karena jika ada event besar, contohnya Piala Asia atau Sea Games, stadion ini selalu menjadi tempat kedua setelah Gelora Bung Karno.

Sebenarnya nama stadion ini adalah Stadion Gelora Sriwijaya, markas klub besar Sriwijaya. Namun karena letaknya berada di kawasan Jakabaring, jadi sering disebut sebagai Stadion Jakabaring Palembang.

6. Stadion Palaran Samarinda.

Percayalah, 7 Stadion Megah dan Mewah Ini Ternyata Ada di Indonesiahrs03.wordpress.com

Tahu gak? Ternyata Stadion Palaran ini yang pertama kali memakai kursi penonton untuk seluruh tempat duduknya. Tapi meski begitu, stadion ini pernah ditolak oleh Malaysia pada pergelaran ajang Piala AFF 2014. Entah apa alasannya.

Namun dengan kapasitas hingga 50 ribu penonton, menjadikan Stadion Palaran sebagai satu yang terbesar di Asia Tenggara. Stadion yang dimiliki oleh pulau Kalimantan ini juga dilengkapi oleh CCTV, dan pernah menjadi stadion tempat mengadakan event-event besar olahraga juga di Indonesia.

7. Gelora Bung Tomo.

Percayalah, 7 Stadion Megah dan Mewah Ini Ternyata Ada di Indonesiamasirul.com

Stadion Gelora Bung Tomo ini juga merupakan stadion bertaraf Internasional yang terletak di kota besar Surabaya. Menjadi markas besar klub Persebaya, kabarnya stadion ini terkenal angker. Tapi jangan salah paham dulu.

Angker yang dimaksud karena penggemar klub Persebaya, alias Bonek, sering sekali membuat mental pemain lawan menjadi ciut karena kemeriahannya mendukung Persebaya di GMT.

Namun sayang, setelah berpesta dan melakukan Anniversary Persebaya yang ke-90 beberapa bulan lalu, Gelora Bung Tomo rusak parah dan perlu memakan waktu yang banyak untuk merenovasinya. Harusnya stadion yang jadi kebanggaan ini dijaga dengan baik ya, guys.

Kira-kira, dari ketujuh stadion megah ini, mana yang jadi favoritmu?

Rachel Park Photo Verified Writer Rachel Park

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya