Comscore Tracker

Profil Alfeandra Dewangga, Pemain Bola Serba Bisa dari Semarang

Akrab dipanggil Dewa dan identik dengan nomor punggung 19

Jakarta, IDN Times -  Alfeandra Dewangga merupakan salah satu pemain sepak bola Indonesia yang bergabung dengan Tim Nasional (Timnas) U-23.

Lahir di Semarang, Jawa Tengah, pemain berusia 21 tahun itu juga memperkuat klub tempat kelahirannya, yakni PSIS Semarang.

Berikut adalah profil Alfeandra Dewangga, dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (6/8/2022).

1. Dikenal sebagai pemain serba bisa

Profil Alfeandra Dewangga, Pemain Bola Serba Bisa dari SemarangPemain PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga di BRI Liga 1 2021/2022. (Dok. PSIS)

Alfeandra Dewangga memiliki nama lengkap Alfeandra Dewangga Santosa. Ia lahir pada 28 Juni 2001 dan mengawali karier sepak bolanya pada tahun 2018.

Dilansir dari laman resmi PSSI, Alfeandra Dewangga merupakan pemain serba bisa dengan posisi sebagai bek tengah, bek kiri atau gelandang bertahan.

Ia juga terlihat istimewa karena bermain dengan kaki kidal. Bahkan, dia selalu tampil sebagai starter dalam semua laga timnas Indonesia di Piala AFF.

Baca Juga: Timnas Indonesia dan PSSI Buka Peluang Bermarkas di IKN

Baca Juga: Bek PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga Ikuti TC Timnas di Korea Selatan

2. Perjalanan karier Alfeandra Dewangga

Profil Alfeandra Dewangga, Pemain Bola Serba Bisa dari SemarangAlfeandra Dewangga saat menghadapi Myanmar di babak penyisihan grup SEA Games 2022. Instagram/pssi

Alfeandra Dewangga memulai kariernya di dunia sepak bola bersama PPLP Jawa Tengah pada 2018-2019. Setelah itu, ia bergabung dengan akademi sepak bola PSIS Semarang pada 2020.

Pada 2019, ia dipanggil oleh Timnas Indonesia U-19 dan sejauh ini telah memainkan tujuh pertandingan sejauh ini.

Sementara pada 2021, ia dipanggil oleh Timnas Indonesia U-23 dan sudah bermain sebanyak empat pertandingan. Bersama Timnas Indonesia senior, ia telah tampil sebanyak 11 pertandingan.

3. Asal usul Dewa 19

Profil Alfeandra Dewangga, Pemain Bola Serba Bisa dari SemarangPemain PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga membela timnas Indonesia (dok. PSSI)

Alfeandra Dewangga yang akrab dipanggil Dewa ini identik dengan nomor punggung 19 saat membela PSIS Semarang hingga sekarang. Nomor punggung itu selalu Dewa kenakan saat bersama klubnya PSIS Semarang.

Pastinya, di bagian punggung jersey Alfeandra Dewangga tertulis Dewa 19 layaknya nama grup band legendaris Indonesia, Dewa 19.

Pemain berposisi sebagai bek itu sempat bingung untuk menentukan nomor punggung. Meski sempat kesulitan, Dewa akhirnya mendapatkan ide dari seorang kitman untuk memilih nomor 19.

Nomor tersebut pun dipilih agar terdengar seperti grup band Indonesia pimpinan Ahmad Dhani, Dewa 19.

Baca Juga: Alfeandra Dewangga, Mantan Striker yang Kejar Mimpi bersama Persib

Baca Juga: Rumor: Alfeandra Dewangga Diincar Klub Korea Selatan

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya