Piala Dunia U-20: Palestina Tak Masalah Israel ke Indonesia

Dubes Palestina meminta jangan campur adukkan isu

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, menanggapi polemik kedatangan Israel U-20 ke Indonesia. Dia meminta agar publik bisa memisahkan isu politik dan kepentingan olahraga.

Kehadiran Israel ke Indonesia memang sudah menuai pro dan kontra. Tapi, sebenarnya Indonesia wajib menerima Israel karena merupakan peserta Piala Dunia U-20. Sebagai tuan rumah, Indonesia juga berkewajiban melayani mereka selama berlaga di turnamen tersebut.

"Partisipasi masing-masing negara dalam event ini tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak, soal negara yang ikut. Negara-negara yang ikut adalah bagian dari kompetisi sesuai aturan yang berlaku. Ini keputusan FIFA. Jika mereka datang ke Indonesia, ini beda isu. Negara yang menjadi tuan rumah jelas harus melayani para tamu," tegas Zuhair, dalam jumpa pers di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

1. Dukungan Indonesia ke Palestina tidak akan berubah

Piala Dunia U-20: Palestina Tak Masalah Israel ke IndonesiaMenteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Palestina Riad Malki. (Dok. Kementerian Luar Negeri)

Zuhair yakin posisi Indonesia tetap konsisten dan tidak akan berubah dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Dia sangat percaya, hal itu tak goyah karena hadirnya Israel ke Indonesia untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20.

"Saya tegaskan, apa yang dirasakan dan temukan saat jumpa pejabat-pejabat di Indonesia, ada juga masyarakat, yakin dukungan Indonesia ke Palestina tidak pernah berubah. Indonesia konsisten, di forum regional, bilateral, dan multilateral untuk dukungannya ke kami," kata Zuhair.

Baca Juga: Bisakah Timnas U-20 Jumpa Israel di Fase Grup Piala Dunia U-20 2023?

2. Palestina tidak mau ikut campur soal Piala Dunia U-20

Piala Dunia U-20: Palestina Tak Masalah Israel ke IndonesiaDuta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Zuhair menegaskan Palestina tidak ingin ikut campur soal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang menghadirkan Israel.

"Palestina memegang sikap tidak campur tangan terhadap kebijakan-kebijakan, dari negara lain," ujarnya.

Sebaliknya, Palestina bakal mendukung penuh penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang akan digelar dua bulan lagi. Dia mencontohkan Piala Dunia yang digelar di Qatar beberapa waktu lalu di mana banyak dukungan muncul untuk kedaulatan dan kemerdekaan Palestina.

3. Kemlu RI tegaskan tetap konsisten dukung Palestina

Piala Dunia U-20: Palestina Tak Masalah Israel ke IndonesiaJuru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah. (IDN Times/Sonya Michaella)

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, beberapa waktu lalu menegaskan kehadiran Israel tidak akan mengubah posisi Indonesia terhadap Palestina. Tapi, ditegaskan Faizasyah, pemerintah tetap mengantisipasi kedatangan Israel demi bisa melayani dan menjadi tuan rumah yang baik.

"Posisi Indonesia soal isu Palestina tidak pernah berubah dan konsisten. Indonesia termasuk sedikit negara yang konsisten dukung rakyat Palestina,” tegas Faizasyah, dalam jumpa pers di Kemlu RI, Jumat (10/3/2023).

Baca Juga: Tim U-20 Israel ke Indonesia, Ini Kata Kemlu RI 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya