Comscore Tracker

Liga Champions: 3 Alasan MU Sulit Kalahkan Barcelona di Camp Nou

Barca tak terkalahkan pada 30 laga terakhir di Camp Nou

Ole Gunnar Solskjaer berangkat ke Spanyol membawa 22 pemainnya sebagai skuad Manchester United (MU), untuk menghadapi Barcelona pada pertandingan leg 2 perempat final Liga Champions. Kalah 0 - 1 pada pertandingan leg 1 pekan lalu, MU wajib memenangkan pertandingan untuk dapat lolos ke semi final.

Solksjaer dan pemain-pemainnya cukup yakin dapat menaklukkan Barcelona di kandangnya. Sukses menaklukkan Paris Saint-Germain (PSG) 3 - 1 di Parc des Princes, setelah sebelumnya kalah 0 - 2 di Old Trafford, jadi referensi untuk mengulanginya atas Barcelona.

Tapi Barcelona bukanlah PSG. Berikut 3 alasan untuk menyatakan sulit bagi MU untuk dapat mengalahkan Barcelona pada laga leg 2 perempat final Liga Champions.

1. Barcelona tak terkalahkan pada 30 laga kandang terakhir di Liga Champions

Liga Champions: 3 Alasan MU Sulit Kalahkan Barcelona di Camp Noufcbarcelona.com

Di Liga Champions, Barcelona kalah terakhir kali di kandang pada Mei 2013. Itu terjadi pada laga leg 2 semi final Liga Champions musim 2012/2013. Dilatih oleh Tito Vilanova, Barca kalah 0-3 dari Bayern Munchen dan gagal maju ke final dengan agregat 0-7.

Sejak saat itu hingga sekarang, Barca telah memainkan 30 pertandingan Liga Champions di Camp Nou. Hasilnya, Barca membukukan 27 kali kemenangan, hanya 3 hasil imbang, dan tak pernah kalah!

Untuk musim ini, dari 4 partai kandang yang telah dimainkan, Barca mencatat 3 kemenangan dan 1 hasil imbang. Terakhir, pada bulan lalu, Barcelona menghabisi Olympique Lyon dengan skor 5-1 pada laga leg 2 babak 16 besar Liga Champions musim ini. Fakta ini menunjukkan betapa sulitnya untuk dapat mengalahkan Barcelona di Camp Nou sekarang ini.

Baca Juga: Lima Fakta di Balik Kemenangan Barcelona atas Manchester United

2. Barcelona satu-satunya tim yang belum terkalahkan musim ini

Liga Champions: 3 Alasan MU Sulit Kalahkan Barcelona di Camp Nousportskeeda.com

Dari 8 tim yang berlaga di perempat final musim ini, Barcelona menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan. Sejak fase penyisihan grup hingga laga leg 1 perempat final, Barcelona telah memainkan 9 pertandingan dengan membukukan 6 kemenangan dan 3 hasil draw, tanpa pernah kalah. Menjaringkan 20 gol dan hanya kemasukan 6 gol.

Bandingkan dengan MU yang telah menderita 4 kekalahan dari 9 pertandingan yang dimainkan. Sisanya 4 kali menang dan 1 kali imbang. Memasukkan 10 gol dan kemasukan 8 gol.

Fakta ini menunjukkan besarnya rasa percaya diri pemain-pemain Barcelona dalam melakoni laga-laga di Liga Champions musim ini. Hal ini berujung pada sulitnya mengalahkan mereka pada pertandingan-pertandingan berikutnya.

3. Barcelona tampil dengan pemain-pemain yang lebih segar

Liga Champions: 3 Alasan MU Sulit Kalahkan Barcelona di Camp Noufcbarcelona.com

Manajer Barcelona, Ernesto Valverde, sejak dini telah mempersiapkan pemain-pemainnya untuk menghadapi pertandingan melawan MU. Valverde bahkan menomorduakan pertandingan jornada 32 La Liga melawan Huesca. Melakukan rotasi besar-besaran, Valverde mengistirahatkan pemain-pemain intinya agar dapat tampil lebih segar saat menghadapi MU.

Bandingkan dengan MU yang justru menurunkan seluruh pemain intinya saat menjamu West Ham pada pertandingan Liga Primer. Sejak pertandingan terakhir di Old Trafford, Messi, Suarez, Coutinho dan beberapa pemain inti lainnya telah melewati masa pemulihan stamina selama 6 hari. Sementara Pogba, Lukaku, Rashford dan beberapa pemain inti MU lainnya, hanya menjalani masa pemulihan kurang 3 hari sejak pertandingan terakhir menghadapi West Ham.

Fakta tersebut menyiratkan ketimpangan kondisi fisik dan stamina pemain di antara ke dua tim. Faktor ini akan sangat menentukan pada pertandingan yang dipastikan akan berlangsung cepat dan ketat, yang akan sangat menguras stamina para pemain. Faktor yang dapat menjadi alasan sulitnya MU untuk bisa mengalahkan Barcelona.

Baca Juga: Gantikan Herrera, Manchester United Siap Datangkan Gelandang Everton

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You