Bayern Munchen Tak Sabar Tunggu Laga Lawan Borussia Dortmund

Hadapi Heidenheim dulu di perempat final Piala Liga Jerman

Bayern Munchen memulai pekan ini dengan suasana hati yang riang dan penuh optimisme. Senin pagi waktu setempat, di bawah siraman sinar matahari, para pemain telah berlatih kembali di bawah arahan pelatih Niko Kovac. Tak tampak lagi kegalauan di wajah para pemain, seperti yang mereka perlihatkan saat usai pertandingan menghadapi Freiburg akhir pekan lalu.

Latihan digelar sebagai persiapan menghadapi laga perempat final DFB Pokal, Piala Liga-nya Jerman. Bayern Munchen akan menjamu Heidenheim, klub Bundesliga 2, di Allianz Arena, Rabu (03/04) malam waktu Indonesia. Munchen maju ke perempat final dengan menundukkan tuan rumah Hertha Berlin 3 - 2 lewat babak perpanjangan waktu di babak 16 besar. Sedangkan Heidenheim mencapai perempat final setelah menaklukkan Bayern Leverkusen 2 - 1.

1. Tampil di semifinal dalam 9 tahun terakhir

Bayern Munchen Tak Sabar Tunggu Laga Lawan Borussia Dortmunddfb.de

Bayern Munchen melangkah ke perempat final dengan rekor meyakinkan. Die Roten, julukan bagi Bayern Munchen yang artinya si Merah, tak pernah absen pada laga semifinal DFB Pokal dalam 9 tahun terakhir. 4 di antaranya diakhiri dengan tampil sebagai juara, 2 kalah di babak final dan 3 sisanya tersingkir di babak semifinal. 

Tahun lalu, Bayern Munchen sampai ke babak final namun kemudian kalah 1 - 3 dari Eintracht Frankfurt. Die Roten terakhir gagal di perempat final pada musim 2008/2009, saat dikalahkan 2 - 4 oleh tuan rumah Bayern Leverkusen.

Baca Juga: Bayern Munchen Resmi Dapatkan Lucas Hernandez dari Atletico Madrid

2. Niko Kovac pernah kalahkan Heidenheim

Bayern Munchen Tak Sabar Tunggu Laga Lawan Borussia Dortmundeintracht.de

Bayern Munchen sama sekali belum pernah berhadapan dengan Heidenheim pada pertandingan yang bersifat kompetisi. Namun manajer Niko Kovac pernah mengalahkan tim Bundesliga 2 tersebut saat menangani Eintracht Frankfurt. Terjadi pada babak 16  besar DFB Pokal musim 2017/2018, Eintracht Frankfurt menundukkan Heidenheim  2 - 1 di kandangnya lewat babak perpanjangan waktu.

Kovac memiliki catatan yang baik di DFB Pokal. Manajer berkebangsaan Kroasia tersebut hanya mengalami 1 kali kekalahan, itupun pada pertandingan final. Bersama Eintracht Frankfurt, Kovac menderita kekalahan 1 - 2 dari Borussia Dortmund pada final musim 2016/2017.

3. Kovac fokus pada laga menghadapi Heidenheim

Bayern Munchen Tak Sabar Tunggu Laga Lawan Borussia Dortmunddfb.de

Pada konferensi pers usai sesi latihan, Niko Kovac mengungkapkan rasa tidak sabarnya menunggu pertandingan menghadapi Borussia Dortmund, seperti halnya pemain-pemainnya. Namun manajer berusia 47 tahun tersebut menyatakan pertama-tama akan fokus dulu pada pertandingan menghadapi Heidenheim. 

Tim yang berkompetisi di Bundesliga 2 itu memang tak boleh dipandang sebelah mata. Heidenheim mencapai perempat final turnamen dengan mengalahkan klub Bundesliga, Bayern Leverkusen 2 - 1. Heidenheim juga memiliki rekor tandang yang bagus dalam sejarah keikutsertaannya di DFB Pokal. Klub yang bermarkas di Voith-Arena itu tak pernah kalah dalam 7 pertandingan tandang di DFB Pokal.

4. Munchen tampil tanpa Arjen Robben

Bayern Munchen Tak Sabar Tunggu Laga Lawan Borussia Dortmundfcbayern.com

Niko Kovac memastikan Bayern Munchen akan menghadapi Heidenheim tanpa diperkuat gelandang Arjen Robben dan Alphonso Davies. Sementara penjaga gawang Manuel Neuer dan bek David Alaba yang absen pada pertandingan menghadapi Freiburg, masih diragukan untuk dapat tampil. Kondisi tersebut memberi kesempatan bagi penjaga gawang cadangan, Sven Ulreich, untuk tampil sebagai starting player.

Kemungkinan starting line up Bayern Muenchen: Sven Ulreich (pg), Joshua Kimmich, Niklas Sule, Mats Hummels, Rafinha, Javi Martinez, Thiago Alcantara, Serge Gnabry, James Rodriguez, Franck Ribery, Robert Lewandowski

Bayern Munchen telah tersingkir dari Liga Champions. Gelar juara Bundesliga masih harus diperjuangkan dengan ketat, bersaing dengan Borussia Dortmund. Maka peluang untuk menjuarai DFB Pokal harus tetap dijaga jika Bayern Munchen tak ingin mengakhiri musim ini tanpa gelar juara sama sekali.

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya