Euro 2020: Menang atas San Marino, Alex McLeish Tetap di Bawah Tekanan

Diberi kesempatan 2 pertandingan berikutnya

Skotlandia berhasil menundukkan tuan rumah San Marino 2-0 pada laga matchday 2 Grup I kualifikasi Piala Eropa, Senin (25/03). Namun kemenangan tersebut masih belum cukup untuk meredakan kegusaran pendukung-pendukung timnas Skotlandia atas kinerja manajer Alex McLeish.

Kegusaran itu berawal dari kekalahan tak terduga Skotlandia, 0-3 dari tuan rumah Kazakhstan pada laga matchday 1, Kamis (21/03) lalu. Berikut beberapa faktor yang menjadi pemicu ketidakpuasan pendukung-pendukung timnas Skotlandia.

1. Ekspektasi berlebihan para pendukung

Euro 2020: Menang atas San Marino, Alex McLeish Tetap di Bawah Tekanantelegraph.co.uk

Skotlandia melangkah ke kualifikasi Piala Eropa berbekal sukses pada Liga Negara Eropa. Berlaga di Liga C, Skotlandia sukses menjuarai Grup 1 di atas Israel dan Albania. Memenangkan 3 pertandingan dan hanya menderita 1 kekalahan, Skotlandia memasukkan 10 gol dan hanya kemasukan 4 gol.

Berdasarkan hasil tersebut, pendukung-pendukung Skotlandia berharap Skotlandia bisa lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 dengan menjadi juara atau runner-up grup. Atau paling tidak bersaing ketat dengan Belgia dan Rusia yang lebih difavoritkan. Namun harapan tersebut seketika berantakan ketika, di luar dugaan, Skotlandia justru kalah telak 0 - 3 dari Kazakhstan pada laga pembuka kualifikasi.

Baca Juga: Kualifikasi Euro 2020: Kandaskan Siprus, Belgia Puncaki Grup I

2. San Marino merupakan lumbung gol

Euro 2020: Menang atas San Marino, Alex McLeish Tetap di Bawah Tekananworldfootball.net

Kemenangan 2-0 atas San Marino dipandang belum memadai mengingat San Marino merupakan tim lumbung gol pada setiap even yang diikutinya. Bisa dimaklumi, San Marino hanyalah negara kecil dengan tradisi sepak bola yang tak sekuat negara-negara Eropa lainnya. Bersama Andorra, Malta, Liechtenstein dan Gibraltar, San Marino kerap dihujani gol dalam kompetisi-kompetisi di Eropa. 

Terakhir di Liga Negara Eropa, San Marino menjadi juru kunci Grup 2 Liga D. Menderita kekalahan di semua 6 pertandingan, kemasukan 16 gol, tanpa pernah menggolkan sama sekali. Pada laga matchday 1 kualifikasi Piala Eropa beberapa hari lalu, San Marino dibantai Siprus dengan skor 5-0.

3. Kemenangan Rusia 4-0 atas Kazakhstan

Euro 2020: Menang atas San Marino, Alex McLeish Tetap di Bawah Tekanantellerreport.com

Sebelum pertandingan antara Skotlandia menghadapi San Marino, pada laga lain di Grup I, Rusia sukses menundukkan tuan rumah Kazakhstan dengan skor 4-0. Tak urung, hasil tersebut membuka kembali luka di hati pendukung Skotlandia atas kekalahan pemain-pemain asuhan McLeish dari Kazakhstan di tempat yang sama. Hasil tersebut semakin meyakinkan pandangan para pendukung bahwa Skotlandia tak pantas menderita kekalahan dari Kazakhstan, apalagi dengan skor yang telak 0-3.

Skotlandia sekarang menempati peringkat ke-5 klasemen sementara Grup I di bawah Belgia, Siprus, Rusia dan Kazakhstan. Para pendukung meradang, petinggi-petinggi asosiasi sepak bola Skotlandia pun was-was. Namun mereka masih memberi kesempatan kepada Alex McLeish untuk menunjukkan kinerja terbaiknya di dua pertandingan berikutnya, pada laga matchday 3 dan 4. Skotlandia akan menjamu Siprus dan bertandang ke Belgia bulan Juni nanti.

Baca Juga: Kualifikasi Euro: Sterling Cetak Hat-trick, Inggris Bantai Ceko

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya