FIFA Ratifikasi Peralihan Status Declan Rice dari Irlandia ke Inggris

Bakal bergabung dengan skuat timnas Inggris

Badan pengelola sepak bola dunia, FIFA, meratifikasi perubahan status Declan Rice dari semula membela timnas Irlandia jadi membela timnas Inggris. Pemain yang saat ini bermain di West Ham, mengakhiri spekulasi menyangkut masa depannya dengan menyatakan komitmennya kepada Inggris pada 13 Februari lalu.

Keputusan FIFA tersebut memberi jalan bagi Gareth Southgate untuk memasukkan pemain berusia 20 tahun tersebut ke dalam skuat timnas Inggris menghadapi Republik Ceko dan Montenegro, pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020. Southgate diketahui sejak lama telah melakukan pendekatan terhadap Rice untuk bersedia membela timnas Inggris.

1. Miliki dwi kewarganegaraan

FIFA Ratifikasi Peralihan Status Declan Rice dari Irlandia ke Inggrissportsjoe.ie

Declan Rice memiliki dwi kewarganegaraan. Terlahir di Kingstone upon Thames, ia menyandang kewarganegaraan Inggris. Namun kakek dari sebelah ayahnya berasal dari Douglas, County Cork, Irlandia, membuatnya mewarisi kewarganegaraan Irlandia.

Belajar sepak bola sejak usia 7 tahun, Declan Rice masuk akademi sepakbola Chelsea pada tahun 2006. Pada usia 13 tahun, ia pindah ke akademi sepak bola West Ham United dan bermain untuk tim West Ham junior. Setahun kemudian, Rice menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan West Ham United.

Baca Juga: Carragher: Van Dijk Pantas Jadi Pemain Terbaik Liga Inggris Musim Ini

2. Sempat membela timnas Irlandia

FIFA Ratifikasi Peralihan Status Declan Rice dari Irlandia ke Inggristheguardian.com

Rice sempat tampil bersama timnas Irlandia pada 3 pertandingan internasional menghadapi Amerika Serikat, Turki dan Prancis. Namun karena ke-3 pertandingan tersebut hanya bersifat persahabatan dan bukan sebuah kompetisi, maka tidak menjadi penghalang bagi Rice untuk pindah membela timnas Inggris.

Sebelumnya, Rice juga pernah bergabung bersama timnas Irlandia U-21 pada tahun 2017-2018 dan merumput pada 5 pertandingan. Sebelumnya lagi, ia bergabung dengan timnas Irlandia U-19 untuk 6 pertandingan di tahun 2016-2017.

Bersama timnas Irlandia U-17, Rice berlaga pada 6 pertandingan di tahun 2015 - 2016. Sebelum itu, Rice membela timnas Irlandia U-16 di tahun 2015 dan melakoni 3 pertandingan.

3. Timbulkan kegaduhan di Irlandia

FIFA Ratifikasi Peralihan Status Declan Rice dari Irlandia ke Inggris.independent.ie

Pergantian status Rice tak urung memicu kegaduhan di Irlandia. Banyak kalangan yang mencemooh keputusannya tersebut dan tidak sedikit pula yang memaklumi dan mendukungnya. 

Pihak pertama mencemooh dengan menggugat kesediaan Rice membela timnas Irlandia sebelumnya, sejak timnas U-16 hingga timnas senior. Termasuk dalam kelompok ini pihak yang menuding uang menjadi alasan keputusan Rice.

Sementara pihak kedua memahami keputusan Rice sebagai pilihan yang realistis. Bersama Inggris yang menduduki peringkat ke-5 FIFA World Ranking, prospek masa depan Rice bakal lebih baik dibanding jika bergabung bersama timnas Irlandia yang berperingkat 34.

Baca Juga: Korsel dan Korut Berpeluang Selenggarakan Piala Dunia Wanita 2023

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya