Gagal di Liga Champions, Dortmund Buru Gelar Juara Bundesliga

Bersaing ketat dengan Bayern Muenchen

"Hanya Dortmund yang akan jadi juara Jerman ...", serentak penonton menyanyikan syair tersebut begitu wasit meniup pluit panjang, tanda berakhirnya pertandingan antara Borussia Dortmund menghadapi Tottenham Hotspur.  Die Schwarzgelben (si Kuning Hitam) tersisih di babak 16 besar Liga Champions.

Mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 65%, 8 tendangan ke arah gawang dan 10 tendangan sudut tak cukup untuk menghantarkan Dortmund memenangkan pertandingan. Tak ada gol yang diciptakan untuk mengejar defisit 3 gol pada laga tandang.

Alih-alih mencetak gol, Dortmund malah kebobolan oleh gol Harry Kane di masa injury time babak pertama. Dortmund tersingkir dengan agregat gol 0 - 4.

1. Sepenuhnya fokus ke Bundesliga

Gagal di Liga Champions, Dortmund Buru Gelar Juara Bundesligabvb.de

Juara Bundesliga tinggal satu-satunya gelar yang mungkin diraih Borussia Dortmund musim ini. Di DFB Pokal, Piala Jerman, Dortmund sudah lebih dulu tersisih. Kalah adu penalti dari Werder Bremen di babak 16 besar.

Pelatih Dortmund, Lucien Favre, menegaskan kalau Dortmund hanya fokus ke Bundesliga sekarang. Hal itu ditegaskannya pada konferensi pers jelang laga melawan VfB Stuttgart pada Kamis (07/03). Dortmund akan menjamu Stuttgart pada pertandingan pekan ke-25 Bundesliga di Signal Iduna Park, Dortmund pada Sabtu (09/03).

Performa luar biasa yang ditunjukkan pemain-pemain Dortmund pada babak pertama menjadi patron ke depan. Sebagaimana disampaikan oleh Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc, level permainan seperti itu dengan intensitas yang sama akan ditampilkan pada laga menghadapi Stuttgart.

Baca Juga: Bungkam Dortmund, Tottenham Lolos ke Perempat Final Liga Champions

2. Bersaing ketat dengan Bayern Muenchen

Gagal di Liga Champions, Dortmund Buru Gelar Juara Bundesligathedailystar.net

Borussia Dortmund saat ini memuncaki klasemen sementara Bundesliga dengan nilai 54 dari hasil 16 kali menang, 6 imbang dan 2 kali kalah. Bayern Muenchen menempel ketat di urutan ke-2 dengan nilai sama namun kalah produktivitas gol. Dengan sisa 10 pertandingan, maka persaingan kedua tim bakal seru dan panas. 

Dortmund hanya mencatat 1 kemenangan pada 5 laga terakhir di Bundesliga. Dortmund bahkan kalah 1-2 dari tuan rumah Augsburg yang menduduki peringkat bawah klasemen pada pertandingan terakhir, Sabtu (02/03) lalu. 

Bisa jadi performa kurang baik tersebut dipengaruhi oleh konsentrasi mereka yang terbelah ke pertandingan babak 16 besar Liga Champions. Sekarang, dengan fokus sepenuhnya ke Bundesliga, menarik untuk menunggu, akankah performa tersebut meningkat kembali seperti semula.

3. Senantiasa didukung penuh fansnya

Gagal di Liga Champions, Dortmund Buru Gelar Juara Bundesligabundesligafanatic.com

Dalam perburuan gelar juara Bundesliga, bersaing dengan Bayern Muenchen, Dortmund dipastikan mendapat dukungan total dari fans-nya. Fans Borussia Dortmund terkenal fanatik dan sekaligus kreatif dalam memberi dukungan. 

Signal Iduna Park terkenal ke seluruh dunia dengan Gelbe Wand, tembok kuning, di tribun selatan. Di sana fans-fans Dortmund selalu menampilkan aksi-aksi koreografi yang menarik. Di sana pula nyanyian, tabuhan gendang dan kibaran bendera tak pernah berhenti sepanjang pertandingan.

Tidak berlebihan jika pada konferensi pers yang sama, Michael Zorc kembali menyampaikan terima kasihnya atas dukungan fans-fans tersebut pada saat Dortmund mengalami kekalahan dari Tottenham Hotspur.  Menurutnya, dukungan tersebut memberikan Borussia Dortmund tambahan energi untuk menghadapi laga-laga ke depan.

Baca Juga: Harry Kane Akhiri Perlawanan Sengit Borussia Dortmund

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya