Comscore Tracker

Neil Lennon Kembali ke Celtic Gantikan Brendan Rogers

Pernah bersama Celtic sebagai pemain dan manajer

Ditinggal Brendan Rogers yang hengkang ke Leicester City, Celtic tak mau berlama-lama tanpa manajer. Manajemen Celtic dengan segera menunjuk Neil Lennon sebagai manajer sementara hingga akhir musim ini.

Sebagaimana diberitakan, Brendan Rogers menandatangani kesepakatan kontrak berdurasi 3 tahun dengan Leicester City. Rogers didatangkan untuk menggantikan manajer sebelumnya, Claude Puel yang dipecat menyusul kekalahan Leicester City 1 - 4 dari Crystal Palace di kandang sendiri, Minggu (24/02) lalu.

1. Bukan sosok baru di Celtic

Neil Lennon Kembali ke Celtic Gantikan Brendan Rogersdailyrecord.co.uk

Neil Lennon bukanlah sosok baru di Celtic. Kehadirannya di Celtic kali ini dapat diistilahkan sebagai "kembali". Lennon pernah menangani Celtic pada tahun 2010 hingga 2014. Kala itu Lennon hadir di Celtic menggantikan Tony Mowbray yang pergi meninggalkan Celtic.

Empat musim menangani Celtic, tidak tanggung-tanggung, Neil Lennon mempersembahkan 3 title juara Liga Premier Skotlandia dan 2 gelar juara Piala Skotlandia. Hebatnya lagi, 3 gelar juara Liga Primer Skotlandia tersebut diraih dalam 3 musim berturut-turut.

Neil Lennon meninggalkan Celtic dan pindah menangani Bolton Wanderers pada Oktober 2014 untuk kontrak selama 4 tahun. Namun hanya berjalan 2 tahun, Lennon meninggalkan klub Liga Inggris tersebut pada Maret 2016.

Berhenti dari Bolton, Lennon ganti menangani klub Hibernian pada bulan Juni 2016. Tak menunggu lama, Lennon langsung membawa Hibernian menjuarai Liga Championship Skotlandia musim 2016/2017 dan membawa klub tersebut promosi ke Liga Premier.

Tahun berikutnya, Lennon membawa Hibernian finish di urutan ke-4 klasemen akhir Liga Primer Skotlandia dan mengantarkan Hibernian berlaga di Liga Eropa.

Baca Juga: Tinggalkan Celtic, Brendan Rodgers Resmi Tangani Leicester City

2. Pernah bermain untuk Celtic

Neil Lennon Kembali ke Celtic Gantikan Brendan Rogersdailyrecord.co.uk

Sebelum menjadi manajer, Neil Lennon meniti karier sebagai pemain. Sempat bermain untuk Manchester City dan Leicester City di Liga Inggris, Lennon bergabung dengan Celtic pada kurun waktu 2000 - 2007.

Tampil di 214 pertandingan, Neil Lennon ikut mengantarkan Celtic menjuarai Liga Premier Skotlandia sebanyak 5 kali, juara Piala Skotlandia 4 kali dan juara Piala Liga Skotlandia 2 kali.

3. Gembira bisa kembali ke Celtic

Neil Lennon Kembali ke Celtic Gantikan Brendan Rogerscelticfc.net

Neil Lennon mengungkapkan kegembiraannya bisa kembali mengarsiteki Celtic. Mengutip eveningexpress.co.uk, Lennon menuturkan, "Saya telah memberikan segalanya kepada Celtic sebagai pemain dan manajer dan saya siap untuk melakukan hal yang sama lagi."

Lennon juga menyatakan kesiapannya untuk melakukan segala sesuatu yang dia bisa lakukan untuk membawa Celtic lebih sukses lagi. Didampingi John Kennedy dan Damien Duff sebagai assisten manajer, Neil Lennon akan melanjutkan kerja besar yang telah dilaksanakan oleh Brendan Rogers. Celtic saat ini memuncaki klasemen sementara Liga Primer Skotlandia dan mencapai perempat final Piala FA Skotlandia.

Baca Juga: Alasan Kenapa Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina di Kualifikasi Liga Champions!

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya