Semi Final Piala FA: City Jumpa Brighton, Watford Lawan Wolverhampton

Digelar 6 dan 7 April

Undian semi final Piala FA mempertemukan Manchester City dengan Brighton & Hove Albion dan Watford berhadapan dengan Wolverhampton Wanderers. Kedua partai semi final akan digelar di Stadion Wembley, Sabtu (06/04) dan Minggu (07/04). Sementara laga final direncanakan akan dilangsungkan pada Sabtu (18/05).

Undian semi final Piala FA dilangsungkan seusai laga perempat final antara Millwall berhadapan dengan Brighton & Hove Albion, Minggu petang waktu setempat. Undian dilakukan oleh Jimmy Floyd-Hasselbaink dan Leon Osman, dua pemain yang pernah turut  bertanding pada laga final Piala FA, masing-masing pada 2008 dan 2009.

1. Manchester City kejar quadruple

Semi Final Piala FA: City Jumpa Brighton, Watford Lawan Wolverhamptonmancity.com

Manchester City sampai ke semi final setelah menundukkan tuan rumah Swansea City 3 - 2 pada pertandingan perempat final, Minggu (17/03) lalu. Sempat tertinggal 0 - 2 di babak pertama, City dengan mengesankan mampu bangkit dan membalikkan keadaan pada babak ke-2. 

Kemenangan tersebut sekaligus menjaga peluang Manchester City untuk meraih quadruple pada musim ini. City sudah mengantongi gelar juara Piala Liga atau Piala Carabao setelah mengalahkan Chelsea di pertandingan final. City juga sedang bersaing ketat dengan Liverpool untuk merebut gelar juara Liga Primer. Di Liga Champions Eropa, City akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur pada babak perempat final bulan depan.

Baca Juga: Gol Penalti James Milner Bawa Liverpool Puncaki Klasemen Liga Inggris 

2. Brighton & Hove Albion menang dramatis

Semi Final Piala FA: City Jumpa Brighton, Watford Lawan Wolverhamptonbrightonandhovealbion.com

Brighton & Hove Albion meraih tiket semi final setelah secara dramatis menaklukkan tuan rumah Millwall pada laga perempat final, Minggu (17/03). Sempat tertinggal 0 - 2 hingga jelang akhir pertandingan, Brighton bangkit menyamakan kedudukan di menit ke-88 dan masa injury time. Bermain imbang di babak pertambahan waktu, Brighton akhirnya menundukkan Millwall lewat drama adu penalti.

Pencapaian Brighton di Piala FA musim ini selangkah lebih maju dibandingkan musim lalu. Brighton terhenti di perempat final Piala FA musim 2017/2018 setelah dikalahkan Manchester United dengan skor 2 - 0. Kalah dari Manchester United di perempat final musim lalu, Brighton kembali berhadapan dengan tim asal Manchester di semi final musim ini. Kali ini, Manchester City.

3. Semi final pertama Watford dalam 34 tahun

Semi Final Piala FA: City Jumpa Brighton, Watford Lawan Wolverhamptonwatfordfc.com

Watford memastikan tempatnya di semi final setelah menyisihkan sesama tim Liga Primer, Crystal Palace. Watford mengungguli Crystal Palace 2 - 1 pada perempat final yang berlangsung pada Sabtu (16/03). Watford unggul 1 - 0 di babak pertama berkat gol Etienne Capoue di menit ke-27. Crystal Palace sempat membalas pada menit ke-62 babak ke-2 lewat gol Michy Batshuayi. Andre Gray jadi penentu kemenangan Watford melalui golnya pada menit ke-79.

Partai semi final musim ini menjadi semi final pertama Watford dlam 34 tahun terakhir. Watford terakhir kali berlaga di semi final Piala FA pada tahun 1984 berhadapan dengan Plymouth Argyle. Plymouth memenangkan partai semi final tersebut dengan skor 1 - 0 dan maju ke babak final. Di final Watford takluk oleh Everton dengan skor 0 - 2.

4. Wolverhampton 4 kali menjuarai Piala FA

Semi Final Piala FA: City Jumpa Brighton, Watford Lawan Wolverhamptonwolves.co.uk

Wolverhampton Wanderers mencapai semi final setelah di luar dugaan mengalahkan tim favorit, Manchester United. Wolverhampton mengungguli Manchester United 2 - 1 pada perempat final yang berlangsung Minggu (17/03). Wolverhampton unggul melalui gol Raul Jimenez pada menit ke-70 dan disusul oleh gol Diogo Jota pada menit ke-76. Manchester United hanya bisa membalas 1 gol melalui Marcos Rashford di masa injury time.

Wolverhampton memiliki catatan yang lumayan bagus dalam sejarah Piala FA. The Wolves menjuarai Piala FA pada tahun 1893, 1908, 1949 dan 1960. Wolverhampton juga tercatat 4 kali menjadi runner-up, masing-masing pada tahun 1889, 1896, 1921 dan 1939.

Baca Juga: Dibungkam Genoa, Juventus Derita Kekalahan Perdana di Liga Italia

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya