Comscore Tracker

Premier League Keras, 5 Pelatih Sudah Jadi Korban Pemecatan Musim Ini

Pelatih sekelas Jose Mourinho pun jadi korban

Premier League sebagai kasta tertinggi Liga Inggris membuktikan pertarungan keras yang tidak hanya melibatkan para klub, tetapi juga pelatih. Ambisi besar klub-klub Premier League kerap membuat pelatih jadi korbannya. Setiap musim, pemecatan pelatih marak terjadi.

Korban pemecatan pelatih pun tidak hanya melibatkan satu atau dua ruang. Hampir setengah peserta Premier League bahkan doyan berganti pelatih di pertengahan musim.

Musim ini pun tak jauh berbeda dengan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Klub-klub Premier League mulai memecat pelatih setelah tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

Berikut 5 pelatih yang sudah jadi korban pemecatan klub Premier League musim ini.

1. Slavisa Jokanovic (Fulham)

Premier League Keras, 5 Pelatih Sudah Jadi Korban Pemecatan Musim Iniindependent.co.uk

Slavisa Jokanovic merupakan pelatih pertama yang dipecat di Premier League. Dikutip dari Independent, Jokanovic sebenarnya merupakan pelatih yang membawa Fulham promosi ke Premier League musim ini. Namun ia justru gagal mengangkat performa Fulham setelah naik kasta dan belanja pemain secara besar-besaran.

Jokanovic pun akhirnya harus berpisah dengan Fulham setelah 1.053 hari melatih klub tersebut. Fulham lalu menunjuk mantan pelatih Leicester City, Claudio Ranieri, sebagai penggantinya.

2. Mark Hughes (Southampton)

Premier League Keras, 5 Pelatih Sudah Jadi Korban Pemecatan Musim Inipremierleague.com

Mark Hughes menjadi pelatih yamg dipecat klub Premier League musim ini dengan masa bakti paling singkat. Menurut data dari The Sack Race, Hughes hanya sempat melatih Southampton selama 264 hari. Usai memecat Hughes, Southampton lalu menunjuk Ralph Hassenhutl sebagai pelatih baru mereka.

Baca Juga: Jose Mourinho: "Manchester United Sudah Menjadi Masa Lalu"

3. Jose Mourinho (Manchester United)

Premier League Keras, 5 Pelatih Sudah Jadi Korban Pemecatan Musim Iniskysports.com

Tidak ada yang meragukan tangan dingin Jose Mourinho dalam melatih klub sepak bola. Mourinho hingga saat ini tercatat sudah memenangi tiga trofi Premier League bersama Chelsea.

Rekor apik bersama Chelsea ternyata tidak berlaku saat ia menangani Manchester United. Selama 2,5 tahun melatih Manchester United, Mourinho tidak kunjung mempersembahkan trofi Premier League. Akibatnya, ia dipecat oleh The Red Devils pada 18 Desember 2018.

Sebagai gantinya, Manchester United menunjuk mantan striker mereka, Ole Gunnar Solskjaer, sebagai pelatih sementara. Bersama Solskjaer, Manchester United justru mampu merangkak naik ke posisi empat besar.

4. David Wagner (Huddersfield Town)

Premier League Keras, 5 Pelatih Sudah Jadi Korban Pemecatan Musim Iniskysports.com

Sejak awal musim ini, Huddersfield Town terus berjuang di zona degradasi Premier League. David Wagner yang belum bisa mengangkat performa klub pun harus terkena imbasnya. Wagner dipecat pada 14 Januari 2019 dan digantikan oleh Jan Siewert. Kini Huddersfield Town masih tertahan di dasar klasemen Premier League.

5. Claude Puel

Premier League Keras, 5 Pelatih Sudah Jadi Korban Pemecatan Musim Iniskysports.com

Claude Puel menjadi korban terbaru dari ketatnya persaingan Premier League. Leicester City memutuskan untuk memecat Puel pada 24 Februari 2019 atau setelah 487 hari ia mulai melatih klub tersebut.

Penyebab pemecatan Puel tidak lepas dari kekalahan 1-4 dari Crystal Palace pada Sabtu (23/2). Hasil tersebut membuat Leicester City berada di peringkat ke-12 dan hanya terpaut 8 poin dari zona degradasi.

Itu tadi deretan pelatih klub Premier League yang sudah dipecat musim ini. Premier League memang keras, ya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Gagalkan Liverpool Juara Liga Inggris Musim Ini

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya