5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Dunia 2018 Versi Majalah Forbes

Siapa saja ya?

Industri sepak bola dunia kini telah banyak dikenal, bahkan tak pernah luput dari pembicaraan banyak orang. Hal ini menunjukkan antusias dari beberapa orang yang sangat mencintai serta menyukai olahraga sepak bola, menjadikannya sebagai sebuah tontonan yang sangat menyenangkan dan mampu menghibur, bahkan sampai mendatangkan ketertarikan kepada sebuah klub sepak bola.

Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh positif bagi sebuah klub. Mereka akan memiliki para pendukung atau fans yang terbilang cukup besar, memperoleh keuntungan dari penjualan tiket pertandingan, jersey, merchandise, serta juga akan kedatangan para investor-investor yang ingin berinvestasi di klub tersebut.

Karena itu, belum lama ini Majalah Forbes merilis sebuah daftar mengenai " 5 Klub Sepakbola Paling Berharga di Dunia Tahun 2018". Siapa sajakah mereka? Mari kita simak di bawah ini!

1. Manchester United

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Dunia 2018 Versi Majalah Forbeswww.101greatgoals.com/

Di peringkat pertama sebagai klub sepakbola paling berharga di dunia tahun 2018 versi Majalah Forbes ditempati oleh klub sepak bola profesional asal Inggris yang berbasis di Manchester, Britania Raya, dan bermain di liga Inggris.

Tahun ini mereka harus puas tak mendapatkan satu pun gelar baik dalam kancah domestik maupun eropa, yaitu Manchester United.

Namun, hal ini sama sekali tidak memengaruhi masalah finansial klub tersebut. Basis suporter mereka yang terbilang cukup besar atau termasuk sebagai klub yang mempunyai basis suporter terbanyak di dunia ini, menjadi faktor yang membuat klub ini malahan mampu meraih keuntungan yang cukup besar di tahun ini.

Klub Manchester United saat ini memiliki nilai (current value) sebesar 4,12 milliaar dollar dengan perubahan selama setahun sekitar 12%.

Nilai ini naik dari pencapaian tahun sebelumnya yang hanya mencapai nilai (current value) sebesar 3,69 milliar dollar dengan perubahan selama setahun sekitar 11%.

2. Real Madrid

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Dunia 2018 Versi Majalah Forbeswww.cartilagefreecaptain.sbnation.com

Di peringkat kedua sebagai klub sepakbola paling berharga di dunia tahun 2018 versi Majalah Forbes ditempati oleh,klub sepak bola profesional yang berbasis di Madrid, Spanyol, yaitu Real Madrid.

Tahun 2018, bisa dikatakan sebagai sebuah tahun bersejarah maupun yang paling berharga serta berkesan bagi Real Madrid. Bukan hanya karena kembali berhasil mempertahankan gelar juara liga champions untuk ketiga kalinya secara beruntun, serta mengukuhkan gelar ke-13 nya atau sebagai yang terbanyak di dunia. Melainkan hal ini ternyata sangat berpengaruh positif juga dari segi finasial klub.

Seperti yang dirilis Majalah Forbes, klub Real Madrid saat ini memiliki nilai (current value) sebesar 4,09 milliar dolar dengan perubahan selama setahun sekitar 14%.

Nilai ini mengalami kenaikan yang sangat besar mengingat tahun sebelumnya mereka hanya mampu memperoleh nilai (current value) sebesar 3,58 miliar dolar dengan perubahan selama setahun sekitar -2%.

3. Barcelona FC

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Dunia 2018 Versi Majalah Forbeswww.nationmultimedia.com/

Di peringkat kedua sebagai klub sepak bola paling berharga di dunia tahun 2018 versi Majalah Forbes ditempati oleh klub sepak bola profesional yang berbasis di Barcelona, Catalunya, Spanyol, yaitu Barcelona FC.

Di sepanjang tahun 2018 ini, klub yang di juluki "Blaugrana" ini juga mampu mencatatkan pencapaian yang cukup gemilang. Mereka kembali berhasil mempertahankan gelar juara liga spanyol, serta gelar juara copa del rey musim ini.

Seperti yang dirilis oleh Majalah Forbes, klub Barcelona saat ini memiliki nilai (current value) sebesar 4,06 milliar dollar dengan perubahan selama setahun sekitar 12%.

Nilai ini juga mengalami kenaikan dari pencapaian sebelumnya yang hanya mencapai nilai (current value) sebesar 3,64 miliar dolar dengan perubahan selama setahun sekitar 2%.

Namun mereka harus puas turun satu peringkat ke peringkat ketiga, disusul oleh Real Madrid yang berhasil naik ke peringkat kedua.

4. Bayern Munchen

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Dunia 2018 Versi Majalah Forbeswww.fcbayern.com

Di peringkat keempat sebagai klub sepakbola paling berharga di dunia tahun 2018 versi Majalah Forbes ditempati oleh klub sepak bola profesional yang berbasis di Munchen, Jerman, di mana mereka kembali berhasil mempertahankan gelar juara liga jerman musim 2017/2018, mengungguli Schalke 04 yang berada di posisi kedua klasemen. Yaitu Bayern Munchen.

Klub Bayern Munchen saat ini memiliki nilai (current value) sebesar 3,06 milliar dolar dengan perubahan selama setahun sekitar 13%.

Nilai ini mengalami peningkatan dari pencapaian mereka di tahun sebelumnya yang hanya memperoleh nilai (current value) sebesar 2,71 miliar dolar dengan perubahan selama setahun sekitar 1%.

5. Manchester City

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Dunia 2018 Versi Majalah Forbeswww.dnaindia.com/sports/

Di peringkat kelima sebagai klub sepakbola paling berharga di dunia tahun 2018 versi Majalah Forbes ditempati oleh klub sepak bola profesional sekota dengan Manchester United, yang bermarkas di Etihad, Manchester, dimana mereka berhasil keluar sebagai juara liga Inggris untuk musim 2017/2018, yaitu Manchester City.

Seperti yang dirilis Majalah Forbes, Klub Manchester City saat ini memiliki nilai (current value) sebesar 2,47 miliar dolar dengan perubahan selama satu tahun sekitar 19%.

Sama halnya dengan tim tim di atas. Nilai ini juga mengalami kenaikan dari pencapaian mereka di tahun sebelumnya, dimana mereka hanya memperoleh nilai (current value) sebesar 2,08 miliar dolar dengan perubahan selama satu tahun sekitar 8%.

Stefan Kevin Apouw Photo Verified Writer Stefan Kevin Apouw

Menulislah dengan segenap hatimu, hiburlah orang lain lewat tulisanmu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya