Portugal dan Asa Ronaldo Melampaui Prestasi Messi

Piala Dunia adalah trofi tersisa Ronaldo

Jakarta, IDN Times-Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi. Sepak bola dunia seolah hanya dikuasai dua nama tersebut dalam satu dekade terakhir. Di mana ada Messi, di sana ada Ronaldo. Begitu seterusnya.

Mereka bersaing sehat dalam imej di luar lapangan, prestasi dan juga popularitas. Untuk urusan prestasi teranyar, Ronaldo boleh sedikit membusungkan dada. Ia baru saja meraih gelar kelima Liga Champions sepanjang karier, unggul satu trofi dari Messi.

Dari sisi popularitas Ronaldo juga kembali boleh menepuk dada di depan Messi. CR 7 baru saja mendapat gelar atlet terkondang sejagat versi ESPN. Messi ada di urutan ketiga dalam rilis tersebut di bawah bintang NBA LeBron James.

Jika itu semua pada tataran individu dan karier di klub? Bagaimana dengan karier di timnas masing-masing? Lebih-lebih mereka akan sama-sama membela panji negara di Piala Dunia Rusia 2018.

Berikut IDN Times, rangkumkan kisah Ronaldo di timnas Portugal dan juga sedikit gambaran kekuatan A Selecoo das Quinas, julukan timnas Portugal, di ajang empat tahunan nanti?

1. Peluang Ronaldo kawinkan gelar Piala Eropa dan Piala Dunia

Portugal dan Asa Ronaldo Melampaui Prestasi MessiIDN Times/Sukma Shakti

Bicara prestasi di level timnas, rupanya, lagi-lagi, Ronaldo lebih unggul dari Messi. Pemain yang namanya diambil dari nama Presiden AS terdahulu Ronald Reagan ini baru saja memenangi gelar seniornya di level timnas ketika meraih Piala Eropa 2016 silam. Tampil sebagai kapten CR7 membawa Portugal sebagai tim terbaik di Benua Biru.

Prestasi tersebut tentu menjadi instrumen penting Portugal menatap Rusia. Dengan pelatih sama, Fernando Santos dan materi pemain yang tak banyak berubah, asa Ronaldo melampui prestasi Messi dengan merebut gelar Piala Dunia bukan sekadar pepesan kosong semata.

2. Perjalanan Portugal di Piala Dunia

Portugal dan Asa Ronaldo Melampaui Prestasi MessiTwitter/@selecaoportugal

Fakta berbicara Portugal bukanlah tim kasta kedua di turnamen Piala Dunia. Mereka pernah menorehkan prestasi sebagai juara III pada Piala Dunia 1966 di Inggris. Pada edisi 2006, mereka juga melaju sampai semifinal. Sisi sejarah tersebut akan menjadi motivasi tersendiri saat ini, selain trofi Piala Eropa yang baru saja direbut.

Dalam perjalanannya menuju Rusia, tim ini juga sukses keluar sebagai juara grup karena unggul selisih gol terhadap Swiss. Performa selama kampanye menuju Piala Dunia juga berjalan sempurna. Setelah kalah melawan Swiss pada pertandingan pembuka, mereka memenangkan semua dari sembilan laga terakhir di ajang kualifikasi.

3. Tangan dingin Fernando Santos

Portugal dan Asa Ronaldo Melampaui Prestasi MessiTwitter/@selecaoportugal

Selain faktor sejarah dan prestasi terkini Portugal juga terbantu tangan dingin Santos. Pria berusia 63 tahun ini adalah mantan bek yang bermain untuk Estoril dan Maritimo.

Sebelumnya dia melatih tiga klub besar Portugal; Benfica, Porto dan Sporting, serta pernah mengantarkan Yunani ke Euro 2012 dan Piala Dunia 2014. Di bawah asuhannya Portugal hanya satu kali kalah dalam 29 pertandingan kompetitif internasional.

4. Kans melaju ke fase selanjutnya

Portugal dan Asa Ronaldo Melampaui Prestasi MessiTwitter/@selecaoportugal

Portugal bergabung di Grup B bersama Spanyol, Maroko dan Iran. Portugal favorit lolos dari Grup B. Selanjutnya Rusia, Mesir, Uruguay atau Arab Saudi menanti Portugal pada putaran kedua sedangkan Prancis dan Argentina bisa menjadi lawan mereka pada perempatfinal jika mereka melangkah mulus.

5. Daftar skuad Portugal di Piala Dunia

Portugal dan Asa Ronaldo Melampaui Prestasi MessiTwitter/@selecaoportugal

Sembilan pemain yang dipanggil ke Rusia adalah mereka yang tampil di final Piala Eropa 2016. Hanya dua yang terpaksa didepak, Renato Sanches dan Nani. Pemain lain yang juga tak dibawa ke Piala Dunia adalah Ricardo Carvalho, Andre Gomes dan Eder, yang mencetak gol kemenangan saat menumbangkan Prancis dua tahun silam.

"Sedih tak bisa membawa semua pemain yang bersama kami di Piala Eropa," kata Santos saat mengumumkan skuadnya, pertengahan Mei silam.

Dan di bawah ini adalah daftar 23 pemain yang dibawa Portugal:

Anthony Lopes, Beto, Rui Patricio, Bruno Alves, Cedric Soares, Jose Fonte, Mario Rui, Pepe, Raphael Guerreiro, Ricardo Pereira, Ruben Dias, Adrien Silva, Bruno Fernandes, Joao Mario, Joao Moutinho, Manuel Fernandes, William Carvalho, Andre Silva, Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Gelson Martins, Goncalo Guedes, Ricardo Quaresma

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya