5 Fakta Profil Darren Fletcher dan Michael Carrick, Duet Caretaker MU

Mampukah duet caretaker ini memberikan hasil positif?

Usai mendepak Ole Gunnar Solskjaer dari kursi pelatih, manajemen Manchester United menunjuk Darren Fletcher dan Michael Carrick untuk menjadi pelatih sementara. Misi mereka lumayan berat. Selain harus membawa Manchester United bangkit di Premier League, mereka juga harus mempertahankan posisi sebagai pemimpin klasemen grup F Liga Champions.

Laga melawan Villarreal di ajang Liga Champions pada 24 November mendatang merupakan tugas pertama mereka sebagai nahkoda Manchester United. Ini merupakan kesempatan bagi Fletcher dan Carrick unjuk gigi dalam meracik strategi. Bisa jadi ini merupakan langkah awal mereka dalam menapaki dunia kepelatihan.

1. Awal karier di Manchester United

5 Fakta Profil Darren Fletcher dan Michael Carrick, Duet Caretaker MUDarren Fletcher dan Michael Carrick usai sesi latihan. (skysports.com)

Sebelum menjadi bagian dari Manchester United, Darren Fletcher kecil sempat menimba ilmu di akademi Tynecastle. Baru pada tahun 1995, saat berusia 11 tahun, ia bergabung di akademi Man United. Pada 12 Maret 2003, ia diberi debut oleh Sir Alex pada ajang Liga Champions melawan Basel saat berusia 19 tahun. Kepindahan David Beckham ke Real Madrid membuat Fletcher sempat didapuk sebagai sayap kanan karena memiliki umpan silang yang akurat. Namun, kemudian ia dikembalikan ke posisi aslinya sebagai gelandang tengah setelah Sir Alex menemukan Cristiano Ronaldo yang lebih cocok menempati posisi peninggalan Beckham.

Sementara Michael Carrick memulai kariernya dari akademi West Ham United. Ia dipromosikan ke tim utama oleh Harry Redknapp, manajer West Ham kala itu, pada tahun 1999 saat berusia 18 tahun. Pada tahun 2004, Tottenham merekrutnya dengan tebusan Rp71 miliar. Setelah dua tahun menjadi andalan di lini tengah Tottenham, Sir Alex mengangkutnya ke Old Trafford dengan biaya Rp473 miliar. Seperti halnya Fletcher, Carrick juga mengawali laga bersama ManUnited di ajang Liga Champions pada 13 September 2006 melawan Celtic.

2. Penampilan untuk Manchester United

5 Fakta Profil Darren Fletcher dan Michael Carrick, Duet Caretaker MUMichael Carrick dan Darren Fletcher saat tampil membela Manchester United. (football365.com)

Fletcher menjadi pilihan utama Sir Alex untuk mengisi lini tengah sejak musim 2008/09. Namun, radang perut yang menimpanya pada awal musim 2011/12 membuat gelandang Skotlandia itu kehilangan tempat di tim utama. Semenjak itu, permainan Fletcher pun ikut menurun.Selama 14 tahun berkarier di Old Trafford, Fletcher mencatatkan 342 laga dengan torehan 24 gol dan 29 assist.

Michael Carrick langsung menjadi pilihan utama Sir Alex di posisi gelandang bertahan sejak kedatangannya pada musim 2006/07. Kemampuannya dalam mengalirkan bola serta menjadi tembok pertama dalam meredam serangan lawan sangat disukai pelatih asal Skotlandia itu. Selama 12 musim membela ManUnited, Carrick tampil dalam 464 laga dengan torehan 24 gol dan 37 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds United

3. Bergelimang prestasi

5 Fakta Profil Darren Fletcher dan Michael Carrick, Duet Caretaker MUPara pemain Manchester United merayakan keberhasilan merengkuh gelar Premier League. (premierleague.com)

Membela Manchester United sejak 2001 hingga 2014, Fletcher mampu mengoleksi total 15 gelar. Mantan kapten timnas Skotlandia itu mempersembahkan 5 Premier League, 1 Liga Champions, 1 Piala FA, 3 Piala Liga, 4 Community Shield, dan 1 Piala Dunia Antar Klub.

Sementara Carrick yang membela Manchester United sejak 2006 hingga 2018 mempersembahkan total 18 gelar. Koleksi gelar tersebut berupa 5 Premier League, 1 Liga Champions, 1 Europe League, 1 Piala FA, 3 Piala Liga, 1 Piala Dunia Antar Klub, dan 6 Community Shield.

4. Akhir karier di lapangan hijau

5 Fakta Profil Darren Fletcher dan Michael Carrick, Duet Caretaker MUMichael Carrick bersama Sir Alex Ferguson dalam sebuah laga. (irishnews.com)

Setelah tak lagi mendapat tempat di Manchester United, Fletcher akhirnya dilepas ke West Brom pada tahun 2015. Dua musim kemudian, ia pindah ke Stoke City yang merupakan klub terakhirnya selama berkarier di dunia sepak bola. Setelah menghabiskan dua musim di Stoke City, Fletcher memutuskan pensiun pada tahun 2020.

Menjelang akhir kariernya di Manchester United pada awal musim 2017/18, Carrick sempat mengalami masalah pada jantungnya. Namun, setelah menjalani serangkaian tes, tim medis menyatakan ia tetap bisa bermain. Laga melawan Watford di Old Trafford pada 13 Mei 2018 merupakan aksi terakhirnya di lapangan hijau.

5. Karier selepas pensiun

5 Fakta Profil Darren Fletcher dan Michael Carrick, Duet Caretaker MUDarren Fletcher dan Michael Carrick memimpin sesi latihan. (twitter.com/ManUtdMEN)

Delapan bulan usai memutuskan pensiun, tepatnya pada 1 Oktober 2020, Fletcher kembali ke Manchester United dan bekerja sebagai pelatih U-16. Lalu, pada 4 Januari 2021, ia diangkat menjadi asisten manajer Solskjaer. Tiga bulan kemudian, Fletcher ditunjuk menjadi direktur teknik Manchester United.

Sementara itu, Carrick yang memutuskan pensiun pada tahun 2018 langsung diangkat menjadi asisten oleh Jose Mourinho, manajer Manchester United kala itu. Ketika Solskjaer mengambil alih posisi pelatih asal Portugal itu, Carrick tetap menjabat posisi itu hingga saat ini.

Duet Fletcher dan Carrick kala masih beraksi di lapangan hijau mampu menghadirkan banyak prestasi untuk Manchester United. Akankah duet mereka sebagai pelatih sementara Manchester United juga berbuah hasil positif?

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya