Comscore Tracker

5 Fakta Bergabungnya James Rodriguez ke Al-Rayyan di Liga Qatar

Mencoba menyelamatkan kariernya dengan pindah ke Asia

James Rodriguez yang tak kunjung mendapatkan tempat di tim utama Everton akhirnya memilih berlabuh ke Qatar Stars League. James yang tak masuk dalam rencana manajer Rafael Benitez dikontrak Al-Rayyan selama satu musim dengan biaya transfer 8 juta euro atau setara Rp133 miliar.

Datangnya James ke tanah Qatar ini tentu saja langsung memberikan gairah tersendiri bagi kompetisi sepak bola tertinggi di negeri itu.

Berikut beberapa fakta bergabungnya James Rodriguez ke Al-Rayyan di Liga Qatar.

1. Meledaknya total market value skuad Al-Rayyan

5 Fakta Bergabungnya James Rodriguez ke Al-Rayyan di Liga Qatarbagan total market value skuad peserta QSL (dok. transfermarkt.com/Qatar Stars League)

Sebelum James bergabung, total market value skuad Al-Rayyan hanyalah 16,55 juta euro atau sekitar Rp276 miliar. Mereka hanya menduduki peringkat kelima daftar klub Qatar Stars League dengan total market value tertinggi.

Kini, dengan bergabungnya James, Al-Rayyan langsung menyeruak ke posisi puncak daftar itu dengan total market value 44,55 juta euro atau setara Rp743 miliar, menyingkirkan Al-Duhail ke posisi dua dengan total market value 32,23 juta euro atau setara Rp537 miliar.

2. Pemain berbanderol termahal yang pernah berlaga di Qatar Stars League

5 Fakta Bergabungnya James Rodriguez ke Al-Rayyan di Liga QatarJames Rodriguez saat laga Everton melawan Tottenham (thesun.co.uk)

Beberapa pemain bintang pernah mewarnai kompetisi tertinggi di Qatar, sebut saja Raul Gonzalez, Gabriel Batistuta, Pep Guardiola, dan Xavi Hernandez. Namun, hadirnya James Rodriguez memberi kesan tersendiri. Ia berstatus sebagai pemain dengan banderol termahal yang pernah berlaga di sana.

Sebagai info, saat ini banderol James Rodriguez adalah 28 juta euro atau setara Rp466 miliar. Otomatis, James menggeser Toby Alderweireld (Al-Duhail) ke posisi dua yang berbanderol 10 juta euro atau sekitar Rp116 miliar.

Baca Juga: 5 Direktur Olahraga Klub Sepak Bola Terbaik di Eropa, Jago Negosiasi!

3. Langsung mengenakan nomor punggung 10

5 Fakta Bergabungnya James Rodriguez ke Al-Rayyan di Liga Qatarpotret James Rodriguez saat membela timnas Kolombia (sport.aktualne.cz)

James Rodriguez memang identik dengan nomor punggung 10. Sebelumnya ia pernah mengenakan nomor ini kala membela Porto, Monaco, Real Madrid, dan timnas Kolombia.

Namun, empat musim terakhir ia terpisah dari nomor keramat tersebut. Kini di Al-Rayyan, ia kembali berjodoh dengan nomor 10 dan siap tampil habis-habisan demi mengembalikan kejayaan klub itu.

3. Kolaborasi eks Porto

5 Fakta Bergabungnya James Rodriguez ke Al-Rayyan di Liga Qatarkolase potret James Rodriguez dan Yacine Brahimi saat berkostum Porto (mercadodofutebol.com | 90min.com)

Pemain Al-Rayyan lain yang pernah membela Porto adalah Yacine Brahimi. Brahimi berkostum Porto sejak 2014 hingga 2019, sementara James bermain untuk Porto sejak 2010 hingga 2013.

Baik Brahimi maupun James sama-sama pernah mempersembahkan gelar untuk Porto. Bersama Porto, Brahimi berhasil mempersembahkan gelar Liga Portugal 2017/18 dan Piala Super Portugal 2019. Sedangkan James lebih mentereng lagi. Ia pernah memberikan 3 gelar Liga Portugal (2010/11, 2011/12, 2012/13), 4 Piala Super Portugal (2010, 2011, 2012, 2013) dan 1 Piala Portugal di tahun 2011.

Kini, dua mantan penggawa Porto itu berada dalam satu klub. Kolaborasi kedua bintang itu sangat dinantikan demi mengangkat performa Al-Rayyan. Saat ini, pemegang 8 gelar Qatar Stars League tersebut masih terpuruk di papan bawah klasemen.

5. Diasuh pelatih bermental juara

5 Fakta Bergabungnya James Rodriguez ke Al-Rayyan di Liga Qatarpotret Laurent Blanc (staddoha.com)

Musim lalu, James yang sempat terpuruk berhasil bangkit di tangan pelatih bermental juara, Carlo Ancelotti. Di bawah polesan Don Carlo, ia berhasil mengemas 6 gol dan 4 asis dari 23 laga di Premier League. Namun, perginya Don Carlo ke Real Madrid membuatnya kembali mlempem. Kini, di bawah asuhan Laurent Blanc yang juga sarat pengalaman dan prestasi, bukan tak mungkin sinar James akan kembali.

Bagi Blanc, kehadiran James di skuadnya menghidupkan kembali peluang untuk menuntaskan kerinduannya akan title juara yang terakhir kali ia raih bersama PSG lima tahun lalu.

Sangat menarik menantikan kiprah James Rodriguez di Qatar Stars League. Jika ia bisa beradaptasi dengan baik, maka pesonanya saat membela Kolombia di Piala Dunia 2014 lalu dapat kita lihat lagi tahun ini.

Baca Juga: Laga Tak Mudah Juara Piala Eropa di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya