5 Pemain yang Paling Sering Diturunkan Ronald Koeman di Barcelona

Sang kapten selalu jadi andalan utama Koeman

Usai sudah kebersamaan Ronald Koeman bersama dengan Barcelona. Pihak manajemen resmi memutus kontraknya usai Barcelona mengalami kekalahan beruntun di dua laga terakhir La Liga musim ini.

Selama melatih Barcelona, Ronald Koeman telah menurunkan 42 pemain berbeda dalam formasinya. Dari banyaknya pemain tersebut, beberapa nama telah menjadi andalan Koeman karena hampir selalu diturunkan oleh pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.

Berikut 5 pemain yang paling sering diturunkan Ronald Koeman semasa menjabat sebagai juru taktik Barcelona.

1. Sergio Busquets (63 pertandingan)

5 Pemain yang Paling Sering Diturunkan Ronald Koeman di Barcelonapotret Sergio Busquets (instagram.com/5sergiob)

Kepergian Lionel Messi ke PSG membuat kepemimpinan di atas lapangan menjadi tanggung jawab Sergio Busquets. Di bawah arahan Koeman, gelandang jangkung berusia 33 tahun itu tampil dalam 63 laga dengan sumbangsih 5 assist.

Sayangnya, gol kekalahan Barcelona dari Rayo Vallecano yang merupakan laga terakhir Koeman justru bermula dari kesalahan Sergio Busquets. Kala itu Busquets lengah dan bolanya berhasil diserobot oleh Oscar Trejo yang dengan sigap langsung mengirimkan umpan terobosan untuk Radamel Falcao. Sialnya lagi, pergerakan Falcao sangat efektif dan berujung gol penentu kemenangan Rayo Vallecano.

2. Frenkie De Jong (62 pertandingan)

5 Pemain yang Paling Sering Diturunkan Ronald Koeman di Barcelonapotret Frenkie De Jong (twitter.com/DeJongFrenkie21)

Frenkie de Jong merupakan gelandang kepercayaan Koeman selama bekerja sebagai pelatih Barcelona. Tercatat, pemain asal Belanda itu diturunkan dalam 62 laga dengan torehan 7 gol dan 10 assist.

Kerja sama mereka sejatinya telah menghasilkan 1 gelar Copa del Rey 2020/21 ketika sukses menaklukkan Bilbao di laga final dengan skor telak 4-0. Jika dirunut sedikit ke belakang, semasa Koeman masih melatih timnas Belanda pun, Frenkie de Jong juga merupakan salah satu pemain favoritnya. de Jong diturunkan sebanyak 15 kali oleh Koeman bersama timnas Belanda.

Baca Juga: Miralem Pjanic Senang Ronald Koeman Dipecat? Kayaknya Wajar Deh!

3. Jordi Alba (57 pertandingan)

5 Pemain yang Paling Sering Diturunkan Ronald Koeman di Barcelonapotret Jordi Alba (instagram.com/jordialbaoficial)

Jordi Alba merupakan pemain ketiga yang paling sering diturunkan Koeman semasa menahkodai Barcelona. Di bawah asuhan Koeman, fullback kiri yang gemar melakukan penetrasi ke pertahanan lawan itu telah memainkan 57 laga dengan torehan 5 gol dan 17 assist.

Di posisinya pemain berusia 32 tahun itu memang tak tergantikan. Nama Alex Balde masih terlalu dini untuk menggantikan perannya. Meski ditinggal Koeman, tampaknya Jordi Alba akan tetap menjadi andalan pelatih Barcelona selanjutnya di posisi bek kiri tersebut.

4. Pedri (56 pertandingan)

5 Pemain yang Paling Sering Diturunkan Ronald Koeman di Barcelonapotret Pedri (instagram.com/pedrigonzalez)

Ronald Koeman memberikan debut bagi Pedri di pekan ketiga La Liga musim 2020/21 kala Barcelona menjamu Villarreal. Ia masuk menggantikan Philippe Coutinho di menit ke-70.

Usai laga itu ia terus mendapatkan kepercayaan Koeman dan mendapat porsi bermain lebih banyak. Dari 56 laga yang ia jalani di bawah asuhan Koeman, Pedri sukses menceploskan 4 gol dan 6 assist.

5. Antoine Griezmann (54 pertandingan)

5 Pemain yang Paling Sering Diturunkan Ronald Koeman di Barcelonapotret Antoine Griezmann (instagram.com/antogriezmann)

Dibandingkan era Ernesto Valverde maupun Quique Setien, Koeman tampaknya lebih pandai dalam memanfaatkan kemampuan Griezmann. Terbukti dalam 54 pertandingan di bawah besutan Koeman, Griezmann mampu menorehkan 20 gol dan 14 assist.

Namun, pelatih berusia 58 tahun itu terpaksa merelakan kepergian Griezmann dengan status pinjaman ke Atletico demi memulihkan kondisi keuangan klub. 

Sepeninggal Ronald Koeman, pola bermain Barcelona tentu juga akan berubah. Menurutmu apakah lima pemain di atas dapat mempertahankan porsi bermainnya di bawah arahan pelatih baru nanti?

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Bakal Diuntungkan Pasca Pemecatan Koeman

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya