Comscore Tracker

5 Pemain Prancis yang Belum Memiliki Klub Baru Hingga Kini

Karier mereka terus merosot walau sempat bela timnas Prancis

Prancis merupakan salah satu negara penghasil seniman sepak bola yang mumpuni. Siapa yang tak kenal nama Zinedine Zidane, Frank Ribery, hingga Kylian Mbappe. Negara Eropa yang satu ini seakan tak pernah kehabisan talenta hebat untuk diandalkan.

Namun, tak semua pemain Prancis mampu menunjukkan performa terbaiknya. Seperti halnya sederet pemain asal Prancis berikut ini yang hingga kini belum juga menemukan klub baru dan masih berstatus sebagai free agent.

Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Clement Grenier

5 Pemain Prancis yang Belum Memiliki Klub Baru Hingga Kinipotret Clement Grenier (express.co.uk)

Clement Grenier merupakan produk asli akademi Lyon yang sukses menembus tim utama pada 2009. Ia menghabiskan masa baktinya di Lyon selama 9 tahun dengan sumbangsih berupa 18 gol dan 28 assist dari 154 laga. Selain bersama Lyon, Grenier juga pernah berkostum Roma, Guingamp, dan Rennes.

Tak hanya itu, pemain yang sempat diminati Arsenal pada tahun 2013 silam ini pernah diberi kesempatan membela timnas Perancis dalam 5 pertandingan. Setelah kontraknya di Rennes berakhir pada 1 Juli lalu, hingga kini gelandang berusia 30 tahun itu masih berstatus tanpa klub.

2. Hatem Ben Arfa

5 Pemain Prancis yang Belum Memiliki Klub Baru Hingga Kinipotret Hatem Ben Arfa (planetfootball.com)

Seperti halnya Grenier, Ben Arfa juga mengawali karier profesionalnya di Lyon. Saat itu ia sukses promosi ke tim utama Lyon di usianya yang masih 17 tahun. Setelahnya karier Ben Arfa terus menanjak meski kerap berganti klub. Ia sempat membela Marseille, Newcastle United, Hull City, Nice, PSG, Valladolid, hingga Bordeaux.

Pemain yang kini berusia 34 tahun itu juga sempat berkostum timnas Prancis dalam 15 pertandingan dan sukses mencatatkan 2 gol. Namun, semenjak dilepas Bordeaux pada awal Juli lalu, gelandang serang yang memiliki skill ciamik itu belum juga menemukan klub baru. 

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Debut di Timnas Senior, Kenapa?

3. Eliaquim Mangala

5 Pemain Prancis yang Belum Memiliki Klub Baru Hingga Kinipotret Eliaquim Mangala (mancity.com)

Eliaquim Mangala memulai karier di Liga Belgia bersama Standard Liege pada 2009. Di musim debutnya, ia langsung mempersembahkan gelar Liga Belgia untuk Standard Liege. Pada tahun 2011 ia pindah ke Porto dan lagi-lagi langsung memberikan dua gelar Liga Portugal untuk klub tersebut. Rekam jejaknya yang luar biasa membuat Manchester City yang saat itu diasuh oleh Manuel Pellegrini kepincut untuk merekrutnya di tahun 2014. Ia langsung mendapat kepercayaan penuh di lini belakang City.

Namun, sejak kedatangan Pep Guardiola pada 2016, bek berusia 30 tahun itu pun kehilangan tempatnya. Ia sempat dipinjamkan ke Valencia dan Everton sebelum akhirnya resmi dilepas ke Valencia pada 2019. Kini, bek yang pernah mencatatkan 8 penampilan untuk timnas Perancis itu belum terikat dengan klub manapun usai kontraknya bersama Valencia habis pada tanggal 1 Juli lalu.

4. Maxime Poundje 

5 Pemain Prancis yang Belum Memiliki Klub Baru Hingga Kinipotret Maxime Poundje (teamtalk.com)

Maxime Poundje mendapat kontrak profesional pertamanya di Bordeaux pada 2011. Namun, Poundje memulai debut profesionalnya justru dalam masa peminjaman bersama Nimes di divisi 3 Liga Prancis pada musim 2011/12. Setelah kembali dari masa peminjaman, Poundje mulai diberi kepercayaan mengawal sisi kiri pertahanan Bordeaux.

Selama membela Bordeaux, ia berhasil menorehkan 2 gol dan 6 assist dari 159 laga. Kebersamaannya bersama Bordeaux berakhir pada awal Juli lalu hingga kini pemain berusia 29 tahun itu berstatus tanpa klub.

5. Joris Gnagnon

5 Pemain Prancis yang Belum Memiliki Klub Baru Hingga Kinipotret Joris Gnagnon (90min.com)

Joris Gnagnon merupakan mantan bek timnas U-21 Prancis yang mengawali karier di Rennes pada musim 2015/16. Setelah menjalani musim yang luar biasa di Rennes, ia pun ditebus Sevilla dengan mahar pada 2018 lalu.

Namun, di sana ia tak kunjung mendapatkan tempat utama karena keberadaan Daniel Carrico, Sergi Gomez, dan Simon Kjaer. Sempat dipinjamkan ke Rennes untuk mengembalikan performanya, tetapi akhirnya bek berusia 24 tahun itu dilepas pada 21 September lalu dan belum juga menemukan pelabuhan baru hingga saat ini.

Kelima pemain tersebut masih berada di usia yang memungkinkan untuk berkompetisi. Jika diberi kesempatan, mungkin saja mereka akan kembali menunjukkan kualitas yang dimiliki. Kira-kira klub manakah yang berpotensi untuk menggunakan jasa mereka?

Baca Juga: 6 Debutan Termuda Timnas Prancis di Era Didier Deschamps, Siapa Saja?

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya