Comscore Tracker

5 Pemain Tersukses dalam Sejarah Major League Soccer, Bertabur Gelar

Jadi tuan rumah di negeri sendiri

Major League Soccer (MLS) merupakan kompetisi sepak bola kasta teratas di Amerika Serikat yang masih berusia muda. Digelar sejak tahun 1996, MLS baru memasuki musim ke-25 tahun ini.

Sejak kedatangan David Beckham pada tahun 2007 ke LA Galaxy, pamor kompetisi tersebut meningkat pesat disertai ramainya kedatangan beberapa pemain bintang dunia. Lalu, siapakah pemain yang meraih banyak gelar di sepanjang sejarah perhelatan MLS?

Yuk, langsung simak daftarnya berikut ini!

1. Landon Donovan (6 gelar)

5 Pemain Tersukses dalam Sejarah Major League Soccer, Bertabur Gelarpotret Landon Danovan (lagalaxy.com)

Landon Donovan merupakan contoh tepat pemain tuan rumah yang sukses di negeri sendiri. Selama 16 musim berkiprah di MLS, mantan striker timnas Amerika itu sukses mengoleksi 6 gelar bersama dua klub berbeda.

Di awal kariernya, ia sukses mempersembahkan dua gelar juara MLS untuk San Jose Earthquakes pada tahun 2001 dan 2003 serta satu gelar juara untuk LA Galaxy pada tahun 2005 saat berstatus pemain pinjaman dari Leverkusen. Usai menjajal kompetisi Eropa bersama Bayern Munchen dan Everton, Donovan pulang kampung dan menambah koleksi gelar MLS-nya pada tahun 2011, 2012, dan 2014 bersama LA Galaxy.

Usai memutuskan pensiun pada tahun 2019 lalu, hingga kini ia menjabat sebagai manajer San Diego Loyal yang berlaga di USL Championship, divisi kedua Amerika.

2. Todd Dunivant (5 gelar)

5 Pemain Tersukses dalam Sejarah Major League Soccer, Bertabur Gelarpotret Todd Dunivant (lagalaxy.com)

Todd Dunivant adalah rekan Donovan semasa membela San Jose Earthquakes dan LA Galaxy. Ia menghabiskan seluruh kariernya di MLS sejak debut pada 2003 silam. Selama 13 tahun berkiprah, Dunivant sukses meraih 5 gelar MLS.

Pemain berposisi bek kiri itu menyabet satu gelar bersama San Jose Earthquakes pada tahun 2003 dan empat gelar bersama LA Galaxy pada tahun 2005, 2011, 2012, dan 2014. Dunivant memutuskan pensiun pada tahun 2015 dan kini menjabat sebagai Presiden Sacramento Republic FC yang berlaga di USL Championship.

Baca Juga: 6 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Membela Klub MLS 

3. Brian Mullan (5 gelar)

5 Pemain Tersukses dalam Sejarah Major League Soccer, Bertabur Gelarpotret Brian Mullan (coloradorapids.com)

Brian Mullan memulai karier di MLS bersama LA Galaxy pada tahun 2001. Di musim debutnya sebagai pemain profesional, pemain yang berposisi sebagai gelandang kanan itu langsung mampu menyabet gelar liga.

Selama 14 tahun berlaga di MLS, Mullan sukes meraup lima gelar bersama empat klub berbeda. Pemain yang pensiun pada tahun 2015 itu meraih gelar bersama LA Galaxy (2002), San Jose Earthquakes (2003), Houston Dynamo (2006 dan 2007), dan Colorado Rapids (2010).

4. Jeff Agoos (5 gelar)

5 Pemain Tersukses dalam Sejarah Major League Soccer, Bertabur Gelarpotret Jeff Agoos (ussoccerplayers.com)

Jeff Agoos merupakan saksi dan legenda hidup MLS sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1996. Ia juga menjadi pemain pertama yang merengkuh gelar di kompetisi tertinggi Amerika tersebut bersama DC United.

Bersama DC United, mantan bek kiri timnas Amerika tersebut merengkuh gelar MLS pada tahun 1996, 1997, dan 1999. Lantas, Agoos menambah gelar MLS-nya lagi pada tahun 2001 dan 2003 bersama San Jose Earthquakes. Usai memutuskan pensiun pada tahun 2006, ia langsung bekerja sebagai pencari bakat dan koordinator olahraga di New York Red Bulls. Kemudian, di tahun 2011 ia ditunjuk untuk menduduki jabatan Direktur Sepak bola MLS hingga saat ini.

5. Craig Waibel (4 gelar)

5 Pemain Tersukses dalam Sejarah Major League Soccer, Bertabur Gelarpotret Craig Waibel (mlssoccer.com)

Craig Waibel memulai kariernya di MLS pada tahun 2000 bersama Colorado Rapids. Sayangnya, penampilannya di klub itu terhitung biasa saja. Pemain berposisi bek tengah itu baru unjuk gigi setelah berkostum LA Galaxy pada musim berikutnya.

Selama 11 tahun berkiprah di MLS, ia sukses mengoleksi 4 gelar bersama LA Galaxy (2002), San Jose Earthquakes (2003), dan Houston Dynamo (2006 dan 2007). Waibel memutuskan pensiun pada tahun 2010 lalu dan kini bekerja sebagai direktur olahraga di Sounders FC.

Para pengoleksi gelar MLS di atas merupakan pemain asal Amerika Serikat yang jadi pemain andalan di klub masing-masing. Mereka sukses menjadi tuan rumah di negeri sendiri karena tak takut bersaing dengan pemain asing yang memiliki kualitas di atas rata-rata.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain MLS yang Kini Merintis Karier di Klub Top Eropa

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya